Review Komik Komplek Tanpa Faedah: Sungguh Receh Berfaedah!

Humor receh sedang menjadi tren masa kini. Pasalnya, humor semacam ini bisa kita temukan hampir di mana saja tanpa perlu rancangan yang kompleks. Nah, komik Komplek Tanpa Faedah ini adalah bukti bahwa komedi receh itu memang segar. “Komik ini bercerita tentang kehidupan warga Komplek Tanpa Faedah. Ya udah, gitu aja prolognya.” ujar Jason Satpam, saudara kembarnya […]

joke receh komplek tanpa faedah zaman now

Humor receh sedang menjadi tren masa kini. Pasalnya, humor semacam ini bisa kita temukan hampir di mana saja tanpa perlu rancangan yang kompleks. Nah, komik Komplek Tanpa Faedah ini adalah bukti bahwa komedi receh itu memang segar.

Komik ini bercerita tentang kehidupan warga Komplek Tanpa Faedah. Ya udah, gitu aja prolognya.” ujar Jason Satpam, saudara kembarnya Jason Statham yang jadi satpam di komik Komplek Tanpa Faedah.

Ada yang belum kenal sama komik lokal satu ini? Kalo belum, kamu benar-benar harus berkenalan, deh. Sebab, komik ini tidak hanya akan mengocok perutmu, tetapi juga menjadi hiburan baru bagi para penggemar genre komedi.

joke receh komplek tanpa faedah zaman now

Jonbray Komik. Sumber: Malesbanget

Komik yang dirancang oleh Jonbray Komik dengan judul Komplek Tanpa Faedah ini faktanya memang telah dinobatkan sebagai Ciayo Comics of The Year oleh platform komik lokal digital kekinian, yakni CIAYO Comics.

Komplek Tanpa Faedah sendiri dirilis pada 16 Juli 2017, langsung sukses mencuri perhatian pembaca karena judulnya yang unik dan membuat orang penasaran. Kamu tentu menjadi bertanya-tanya, kenapa sih komik ini dinamai Komplek Tanpa Faedah?

Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan kami, yuk!

1

Komplek Tanpa Faedah dan Warganya yang Koplak

joke receh komplek tanpa faedah zaman now

Sumber: BityPic

Komplek Tanpa Faedah awalnya diterbitkan di Instagram sebelum memulai debut di CIAYO Comics. Komik ini bercerita tentang sebuah komplek yang bernama Komplek Tanpa Faedah dan para warganya yang unik serta abnormal.

Ibu Lukman dan Ibu Rukmana adalah contohnya, mereka adalah dua tokoh yang paling pertama muncul. Obrolan mereka yang absurd akan mampu membuatmu geleng-geleng kepala atau bahkan mengundang tawa. Apalagi, mereka juga memiliki hewan peliharaan yang aneh dan bisa berbicara dalam hati.

Ini belum ditambah dengan bos preman pasar dan asistennya yang digadang-gadang cerdas dan memiliki ilmu tenaga dalam, sehingga akan mampu melakukan pemalakan secara efektif. Sayangnya, ilmu mereka mandek kalau korbannya lebih sangar daripada mereka.

joke receh komplek tanpa faedah zaman now

Pemilik restoran Koh Mas Uda AA juga menjadi tokoh yang menyegarkan suasana. Ia suka menawarkan menu yang tak sesuai ekspekstasi pelanggan. Misalnya saat ia mengecap dahi pelanggan dengan tulisan “CAY”, karena pelanggan itu memesan capcay.

Di komik ini juga banyak tokoh dan acara yang terinspirasi dari dunia nyata. Misalnya seperti Mas Nanang Rengginang yang menjadi pembawa acara misteri Uji Ngeri. Ia didampingi oleh Pak Soleh Uga sebagai pelukis dunia mistis, tapi lukisannya suka dicolong peserta Uji Ngeri.

Mas Cusnul “Cuco” Coirudin juga dibuat mirip dengan Koki Rudi Choirudin, tetapi jauh lebih cucok, bo. 


CONTINUE READING BELOW

Review Komik The Other Side – Curse: Horor Orisinil Tanpa Jumpscare

Genre horor memang sedang digandrungi oleh para pelaku kreatif dalam negeri. Tak hanya film, genre ini pun merambah sampai ke komik. Dalam hal ini, The Other Side: Curse masuk ke dalam daftar paling pertama komik horor terbaik dalam negeri.


Semua keunikan karakter dan sifat bersatu padu membentuk sebuah hubungan konyol, recehan, tetapi tidak jayus. Warga komplek juga saling melengkapi satu sama lain, tentu membuat kelucuan menjadi lebih menarik.

Belum pernah kami dapati cerita receh namun berkualitas seperti Komplek Tanpa Faedah ini. Komik ini memang sebagian besar berisi tingkah lugu dari para warga yang terkadang salah tempat sehingga menjadi lucu dan membuat pembaca, minimal, senyum-senyum sendiri.

Sebenarnya, masih banyak tingkah warga Komplek Tanpa Faedah lain yang mampu mengocok perut, namun alangkah baiknya jika kamu membaca komiknya sendiri di platform CIAYO Comics.

Episode yang banyak tidak akan cukup untuk diceritakan semua, lebih asyik jika dibaca sendiri atau ramai-ramai bersama teman di awal pekan.

Komik Komplek Tanpa Faedah merupakan bukti bahwa lawakan absurd bisa berjaya dan tetap menghibur pembaca. Lawakan seperti ini juga tidak terkesan menggurui pembaca, apalagi dilengkapi dengan ilustrasi karakter yang Indonesia banget.


Lanjut ke halaman berikutnya untuk melihat penilaian kami …

TENTANG PENULIS
Subject 09 Lite

Subject 09 Lite adalah singkatan dari Subject 09 Literature. Kami menyediakan bahan bacaan bermanfaat untuk mendorong kreativitas para kreator lokal. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. www.subject09.web.id