Dari Fiksi Ilmiah Hingga Drama, Inilah 6 Film Terbaik Karya Ridley Scott!

Suka atau tidak suka, tidak bisa dipungkiri bahwa Ridley Scott adalah sutradara paling ikonik di jagad sinema. Berikut enam film terbaik karyanya!

1516363848000

Dengan ditayangkannya All The Money In The World yang merupakan film terbaru karya Ridley Scott, ini merupakan momen yang tepat untuk kita mengunjungi kembali filmografi sutradara yang dianggap sebagai salah satu yang paling berpengaruh sepanjang masa ini. Berikut adalah 6 film terbaik karyanya!

Edan, nekat, acuh tak acuh, tak kenal lelah, visioner, dan berbagai julukan-julukan lainnya yang disematkan pada Sir Ridley Scott mungkin masih tidak cukup untuk menggambarkan betapa besar namanya di jagat perfilman dunia.

Umurnya mungkin sudah mencapai 80 tahun, namun sutradara kelahiran 30 November 1937 ini sangat jauh, jauh lebih produktif tidak hanya dibandingkan rekan-rekan seumurannya, namun juga sutradara-sutradara lain yang umurnya berpuluh-puluh tahun lebih muda.

Bila orang-orang pada seumurannya lebih memilih untuk bersantai di rumah bersama sanak keluarga sambil menikmati hasil jerih payahnya di masa lalu, Ridley Scott bekerja bak robot yang tak kenal lelah. 40 tahun lebih perjalanan karirnya yang mana tiap dekadenya selalu diramaikan dengan film-film karyanya, entah bagus atau buruk, ternyata masih belum cukup untuknya.

Terhitung di tahun 2017 kemarin, ia tidak hanya membuat satu film namun dua! Dan hebatnya lagi, keduanya bukanlah tipe yang bisa dibuat dengan “santai”. Yang pertama adalah film horor fiksi ilmiah ambisius Alien: Covenant yang merupakan sekuel untuk Prometheus (2012) sekaligus bagian kedua dari proyek trilogi prekuel Alien (1979) miliknya.

Yang kedua juga merupakan proyek yang tak kalah ambisius yaitu All The Money In The World; drama thriller belatar 1970an tentang penculikan cucu milyuner John Paul Getty yang saat ini sedang tayang di beberapa jaringan bioskop tanah air.


CONTINUE READING BELOW

Review All The Money In The World: Kala Harta Menutup Hati Nurani

Drama penculikan John Paul Getty III di All The Money In The World mungkin tidak sempurna, namun berkat arahan dari tangan dingin Ridley Scottt dan performa dari pemainnya yang jempolan, ini adalah thriller yang solid.


Masih belum cukup lagi, kala filmnya menghalangi kendala produksi kala salah satu bintangnya terjerat kasus pelecehan seksual, ia dengan cepat menghapus dan mencari aktor pengganti untuk mensyuting ulang beberapa adegan yang jumlahnya tidak sedikit hanya dalam waktu satu minggu demi mengejar target tayang!

Berhasilnya All The Money meraih 3 nominasi piala Golden Globe yang diadakan beberapa saat yang lalu, serta besarnya buzz di berbagai ajang penghargaan film-film bergengsi lainnya, tak diragukan lagi kehebatan Ridley Scott sebagai sutradara yang tak hanya kreatif, namun juga tak kenal lelah.

Ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk merayakan karya-karya terbaiknya terdahulu. Dengan genre yang bervariasi mulai dari horor fiksi ilmiah, perang, hingga drama, berikut 6 film terbaik karya Ridley Scott!

6

American Gangster (2007)

Dibintangi oleh Russell Crowe sebagai Detektif Richie Roberts dalam usahanya menghancurkan kekaisaran kriminal milik Frank Lucas yang diperankan oleh Denzel Washington, American Gangster yang terinspirasi dari kisah nyata di tahun 1960an ini dianggap sebagai salah satu karya paling prima milik Ridley Scott.

Meskipun sempat dikritik beberapa pihak termasuk Roberts dan Lucas yang asli, karena terlalu banyak merubah dan memasukkan elemen fiksional, American Gangster menuai sukses baik secara komersil maupun kritik. Dengan durasi yang tergolong lama sepanjang 2.5 jam (3 jam di edisi extended), film ini masih sanggup meraup keuntungan sebesar $265 juta dari budget $130 juta.


CONTINUE READING BELOW

Nostalgia Review Blade Runner (1982): Fiksi Ilmiah Revolusioner yang Tidak Biasa

Apa yang membuat Blade Runner (1982) menjadi begitu legendaris dan memiliki banyak penggemar hingga sekarang? Simak ulasannya di sini!


Brutal, kompleks, dengan penampilan prima dari Crowe dan Washington, American Gangster tak kalah bagusnya dengan karya-karya sutradara spesialis drama kriminal seperti Martin Scorsese. Film ini pun berhasil meraih banyak penghargaan dan nominasi, termasuk 2 nominasi Oscar dan belasan nominasi lainnya.

Rapper ternama Jay-Z sangat terkesima dan terinspirasi dengan karya Scott yang satu ini, sampai-sampai ia membuat sebuah concept album berjudul sama, yang juga mendapat pujian dari banyak pihak.

5

Black Hawk Down (2001)

Diadaptasi dari buku Mark Bowden, Black Hawk Down mendramatisir usaha para tentara dari Amerika Serikat dalam misi mereka untuk memburu panglima perang Somalia yaitu Mohammed Farah Aidid di Mogadishu tahun 1993, yang berakhir menjadi sebuah misi penyelamatan diri kala dua helikopter Black Hawk jatuh di tengah-tengah kota yang tengah menjadi pusat pertempuran.


CONTINUE READING BELOW

Review Darkest Hour: Gary Oldman Adalah Winston Churchill!

Drama yang memikat, jatah humor yang pas, serta penampilan luar biasa dari Gary Oldman dan pemain-pemain pendukung lainnya membuat Darkest Hour menjadi tontonan wajib bagi anda yang senang dengan film-film biografi ataupun sejarah.


Tegang, brutal, seru, namun juga penuh dengan pesan-pesan kemanusiaan, lewat Black Hawk Down Ridley Scott membuktikan bahwa sebuah film anti-perang tidak perlu terlalu menggurui untuk menyampaikan pesannya. Total dua piala Oscar berhasil diraihnya untuk kategori teknis, yaitu Editing Terbaik dan Mixing Suara Terbaik.

Black Hawk Down juga dikenal dengan jajaran ansambelnya yang dipenuhi dengan bintang-bintang seperti Josh Hartnett, Ewan McGregor, Eric Bana, Nikolaj Coster-Waldau, dan mendiang Sam Shepard.


Simak lanjutan pembahasannya di halaman 2!

TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.