Bocor! Hacker Berhasil Ciptakan Exploit untuk Nintendo Switch!

Exploit untuk Switch yang dikembangkan oleh Team Xecuter bisa dijadikan satu solusi untuk menjalankan Custom Firmware!

1515228650000

exploit untuk nintendo switch

Nintendo Switch masih dapat terbilang sebagai konsol baru, namun perkembangan untuk meretas suatu sistem semakin pesat! Bahkan, satu kelompok hacker telah berhasil menciptakan exploit untuk Nintendo Switch.

Umumnya, exploit digunakan sebagai cara bagi para pemain untuk memainkan suatu game secara ilegal, atau menjalankan aplikasi dan game buatan user. Sistem yang digunakan ini biasanya memakan waktu lama untuk dikembangkan, namun ternyata kelompok hacker telah menciptakan exploit untuk Nintendo Switch yang masih tergolong baru rilis!

Kelompok peretas bernama Team Xecuter mengumumkan satu solusi untuk menjalankan custom firmware untuk Nintendo Switch. Solusi ini, menurut Xecuter, dapat dijalankan pada Nintendo Switch dengan versi firmware apapun.

“Solusi ini dapat digunakan pada Nintendo Switch manapun, terlepas dari versi firmware yang dimiliki. Kami ingin membawa komunitas ini maju, maka dengan solusi yang dibawakan ini, siapapun dapat menjalankan custom firmware dengan bebas dan konsisten,” sebut Xecuter.

Xecuter sendiri sebenarnya sudah berkecimpung di dunia peretasan konsol sejak lama. Kelompok ini dikenal telah membuka celah bagi sekuritas pada banyak konsol, seperti XBOX hingga XBOX 360 sekalipun! Berlanjutnya Xecuter menuju Nintendo Switch tentu membuktikan bahwa sekali lagi mereka mampu untuk menjebol konsol manapun.


CONTINUE READING BELOW

5 Game Populer ini Bakal Keren Jika Muncul di Nintendo Switch

Sejumlah game populer seperti Skyrim, L.A Noire, dan DOOM telah hadir untuk Nintendo Switch. Dan inilah dia 5 game yang diharapkan hadir untuk Switch...


Namun, ini bukanlah satu-satunya usaha dari para peretas untuk membuka celah bagi Nintendo Switch. Sebelumnya, Daeken dari kelompok peretas reswitched mengembangkan dan merilis Pegaswitch, satu exploit yang dapat digunakan untuk menjalankan homebrew custom, namun cara ini hanya dapat dijalankan oleh firmware resmi versi 3.0.0.

Bahkan, untuk memperbarui firmware di bawah 3.0.0 saja, para pemilik Nintendo Switch harus membeli game Pokken DX Tournament yang hadir sekaligus dengan update untuk 3.0.0. Proses ini tentunya terkesan cukup ribet, dan memakan biaya karena untuk satu game yang belum tentu akan dimainkan saja harganya tidak murah.

Dengan hadirnya exploit yang diumumkan oleh Xecuter, memasang custom firmware bisa dilakukan pada firmware resmi versi berapapun, termasuk untuk firmware terbaru yang akan dirilis Nintendo nantinya. Namun, Xecuter belum membuka proses apa yang dijalankan atau apabila hardmod akan dibutuhkan.

Exploit untuk Nintendo Switch akan diumumkan lebih lanjut oleh Xecuter, dan tampaknya kelompok ini benar-benar ambisius untuk membawakan exploit ini. Nintendo Switch memiliki banyak potensi sebagai konsol hybrid, bertambahnya dukungan untuk menjalankan homebrew akan menjadikan konsol ini multifungsi.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.