Review Digimon Story: Cyber Sleuth Hacker’s Memory: Sekuel yang Berdiri Sendiri!

Sudah mencoba game Digimon Story: Cyber Sleuth Hacker’s Memory? Meskipun game ini adalah sekuel, namun punya rasa seperti game tunggal, lho! Simak reviewnya di sini!

1516421403000

digimon story cyber sleuth

Meskipun hanya sebuah sekuel, namun game Digimon Story: Cyber Sleuth Hacker’s Memory terbukti bisa menjadi sekuel yang seru dan berdiri sendiri, lho! Simak review-nya berikut ini!

Digimon Story: Cyber Sleuth Hacker’s Memory adalah game terbaru dari serial Digimon yang rilis di PlayStation 4 dan PlayStation Vita. Awal rilis pada tanggal 14 Desember 2017 untuk wilayah Jepang, dan untuk global, dirilis pada tanggal 19 Januari 2018.

Game Role Playing ini adalah sekuel dari game terdahulunya, Digimon Story Cyber Sleuth yang rilis pada tahun 2015. Meskipun sekuel, namun game ini punya ciri khas dan keseruannya sendiri. Seperti apa? Simak review-nya berikut ini!

Sinopsis

digimon story cyber sleuth

Cerita mengambil latar tempat yang sama dengan Digimon Story Cyber Sleuth, yaitu di wilayah Shibuya, Jepang yang jauh lebih futuristik dibandingkan masa sekarang, dan memiliki semacam Chat Room digital bernama Eden. Tokoh utama kita adalah Keisuke Amazawa (bisa kamu ganti namanya).

Keisuke adalah seorang pemuda yang akun Eden-nya diretas oleh orang lain, sehingga dia dituduh dengan sesuatu hal buruk yang tidak ia lakukan. Karena ingin memperbaiki nama baiknya, dia mencari si pelaku, sampai akhirnya dia bergabung dengan kelompok Hacker bernama Hudie, dan menggunakan serta berteman dengan Digimon sebagai cara melakukan Hacking di dunia Digital ini.

Sekuel Namun Berdiri Tunggal

Sebenarnya jika kamu sudah memainkan game pertamanya, Digimon Story Cyber Sleuth, maka kamu akan menemukan banyak kesamaan di sekuelnya, Digimon Story: Cyber Sleuth Hacker’s Memory, contohnya seperti lokasi, musik, bahkan ada beberapa karakter dari game sebelumnya yang menjadi cameo.

Namun, jika kamu belum pernah memainkan game pertamanya, maka kamu tidak akan merasa kebingungan, dan justru menganggap game ini benar-benar seperti game tunggal, bukan sebuah sekuel.

Cerita di game kedua ini sangat mengalir, dan tidak terlalu banyak yang berkaitan dengan kejadian di game pertama, sehingga tidak memainkan Digimon Story Cyber Sleuth-pun kamu bisa memainkan Digimon Story: Cyber Sleuth Hacker’s Memory dengan nyaman.

Digimon Lebih Banyak

digimon story cyber sleuth

Dalam game Digimon, tentu poin yang paling seru adalah menangkap para monster tersebut, melatih dan merawatnya hingga mereka bisa berevolusi ke tingkatan yang lebih tinggi, dan pastinya digunakan dalam sebuah pertarungan.

Karena dalam game Digimon Story: Cyber Sleuth Hacker’s Memory, Digimon adalah salah satu poin penting dalam melakukan peretasan, maka kamu harus memiliki Digimon yang kuat dan siap bertempur.

Total ada 336 Digimon yang bisa kamu koleksi di game ini. Jumlah itu sudah ditambahkan 87 Digimon dari seri sebelumnya.

Detail Karakter dan Digimon yang Memukau

Sepertinya hal ini sudah menjadi hal yang pasti dan wajib, ya. Dalam versi PlayStation 4 dari Digimon Story: Cyber Sleuth Hacker’s Memory, detail dari karakter dan para Digimon dibuat sehalus dan sebaik mungkin, sehingga bisa memanjakan matamu. Sedangkan untuk versi PlatStation Vita, tentu menyesuaikan, ya.

Kekurangan

digimon story cyber sleuth

Seperti kebanyakan game Jepang lainnya, Visual Novel atau dialog antar karakter terasa sangat panjang, dan sedikit membosankan. Untungnya, cerita yang disajikan cukup seru dan membuat ingin melanjutkan.

Di awal permainan saja, mungkin kamu hanya disuguhkan tiga sampai empat pertarungan Digimon selama satu atau dua jam bermain (dengan gaya bermain yang santai), dan selebihnya lebih mengangkat Visual Novel dari dialog para karakter, yang mana kita juga bisa memilih jawaban yang akan kita berikan.


CONTINUE READING BELOW

Tewas Melulu, Inilah Kompilasi Kematian Leomon dari Berbagai Seri Digimon!

Nasib buruk selalu menimpa Digimon baik ini. Hampir di setiap kemunculannya, Leomon beserta variasinya mati. Inilah kompilasi kematian Leomon!


Kesimpulan

Untuk kamu semua para penggemar serial Digimon, tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, penulis sangat merekomendasikan game ini, di mana kamu bisa mengoleksi Digimon, sekaligus menjalani sebuah cerita yang seru.

Meskipun Visual Novel yang diberikan terasa membosankan, namun cerita yang disuguhkan sukses membuat penasaran, ditambah lebih banyak Digimon yang bisa dikoleksi, sampai 336 Digimon, lho!

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.