Spekulasi: Perkembangan Teknologi Akan Menjadi Akhir Era Shinobi? Ini Pembahasannya!

Manga Boruto bab 18 hingga 19 memperlihatkan banyak teknologi mutakhir. Apakah ini merupakan tahap awal akhir era shinobi?

1514883048000

akhir era shinobi

Manga Boruto bab 18 hingga 19 memperlihatkan banyak teknologi mutakhir. Apakah ini merupakan tahap awal akhir era shinobi? Inilah pembahasannya!

Tanda-tanda Mulai Kedaluwarsanya Shinobi

Jadi, manga Boruto bab 18 memperlihatkan banyak teknologi menarik. Mulai dari granat cahaya sampai lightsaber. Tapi semua itu baru purwarupa, yang hanya diuji coba dalam lab.

Manga Boruto bab 19 memperlihatkan teknologi canggih yang sampai harus dihadapi oleh Boruto, Sarada, dan Mitsuki.

Nama sementara dari teknologi ini adalah Puppet, alias boneka. Pada intinya mereka ini adalah robot tempur.

Boruto, Mitsuki, dan Sarada mencoba menghadapi mereka. Namun jutsu-jutsu ketiganya tak bisa memberi kerusakan berarti.

Tak hanya itu, saat para Puppet memutuskan menyerang balik, mereka bisa melontarkan jutsu terus-menerus. Mereka tak lagi ambil pusing soal stamina maupun perapalan. Karenanya sebelumnya Konohamaru yang jonin saja lebih memilih untuk lari meninggalkan para Puppet ketimbang terus bertarung.

Pada akhirnya, bukan ninjutsu yang menjadi penyelamat melainkan teknologi juga.

Katasuke Tono menggunakan fungsi power armor-nya untuk menyerap semua jutsu yang dilontarkan para Puppet hingga Puppet-Puppet itu panas dan berhenti beroperasi. Barulah Boruto, Mitsuki, dan Sarada bisa mematikan fungsi mesin-mesin itu.


CONTINUE READING BELOW

Punya Desain Menarik, Inilah 6 Teman Sekelas Boruto yang Seharusnya Lebih Disorot!

Para teman sekelas Boruto Uzumaki ini punya desain menarik. Tapi hingga lulus jadi genin pun sebagian besar dari mereka kurang mendapat sorotan!


Pertarungan ini memberi gelagat yang sebetulnya tidak menyenangkan: akan tiba masa di mana ninjutsu tidak lagi penting untuk memenangkan peperangan. Katasuke yang tanpa power armor hanya orang biasa saja mampu melindungi Tim 7 (yang berstatus Genin) dengan fungsi teknologinya.

Lalu tentu saja ada kejadian penutup bab 19, di mana Ao memutuskan menggunakan senjata mutakhir ketimbang jutsu.

Note: Ao tidak benar-benar mengatakan itu, kata-kata dia di panel di atas di-edit oleh penulis

Bagaimana kalau ini adalah awal dari akhir era shinobi yang dimaksud oleh Kawaki di episode satu?

Para Pemimpin Negara Mungkin Menggantikan Ninja dengan Teknologi

Pada dasarnya, desa-desa tersembunyi masih harus menjawab pada penguasa negeri. Hokage misalnya, memiliki posisi di bawah daimyo Hi no Kuni.

Namun kalau kamu melihat konflik di Kirigakure, terlihat kalau kadang desa tersembunyi dan para petinggi negeri bisa memiliki perbedaan yang tajam. Chojuro dan Mei Terumi menghendaki perdamaian. Sementara itu sejumlah pejabat Mizu no Kuni justru masih menginginkan peperangan.

Bahkan sebenarnya campur tangan dari para pejabat inilah yang membuat Shizuma dan kelompoknya dapat beroperasi dan menyebabkan kematian sejumlah orang.

Tapi manga Boruto bab 19 mengungkap kalau teknologi dunia telah begitu berkembang hingga Kara bisa memiliki Puppet untuk melindungi kargo mereka.

Bila para pemimpin negara bisa memiliki pasukan Puppet, maka otomatis mereka tidak lagi memerlukan shinobi. Mereka bisa mengerahkan para Puppet, yang akan mematuhi kehendak mereka. Para Puppet tidak akan membangkang dan menggagalkan rencana, seperti yang dilakukan Mei dan Chojuro di alur Kirigakure.


Lalu apa yang akan terjadi di masa depan? Baca lanjutan pembahasan ini di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.