Apakah Manga Dragon Ball Super Baru Saja Berikan Spoiler Pemenang Tournament of Power?

Persiapan Tournament of Power dalam manga Dragon Ball Super terlihat berbeda dengan animenya. Dan mungkin memberikan sedikit spoiler mengenai pemenang Tournament of Power itu sendiri…

1515558612000

Persiapan Tournament of Power dalam manga Dragon Ball Super terlihat berbeda dengan animenya. Dan mungkin memberikan sedikit spoiler mengenai pemenang Tournament of Power itu sendiri…

Meskipun di anime Dragon Ball Super Tournament of Power sudah mencapai puncaknya—pertarungan antara Universe 7 vs Universe 11—tetapi di manga, turnamen ini sendiri masih dalam masa persiapan di mana setiap Universe mengumpulkan para petarungnya. Menariknya, sepertinya manga Dragon Ball Super memberikan sedikit bocoran tentang pemenang Tournament of Power.

Dalam manga Dragon Ball Super bab 30, diceritakan bahwa Universe 11 tengah mengumpulkan para petarungnya. Salah satu petarung andalan mereka, Jiren, ditunjukkan lebih manusiawi dan berkarakter di sini. Jiren disebut memiliki jiwa seperti Superman di mana dia tidak mau membunuh lawannya—meski lawannya tersebut adalah penjahat.

Yang menarik adalah setelahnya. Jiren adalah seorang karakter yang mendedikasikan dirinya demi keadilan. Dia sempat menolak untuk ikut serta dalam Tournament of Power. Dia menjelaskan bahwa dia tidak bisa menjaga kedamaian Universe 11 jika dia berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

Di lain pihak, dia berkata jika memang Universe 11 kalah dalam turnamen dan Universe 11 dilenyapkan, maka itu sudah menjadi takdir dari dunianya. Dia juga tidak mau ikut dalam Turnamen karena tidak ingin menyebabkan Universe lain hancur.

Karena Jiren yang bersikeras tidak ingin mengikuti Tournament of Power, Belmond pun secara pribadi mendatangi Jiren dan membujuknya untuk ikut turnamen dengan iming-iming Dragon Ball Super. Belmond mengatakan bahwa Jiren bisa mendapatkan apapun yang dia mau jika Universe 11—terutama dirinya—menang dalam turnamen.

Tentunya, kita belum tahu apa keinginan Jiren. Akan tetapi, mengingat Dragon Ball sendiri adalah sebuah serial yang sederhana tanpa plot twist atau pengkhianatan yang bombastis, tampaknya keinginan Jiren ini adalah perdamaian dunia. Atau jika tidak begitu, dia ingin supaya Universe lainnya dikembalikan setelah turnamen.

Atau mungkin juga Jiren menginginkan kekuatan yang lebih lagi supaya bisa melindungi dunia bahkan dari Zen-oh sekalipun? Yang manapun itu, dengan sifatnya yang seperti itu, Jiren adalah sosok yang ideal untuk menjadi pemenang Tournament of Power.

Tidak seperti para petarung dalam Universe 7 yang menginginkan hal-hal sepele. Atau Goku yang sepertinya tidak punya hasrat untuk menggunakan Dragon Ball Super.

Yang manapun itu, hal ini seperti memberikan kita bocoran bahwa Jiren bisa saja akan menjadi pemenang Tournament of Power nantinya. Tidak seperti versi anime yang sembunyi-sembunyi dalam menceritakan Jiren—atau juga menciptakan plot hole sebelum turnamen—manga Dragon Ball Super terlihat lebih gamblang dalam memberikan petunjuk.

Mungkin saja, berbeda seperti tipikal cerita Dragon Ball di mana pada akhirnya Goku menang setelah melawan musuhnya, Dragon Ball Super bisa dibilang sangat jarang memberikan kemenangan pada Goku—terutama dalam pertarungan-pertarungan mayor.

Goku melawan Beerus, Goku kalah. Goku melawan Golden Frieza, Goku kalah (meskipun akhirnya menang gara-gara Whis). Goku melawan Zamasu, Goku kalah. Kalau melihat polanya, bukan tidak mungkin Goku kalah dan pemenang Tournament of Power adalah Jiren.

Yah, tentunya ini masih belum pasti. Menurutmu sendiri, siapa sih yang bakalan memenangkan Tournament of Power?

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.