Ternyata Kim Jong Un Suka Membaca Manga Lho! Kira-kira Manga Apa yang Dibacanya ya?

Manga adalah hiburan yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Tak terkecuali dengan presiden Korea Utara, Kim Jong Un. Belakangan diketahui ternyata Kim Jong Un suka manga lho!

kim jong un suka manga

sumber: comicbook

Manga adalah hiburan yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Tak terkecuali dengan presiden Korea Utara, Kim Jong Un. Belakangan diketahui ternyata Kim Jong Un suka manga lho!

Sebagai orang nomer satu di Korea Utara, sudah sewajarnya ia adalah manusia yang paling disucikan. Bahkan lewat propaganda yang dilakukan, mungkin rakyat Korea Utara yang tertutup dari dunia luar menanggap putra dari Kim Jong Il ini sejajar dengan Tuhan.

Tapi beda halnya dengan negara-negara tentangga seperti Korea Selatan atau Jepang. Kim Jong Un dianggap sebagai dalang dari ancaman perang yang terus berkecambuk. Negara Amerika pun tak jarang mengkritisi kebijakan-kebijakan Kim yang membahayakan perdamaian dunia.

Tapi kali ini, Duniaku.net tak akan membahas intrik politik yang dilakukan oleh Kim Jong Un, melainkan bakal mengulas suatu fakta yang mungkin tak banyak dipercaya orang, Kim Jong Un suka manga!

Meski tak ada biografi yang komperhesif, namun beberapa pembelot Korea Utara mengaku pernah melihat Kim di luar negeri, terutama Swiss. Saat berusia 12 tahun, Kim pergi ke Bern, Swiss dalam rangka menuntut ilmu. Untuk menjaga jati dirinya sebagai putra dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mengubah namanya.

Gabriel Meyer, peneliti asal Swiss menuturkan pada segmen TV Tokyo Yabai Hanashi The World, Kim Jong Un sangat menyukai NBA. Bahkan ia menggemari pemain basket Amerika, Michael Jordan dan Kobe Bryant. Hobi lainnya adalah membaca manga, terutama manga seputar bola basket yakni Slam Dunk.

Gabriel Meyer juga mengungkapkan selain Slam Dunk, manga lain yang sangat disukai oleh Kim Jong Un adalah Dragon Ball karangan Akira Toriyama. Kim banyak menghabiskan waktunya untuk membaca manga, hingga akhirnya mendapat nilai buruk selama berada di Swiss.


CONTINUE READING BELOW

Inilah 5 Manga yang Terpaksa “Ditamatkan” di Tengah Jalan karena Berbagai Alasan

Mulai dari penjualan yang rendah, sampai cerita yang kurang menarik, inilah deretan manga yang ditamatkan di tengah jalan.


Fakta Kim Jong Un suka manga tentu membuktikan jika manga dapat menjadi hiburan bagi siapa saja. Tapi apakah sekarang Kim Jong Un masih menikmati membaca manga di tengah-tengah kesibukkannya sebagai diktator? Kira-kira manga apa yang dia baca sekarang?

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca