Beda Anime dan Manga Dragon Ball Super 30-31: Kemunculan Perdana Jiren dan Uub!

Kalau diperhatikan manga dan anime Dragon Ball Super memiliki beberapa perbedaan, loh! Apa saja, ya?

dragon ball super 30-31Akhirnya Jiren muncul di Manga Dragon Ball Super 30-31! Di Anime, Jiren tidak muncul di bagian ini. Selain itu apalagi yang membedakan serial anime dan manganya, ya?

Dragon Ball Super 30-31 memiliki lumayan banyak perbedaan dengan serial animenya yang akan penulis ulas di sini. Jika kalian belum membaca bab ini dan tidak menyukai spoiler, sebaiknya jangan membaca artikel ini lebih lanjut. Tapi jika kalian tidak masalah dengan spoiler yang bertebaran, lanjutkan!

SPOILER ALERT!!!

1

Jiren Muncul Menyelamatkan Kota!

dragon ball super 30-31Di manga Dragon Ball Super 30-31 kemunculan perdana Pride Troopers adalah melawan Aragney, monster yang dkendalikan oleh seorang Drakiyan. Berbeda dengan di manga, Pride Troopers diperlihatkan menyelamatkan kota dari serbuan Choki, alien berwujud menyerupai kepiting. Di sinilah Toppo datang untuk mencari Jiren.

Di serial anime Jiren sama sekali tidak muncul dan Aragney dikalahkan dengan kombinasi Toppo, Dyspo, dan Kahseral. Di manga Dragon Ball Super 30-31 Jiren datang dan turun tangan menaklukkan Choki dalam sekejap. Tak cuma itu, di manga alasan kenapa Jiren mau mengikuti turnamen ini juga diperlihatkan lebih awal.


CONTINUE READING BELOW

Ini Penyebab Goten dan Trunks Lebih Mudah Menjadi Super Saiyan!

Goten dan Trunks adalah karakter di Dragon Ball termuda yang bisa berubah menjadi Super Saiyan! Bagaimana bisa? Inilah penyebabnya!


2

Alasan Android #17 Bergabung!

dragon ball super 30-31Baik di anime maupun manga, Android #17 awalnya menolak untuk ikut serta dalam turnamen antar semesta. Alasannya pun sama, dirinya tidak merasa membutuhkan uang hadiah karena gajinya sudah cukup menghidupi diri dan keluarganya. Bahkan setelah Goku menyampaikan apa yang akan terjadi pada mereka jika kalah dalam turnamen pun, Android #17 tetap menolak.

Di anime, Android #17 akhirnya mau ikut bergabung karena merasa berhutang budi pada Goku yang telah membantunya menyelamatkan hewan-hewan di pulau tersebut dari serbuan para pemburu gelap dari luar angkasa. Android #17 juga menyetujui tawaran Goku untuk menyuruh Goten dan Trunks menggantikannya menjaga pulau.

Berbeda dengan di manga, Android #17 baru mau ikut bergabung dengan tim Universe 7 setelah mengetahui bahwa Krillin juga ikut. Android #17 merasa berhutang budi pada Krillin karena ia telah meminta pada Dewa Naga untuk melenyapkan bom dalam tubuhnya dan saudari kembarnya.

3

Majin Buu Hibernasi?!

dragon ball super 30-31Di anime Majin Buu sempat berubah menjadi kurus akibat berlatih terlalu keras demi mengikuti turnamen. Majin Buu juga sempat berlatih tanding dengan Goku. Saking kuatnya, Goku kalah dengan mudah oleh Majin Buu. Sayangnya, Majin Buu jatuh terlelap karena kelelahan dan tidak akan bangun selama beberapa bulan.

Hal ini tidak terjadi di manga. Di manga Dragon Ball Super 30-31 Majin Buu langsung tertidur sebelum Mr. Satan memberitahunya bahwa turnamen antar semesta akan diadakan. Sayangnya, kondisi Majin Buu yang tidak akan bangun selama berbulan-bulan ini juga terjadi di manga. Hal ini tentu menyebabkan tim Universe 7 harus mencari satu orang lagi untuk bergabung dengan mereka!


Di manga Dragon Ball Super 30-31 juga diperlihatkan adegan Mr. Satan yang mengalahkan Cell secara sepihak! Bagaimana bisa? Simak perbedaan lainnya juga di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
Fudo

Saya bukan Fudo, tapi panggil saya Fudo. Penikmat tokusatsu, terutama Kamen Rider dan Super Sentai. Pria nomaden yang bertualang di luar keinginan sendiri. Bercita-cita untuk menguasai dunia.