Mengenal METI, Organiasi yang Dibentuk Untuk Berkomunikasi dengan Alien

Apakah Kamu punya keinginan untuk bisa berkomunikasi dengan makhluk luar Bumi atau alien? Sebuah organisasi khusus yang disebut METI memungkinkan jika keinginanmu itu bisa terwujud.

METI

Apakah Kamu punya keinginan untuk bisa berkomunikasi dengan makhluk luar Bumi atau alien? Sebuah organisasi khusus yang disebut METI memungkinkan jika keinginanmu itu bisa terwujud.

Sejak dahulu, manusia memiliki ketertarikan kepada luar angkasa. Tak aneh mengapa di zaman dahulu, banyak ahli astronomi lahir. Mulai dari Galileo Galilei, Nicolaus Capernicus, hingga Klaudius Ptolemaeus.

Berkat mereka, umat manusia bisa sedikit mengetahui misteri apa yang ada di alam semesta yang luas ini. Tapi tentu masih banyak hal-hal yang belum bisa dipecahkan oleh manusia hingga sekarang, salah satunya adalah keberadaan alien.

Dari dulu hingga kini, belum ada orang atau peneilitian yang memastikan jika makhluk hidup di luar bumi itu ada. Pencarian tentang keberadaan alien pun terus dilakukan hingga sekarang.

Sebuah organiasi bernama METI akhirnya dibentuk khusus untuk bisa berkomunikasi dengan alien. METI merupakan kepanjangan dari Messaging Extraterrestrial Intelligence adalah sebuah organiasi yang berisi para peneliti untuk berkomunikasi dengan alien.

Selain METI, ada juga SETI atau Search for Extraterrestrial Intelligence yaitu organisasi yang bertujuan untuk mencari tahu kehidupan di luar angkasa.

Untuk bisa berkomunikasi dengan makhluk di luar bumi tentu bukan sesuatu yang mudah. METI harus terlebih dahulu mendapatkan akses ke teleskop radio untuk mengirimkan sinyal ke luar angkasa. Sayangnya, akses ke teleskop radio izinnya cukup sulit. Pasalya, selain METI, banyak peneliti lain yang juga memerlukan teleskop radio tersebut, sehingga mereka harus mengantre.

Setelah mendapatkan akses, METI akan memilih satu planet yang bakal dituju. Tentu ada beberapa syarat untuk menentukan mana planet yang dipilih. Pertama adalah planet tersebut terletak tidak terlalu jauh dari bumi. Kedua, planet itu juga harus layak huni dan memiliki tanda-tanda kehidupan.

Setelah semua syarat itu terpenuhi, barulah mereka akan mengirim pesan yang dikodekan melalui gelombang radio.

Pada tahun 2017 lalu,  METI berhasil mengirim pesan ke sistem bintang GJ 273. Konon, bintang tersebut memiliki dua planet yang salah satunya memiliki tanda-tanda kehidupan.

Tapi karena jaraknya dari bumi mencapai 12 tahun cahaya, maka pesan itu baru sampai ke bumi lagi pada tahun 2042.


CONTINUE READING BELOW

Sungguhan atau Tidak? Ini 7 Penampakan UFO Paling Menghebohkan di Dunia!

Apakah benar jika alien itu ada? Mungkin kamu bisa menjawab pertanyaan itu setelah melihat deretan penampakan UFO yang sempat menggegerkan dunia.


Butuh waktu yang lama memang untuk membuktikan apakah alien itu ada atau tidak. Tapi menurutmu apakah alien itu benar-benar ada?

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca