Setelah Insiden Ardian Syaf, Apakah Marvel Comics Masih Tertarik dengan Komikus Indonesia?

Setelah Insiden Ardian Syaf yang sempat heboh tahun 2017 lalu, apakah Marvel Comics masih tertarik dengan komikus Indonesia? Ini jawaban dari CB Cebulski, Editor-in-Chief Marvel Comics!

1516104637000

marvel creative days out kampus binus anggrek insiden ardian syaf komikus indonesia marvel comics

Setelah Insiden Ardian Syaf yang sempat heboh tahun 2017 lalu, apakah Marvel Comics masih tertarik dengan komikus Indonesia? Ini jawaban dari CB Cebulski, Editor-in-Chief Marvel Comics!

Menilik kembali pada tahun 2017 lalu, terjadi insiden yang cukup membuat gempar industry komik dunia. Saat itu, Ardian Syaf, salah satu penciller komik Marvel yang berasal dari Indonesia, memasukan beberapa referensi berbau politik ke dalam komik yang dia kerjakan X-Men Gold #1.

Hal ini menyebabkan banyak sekali reaksi negatif dari para netizen dunia. Marvel Comics selaku perusahaan yang mempekerjakan Ardian Syaf pun langsung bertindak cepat. Mereka menarik X-Men Gold #1 dari pasaran dan beberapa hari setelahnya memutuskan kontrak dengan Ardian Syaf.

Sekarang, setelah insiden Ardian Syaf tersebut, apakah Marvel Comics masih tertarik dengan komikus Indonesia? Apakah mereka masih membuka pintu lebar-lebar untuk para komikus Indonesia untuk berkarir di perusahaan mereka? CB Cebulski selaku editor-in-chief Marvel Comics pun menjawab pertanyaan tersebut.

marvel creative days out kampus binus anggrek insiden ardian syaf komikus indonesia marvel comics

Dari kiri ke kanan: Ario Anindito, Allen Au-Yeung, CB Cebulski, Miralti Firmansyah, dan Sunny Gho

CB menjawabnya dalam sesi tanya jawab event Marvel Creative Days Out yang diadakan di Kampus Binus Anggrek pada tanggal 12 Januari lalu. Saat itu, dia ditanyai apakah Marvel masih membukakan pintu mereka bagi para komikus Indonesia setelah insiden Ardian Syaf?

CB pun menjawab bahwa Marvel Comics masih tertarik dengan komikus Indonesia. CB memang menyayangkan akan apa yang terjadi pada Ardian Syaf, tetapi dia mengatakan bahwa tindakan seseorang tidak merefleksikan komikus lain secara keseluruhan (komikus Indonesia).

Oleh sebab itu, Marvel Comics pun masih membuka lebar-lebar pintunya kepada para komikus Indonesia yang tertarik untuk bekerja sama dengan Marvel Comics.

Di lain pihak, CB juga sempat ditanyai pendapatnya mengenai komikus Indonesia. Dia menjawab bahwa komikus Indonesia itu unik karena memiliki gaya gambar yang berbeda-beda dan memberikan warna baru dalam setiap komik Marvel. Jadi, bisa dibilang Marvel masih tertarik dengan komikus Indonesia.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang komikus, terutama komikus Marvel? Kalau iya, kamu bisa baca nasihat dari CB untuk menghindari kesalahan yang umum dilakukan oleh komikus pemula melalui link ini.

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.