YouTube Rewind Indonesia 2017. Lebih Banyak dan Tidak Kalah Keren

Tidak ada YouTube Rewind Indonesia 2017, sejumlah YouTubers daerah dan komunitas YouTubers membuat sendiri YouTube Rewind 2017 mereka.

YouTube Rewind Indonesia 2017

Tidak ada YouTube Rewind Indonesia 2017, sejumlah YouTubers daerah dan komunitas YouTubers membuat sendiri YouTube Rewind 2017 mereka.

Seperti yang kita tahu, YouTube Rewind merupakan video yang berisi tren-tren yang terjadi sepanjang tahun, baik tren lokal juga tren internasional—tidak terkecuali Indonesia. Sejak tahun 2014, YouTubers Indonesia juga ikut membuat video YouTube RewindYouTube Rewind Indonesia 2014 diunggah pada kanal Eka Gustiwana, lalu seterusnya diunggah pada kanal Indonesian YouTubers.

Namun, di tahun 2017 ini, tidak ada video YouTube Rewind Indonesia 2017. Ada apa gerangan? Kenapa tidak ada produksi video YouTube Rewind Indonesia 2017? Apa ada suatu drama sehingga YouTube Rewind Indonesia 2017 tidak diproduksi? Atau karena sepanjang tahun 2017, Indonesia hanya berisi drama-drama negatif yang tidak layak konsumsi? Mana penulis tahu. Penulis hanya pengamat yang tidak terakreditasi.

Reza Oktovian, YouTuber sekaligus director dari YouTube Rewind Indonesia 2016 mengatakan dalam salah satu videonya di YouTube bahwa YouTube Rewind Indonesia merupakan video yang dibuat berdasarkan inisiatif pribadi, bukan atas tuntutan perusahaan atau kegiatan komersil.

Ia juga mengatakan hampir tidak ada hal baik yang bisa diangkat dari tahun 2017 di YouTube Rewind Indonesia 2017. Selain itu, kesibukan akan acara YouTube Fanfest 2017 pada 10 November 2017 membuat para YouTubers tidak sempat memproduksi video YouTube Rewind Indonesia 2017.

Ia juga sempat berpendapat bahwa YouTubers Indonesia tidak ada yang punya inisiatif untuk menggerakan YouTube Rewind Indonesia 2017. Namun, ucapan tersebut ia tarik kembali karena mengetahui adanya YouTube Rewind 2017 versi daerah dan juga versi komunitas.

Di sini, penulis akan merangkum daerah mana saja dan komunitas apa yang turut berinisiasi dalam produksi YouTube Rewind 2017.

1

Semarang

Yang muncul berikutnya datang dari Semarang. Dengan mengambil sejumlah fenomena di Indonesia (yang terunik adalah masalah pemotor banting helm) dan internasional, Semarang menjadi salah satu pilihan bagus untuk ditonton YouTube Rewind-nya. Hingga artikel ini ditulis, video ini sudah disaksikan lebih dari 800 ribu kali.

2

Bandung

Bandung menjadi salah satu daerah dengan tambahan karakter fiksi khas masyarakat Sunda, yaitu Si Kabayan, dengan cerita petualangan Si Kabayan menjelajah tahun 2017.

Banyak fenomena heboh yang diangkat di sini, salah satunya adalah perkara taksi online versus taksi konvensional. Hingga artikel ini ditulis, video ini sudah ditonton oleh hampir 200 ribu penonton.

Kira-kira ada daerah mana lagi yang membuat video YouTube Rewind 2017?

TENTANG PENULIS
Faisal9101

Sedikit dipercaya untuk menjadi pengamat dunia perhobian yang tidak terakreditasi. Namun percayalah bahwa ia akan terus mengamati jika beliau berkehendak.