Sedih! Sederet Girl Grup Korea Ini Bubar di Tahun 2017

Sedih, deretan girl grup ini dinyatakan bubar di tahun 2017

1515485417000
girl grup korea yang bubar di 2017

Sumber: Allkpop

Seperti yang orang bilang, di dunia ini tak ada satu pun yang abadi termasuk kebersamaan para anggota suatu girl grup Korea. Meskipun mereka selalu terlihat kompak setiap saat, namun ada saatnya mereka akn berpisah dan menjalankan aktifitas masing-masing, seperti yang terjadi pada deretan girl grup Korea di bawah ini.

Di tahun 2017 tercatat ada sejumlah girl grup yang harus bubar karena berbagai alasan. Padahal beberapa di antaranya memiliki jumlah penggemar yang sangat besar serta karya-karya mereka cukup populer di kalangan penikmat musik K-pop.

Berikut adalah deretan girl grup Korea yang bubar di 2017.

1

Miss A

Miss A adalah grup yang terbentuk di bawah naungan JYP Entertainment. Uniknya, penampilan pertama Miss A bukanlah di Korea, melainkan di China. Kala itu, personel grup ini terus menerus berganti. Hingga akhirnya, mereka memulai debut resminya di Korea dengan 4 personel yaitu Min, Jia, Fei, dan Suzy.

Pada waktu itu, mereka didaulat sebagai grup K-pop tercepat yang menduduki peringkat pertama dalam sebuah acara musik K-pop dengan lagu debut-nya “Bad Girl Good Girl.”

Mulai dari 2011, mereka memulai melebarkan sayapnya ke China dengan merilis lagu-lagu mereka dalam Bahasa Mandarin dan melakukan promosi di China serta Korea.

Album terakhir mereka yaitu “Colors” dirilis pada tahun 2015 dan bertepat dengan variety show mereka Real Miss A. Setelah itu, masing-masing personel disibukan dengan kegiatan masing-masing dan Miss A pun tak pernah kembali lagi ke panggung hiburan.

Pada Mei 2016, Jia mengundurkan diri dari Miss A, yang kemudian disusul oleh Min yang memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bersama JYP. Dan pada Desember 2017, JYP pun mengumumkan bahwa Miss A resmi bubar.

2

I.O.I.

I.O.I merupakan grup yang terbentuk dari ajang Produce 101 Season 1. Personel dalam grup ini adalah mereka yang berhasil duduk di peringkat 11 besar ajang tersebut. Namun sayang, sesuai kontrak di awal debut, girl grup ini akan dibubarkan setelah 1 tahun mereka debut. 

Tak lama setelah debut, nama grup langsung meroket. Lagu debut mereka yaitu “Dream Girls” berhasil duduk di peringkat ke enam di tangga lagu Melon, dan mars Produce 101 yaitu “Pick Me” diputar hampir di seluruh sudut kota.

Sebelum bubar, para produser dan penulis lagu berlomba-lomba mengirimkan karya mereka untuk dipilih menjadi lagu terakhir yang dirilis oleh I.O.I. Setelah melalui pertimbangan yang cukup panjang, akhirnya para personel I.O.I. memutuskan untuk menyanyikan lagu karya Woozi (SEVENTEEN) berjudul “Downpour” sebagai lagu terakhir mereka.

Meski hanya setahun berkarya di panggung hiburan Korea, I.O.I berhasil memboyong berbagai penghargaan di berbagai acara musik populer sepanjang tahun 2016. Karena itu, banyak penggemar yang merasa sedih ketika mereka bubar di awal tahun 2017. Meski begitu, para personel I.O.I. berkata bahwa mereka akan melakukan reuni setelah 5 tahun ke depan. Kita berharap semoga hal ini beneran terjadi yaa.


CONTINUE READING BELOW

Welcome 2018, Welcome January! Inilah Grup dan Penyanyi Solo K-pop yang Akan Comeback di Bulan Ini!

Meski baru awal tahun, ternyata sudah banyak grup dan penyanyi Korea yang tancap gas dengan merilis karya-karya mereka. Inilah grup dan penyanyi Korea yang comeback di bulan Januari ini.


3

Wonder Girls

Girl grup Korea yang bubar di 2017 berikutnya kembali datang dari grup JYP Entertainment. Wonder Girls memulai karier mereka di dunia hiburan Korea mulai dari awal tahun 2007 dengan lagu mereka “Irony.”

Awalnya, girl grup ini digawangi oleh 5 personel yaitu Sunye, Sunmi, Sohee, HyunA, dan Yeeun. Namun, karena masalah kesehatan, pada Juli 2007, HyunA harus meninggalkan grup ini. Akhirnya, terpilihlah Yubin untuk menggantikan posisi HyunA dan bersama dengan Yubin, Wonder Girls merilis “Tell Me.”

Karier Wonder Girls mulai meroket lewat lagu mereka “Nobody.” Pada tahun 2009, Wonder Girls memfokuskan kegiatan mereka di pasar musik Amerika dengan merilis versi Bahasa Inggris dari “Nobody.” Promosi ini sangatlah sukses dan membuat Wonder Girls menjadi grup Korea pertama yang berhasil masuk dalam jajaran Hot 100 tangga lagu Billboard.

Seiring kesuksesan mereka di Amerika, Wonder Girls berencaca merilis untuk album berbahasa Inggris. Namun, salah satu personelnya yaitu Sunmi memilih meninggalkan aktifitas bersama Wonder Girls dan fokus menempuh pendidikan.

Hyerim pun terpilih untuk menggantikan posisi Sunmi. Dengan adanya pergantian personel, grup ini pun kembali ke Korea dan mengurungkan rencana untuk merilis album Bahasa Inggris.

Antara tahun 2012 hingga 2014, Sunye dan Sohee meninggalkan Wonder Girls. Di tahun 2015, Wonder Girls dengan Hyerim, Yeeun, Yubin, dan Sunmi kembali meramaikan panggung musik sebagai band.

Meski setelah itu mereka sempat merilis 2 album baru, di Januari 2017, 2 personel Wonder Girls memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan JYP. Sehingga sejalan dengan itu, Wonder Girls dinyatakan bubar.

Sebelum bubar, mereka sempat merilis sebuah lagu yaitu “Draw Me” untuk memperingati 10 tahun karir mereka di industri musik.

Bagi yang telah mengikuti K-pop mulai dari tahun 2010 atau sebelumnya, pasti sedikit banyak kalian memiliki kenangan akan lagu-lagu Wonder Girls. Dan kalian pasti memahami kontribusi mereka dalam membuat K-pop terkenal hingga ke mancanegara. Terima kasih Wonder Girls, Thank you for being so wonderful!


Sedih, ternyata masih banyak girl grup Korea yang bubar di 2017 lainnya di halaman berikutnya. Yuk, cari tahu!

TENTANG PENULIS