Prediksi: Akankah Colossal Titan Kembali di Bab Manga Attack on Titan 102?

Akhirnya, Eren, Mikasa, dan bahkan mungkin Jean kembali muncul di manga Attack on Titan. Akankah Colossal Titan menyusul mereka di bab manga Attack on Titan 102?

Akhirnya, Eren, Mikasa, dan bahkan mungkin Jean kembali muncul di manga Attack on Titan. Akankah Colossal Titan menyusul mereka di bab manga Attack on Titan 102?

Berhubung kejadian di alur Marley-Eldia ini mungkin baru akan dilihat penonton anime di season 4, pembahasan di bawah ini jelas bisa mengandung spoiler. Jadi untuk yang belum mengikutinya, tidak dianjurkan untuk melanjutkan membaca ulasan ini.

Tapi kalau kamu memang sudah mengikuti alur Marley-Eldia di manga Attack on Titan hingga bab terbaru, atau memang tidak peduli spoiler, silakan lanjut simak pembahasan soal kemungkinkan Colossal Titan kembali!

SPOILER ALERT!!!

Jadi, di versi manga, Attack on Titan mengalami time skip. Uniknya, yang pertama diperlihatkan setelah jeda waktu ini justru adalah para “penjahat,” yakni Zeke Yeager dan Reiner Braun. Pembaca dibuat mengenali, dan bahkan bersimpati, terhadap kumpulan Titan Shifter tersebut.

Lalu terungkap kalau Eren diam-diam sudah berada di negeri Marley. Kemudian terkuak juga kalau Mikasa dan – sepertinya – Jean sudah menyusul Eren, dan mulai membantu Eren keluar dari situasi sulit setelah pengguna kekuatan Assault/Attack Titan itu takluk di tangan Warhammer Titan.


CONTINUE READING BELOW

[UPDATED] Apakah Titan Armin Bakalan Sebesar Colossal Titan? (SPOILERS!)

Pernah kepikiran nggak, kenapa Kolossal Titan bertubuh raksasa? Lalu apakah si [spoiler] bakalan menjadi Colossal Titan berikutnya? Simak ulasan ini!


Masalahnya, Eren masih berada di daerah musuh. Kalaupun dia mau diajak pulang (dari kata-kata Mikasa, Eren memutuskan meluncurkan serangan pertama ini atas kehendaknya sendiri), mereka harus terlebih dahulu menembus pasukan Marley yang akan menghadang jalan mereka. Termasuk di antaranya Beast Titan, Cartman Titan, dan Jaws Titan. Bahkan Warhammer Titan pun belum ditangani permanen.

Eren masih membutuhkan bantuan untuk lolos. Tapi bagaimana kalau bantuan ini justru datang dari Titan paling ikonik di Attack on Titan? Bagaimana kalau Colossal Titan kembali, namun kali ini dia akan berada di pihak Eren?

Attack on Titan 96

Tentunya, bukan Bertolt Hoover yang akan menggunakan kekuatan Titan Shifter tersebut. Pemilik Colossal Titan sekarang dicurigai adalah Armin Arlert, yang telah memangsa Bertolt.

Tahun lalu, Duniaku.net sudah membahas lebih lengkap kenapa Armin menjadi Colossal Titan. Tapi intinya begini: setelah disuntik serum Titan biasa, Armin yang memangsa Bertolt mewarisi kekuatan cowok itu. Sama seperti ketika Ymir, yang awalnya Titan biasa, mendapat warisan kekuatan Jaws Titan setelah memangsa Marcel Galliard.

Armin tidak terlihat bersama Survey Corps yang datang menyelamatkan Eren di akhir Attack on Titan 101. Namun ia mungkin sudah bersama Eren di Marley sejak awal, membantu merencanakan penyerbuan untuk membunuh Willy Tybur dan para jenderal Marley.

Bahkan mungkin kita diam-diam sudah melihatnya.

Yang jelas, Eren masih memiliki senjata rahasia yang belum muncul hingga Attack on Titan 101. Kalau Colossal Titan kembali, dengan pengguna kekuatan Armin, jelas hasilnya akan heboh. Kita akan melihat tandem Colossal Titan dan Attack Titan bertarung bersama. Bahkan mungkin itulah yang akan jadi kunci bagi Eren untuk selamat dari serangannya yang semberono ke Marley ini.

Pemandangan itu juga pastinya akan sangat mempengaruhi Reiner Braun, yang dulu gagal menyelamatkan Bertolt.


Tapi mungkin hanya Colossal Titan kembali saja rencana rahasia yang dimiliki Eren untuk kabur setelah menangani para petinggi Marley. Mungkin dia masih memiliki satu Titan lagi. Cek lanjutan pembahasannya di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.