Kekinian! Ini Dia 6 Bahasa Gaul yang Sering Diucapkan Kids Jaman Now di Media Sosial!

Kalian pasti sudah nggak asing kan dengan bahasa yang akhir-akhir ini populer di berbagai media sosial? Setelah meme dari akun palsu Kak Seto yang sempat viral belum lama ini, banyak anak-anak di media sosial yang menggunakan kata-kata baru yang mereka anggap gaul/keren.

1515654655000

Kalian pasti sudah nggak asing kan dengan bahasa yang akhir-akhir ini populer di berbagai media sosial? Setelah meme dari akun palsu Kak Seto yang sempat viral belum lama ini, banyak anak-anak di media sosial yang menggunakan kata-kata baru yang mereka anggap gaul/keren.

1

Kids Jaman Now

sumber: youtube.com

Kalimat ini awalnya berasal dari salah satu akun palsu Kak Seto di Facebook yang bernama Seto Mulyadi. Maksud dari kalimat “Kids Jaman Now” sebenarnya adalah sindiran untuk para bocah di zaman sekarang yang melakukan berbagai tindakan bodoh, yang merugikan dirinya sendiri serta orang lain.

Tidak hanya di media sosial, bahkan kalimat ini pernah dijadikan sebuah judul FTV pada sebuah stasiun televisi. Rasanya nggak keren jika kamu belum menggunakan istilah itu untuk menyindir orang lain.

Sampai sekarangpun, jika ada suatu tindakan bodoh yang disorot di media sosial, pasti akan ada orang yang mem-bully yang menyindir pihak yang terkait dengan sindiran “Kids Jaman Now”.

Namun sekarang banyak remaja yang menggunakan kalimat ini bukan sebagai ejekan yang serius, melainkan hanya sebagai guyonan kepada sahabat-sahabat terdekat mereka. Jangan baper ya guys kalau ada sindiran “Kids Jaman Now” dari teman terdekatmu.

2

Hakiki

sumber: vebma.com

Entah bagaimana awalnya kata ini menjadi viral di media sosial belakangan ini. Menurut KBBI, arti dari hakiki adalah benar, sebenarnya, sesungguhnya. Namun, saat ini banyak netizen yang menggunakan kata ini sebagai imbuhan yang serupa dengan kata sangat atau banget.

Contohnya seperti “Kenikmatan yang hakiki” atau “Kelezatan yang hakiki”. Ada juga netizen yang kerap menyingkat kata hakiki menjadi hqq.

Kata ini juga kerap dituliskan pada kolom komentar dari foto cewek cantik yang ada di Facebook, Twitter atau Instagram. Contohnya “Keindahan yang sangat hakiki ini nggak mungkin bisa ditolak”.

3

Faedah

sumber: MCI

Kata faedah awalnya sering kita dengar dalam ceramah atau pengajian di acara tertentu, namun sekarang sudah cukup banyak netizen yang sering menggunakan kata ini. Kata ini berarti keuntungan, guna atau manfaat.

Saat ada suatu meme yang tidak berbobot atau kurang lucu, terkadang ada netizen yang memberikan komen semacam “Meme yang kurang berfaedah”. Kita bisa anggap kata “nggak berfaedah” sama artinya dengan nggak berguna.

Tidak jarang kita melihat komentar di Facebook dengan imbuhan faedah, seperti contohnya “Buat apa sih ikut acara begituan? Nggak ada faedahnya”. Memang ada-ada saja kata baru yang diramaikan oleh Kids Jaman Now.

Masih ada bahasa gaul yang pasti nggak asing di telingamu. Simak halaman berikutnya.

Share this article

TENTANG PENULIS
Luthfi Suryanda

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara