Unik, Penduduk di Negara Ini Bisa Tahun Baru Dua Kali!

Kurang puas merayakan tahun baru sekali? Di negara-negara ini kamu bisa merayakan tahun baru dua kali, lho!

1515039010000

Kurang puas merayakan tahun baru sekali? Di negara-negara ini kamu bisa merayakan tahun baru dua kali, lho!

Gimana perayaan tahun barunya? Tahun 2017 sudah berakhir dan digantikan dengan 2018. Menurut sains, butuh waktu 26 jam bagi ‘si tahun baru’ untuk mendatangi 39 zona waktu di seluruh dunia. Jadi, mengalami tahun baru dua kali tanpa punya uang banyak atau jet pribadi bukanlah ide yang mustahil.

Kalau kamu berada di tempat-tempat berikut, menghadiri beberapa pesta tahun baru sekaligus ternyata lebih mudah daripada resolusi untuk menurunkan berat badan.

Australia

Negara dengan tahun baru dua kali australia

Tweed Heads

Perbedaan waktu antara negara bagian New South Wales dan Queensland di pantai timur Australia bisa bikin kamu dua kali tahun baruan. Daerah Tweed Heads di NSW dengan Coolangatta di Queensland yang punya perbedaan waktu sejam dapat dimanfaatkan untuk melihat kembang api dua kali.

Dua daerah ini hanya berjarak 2,5 kilometer yang bisa ditempuh kurang dari waktu sejam dengan bersepeda. Gampang, murah, dan bikin sehat untuk tahun baruan dua kali di Australia.

Siprus

negara bisa merayakan dua kali tahun baru: Cyprus

Girne ( Kyrenia ), North Cyprus

Nicosia adalah satu-satunya ibu kota di Eropa yang memiliki 2 zona waktu. Kota ini berada di kawasan UN buffer zone yang memisahkan Republik Turki Siprus di utara dengan Siprus selatan yang mayoritas penduduknya adalah bangsa Yunani.

Karena perbedaan waktu ini, pusat perbelanjaan Ledra Street di pusat Nicosia berencana menyelenggarakan ‘Dual Time Zone New Year Party’ untuk menarik lebih banyak turis.

Spanyol dan Portugal

negara bisa merayakan dua kali tahun baru spanyol portugal

Alentejo

Kamu bisa mulai dari Extremadura (Spanyol) lalu pergi ke Alentejo (Portugal) dan mendapatkan malam tahun baru dua kali. Kamu juga bisa mulai dari Badajoz, lanjut ke seberang Sungai Guadiana, lalu menuju Elvas, kota menawan di Portugis untuk perayaan kedua.

Semuanya hanya butuh 20 menit kalo kamu ingin mengalami tahun baru dua kali di dua tempat yang berbeda.

Amerika Serikat

negara bisa merayakan dua kali tahun baru amerika serikat

Needles, California

Di barat laut Florida, berlaku dua zona waktu Eastern Standard Time (EST) dan Central Standard Time (CST). Kamu bisa mulai tahun baru dengan suasana pantai di Port St Joe, lalu berkendara selama 5 menit ke Mexico Beach untuk tahun baru kedua.

Untuk mencapai Mexico Beach, kamu tinggal menumpang shuttle bus yang disediakan gratis. Perbedaan zona waktu ini memang sudah lama menjadi daya tarik wisata dan dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

California dan Nevada juga dipisahkan oleh dua zona waktu, Mountain Standard dan Pacific Standard Time. Jadi, kamu bisa mulai tahun baruan di Arizona Village lalu menyeberangi Colorado River untuk kembali menjumpai tahun baru di Needles, kota mungil di California.

Swedia dan Finlandia

negara bisa merayakan dua kali tahun baru swedia dan finlandia

Jembatan Penghubung Haparanda dengan Tornio

Haparanda di Swedia dan Tornio di Finlandia adalah kota yang bertetangga dengan jarak yang sangat dekat. Mulai dari Tornio untuk tahun baru perlama, lalu pindah ke Haparanda. Tidak jauh, hanya 5 menit berjalan kaki menyeberangi jembatan. Di Haparanda, nuansa Skandinavia yang meriah sudah menyambut.

Diedit oleh Snow

TENTANG PENULIS