Mengerjakan Beberapa Karya Sekaligus? Lihat Tips Ini Dulu!

Jika kamu termasuk pengamat industri kreatif lokal, kamu tentu bisa menyebutkan beberapa nama kreator yang mengerjakan beberapa karya sekaligus. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mereka membagi mood? Simak beberapa tips berikut!

1516446635000

manajemen mood berkarya industri kreatif komikus sweta kartika

Jika kamu termasuk pengamat industri kreatif lokal, kamu tentu bisa menyebutkan beberapa nama kreator yang mengerjakan beberapa karya sekaligus. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mereka membagi mood? Simak beberapa tips berikut!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada beberapa kreator yang sanggup mengerjakan beberapa karya sekaligus. Di dunia perkomikan lokal, misalnya, kita bisa melihat orang-orang seperti Sweta Kartika, Annisa Nisfihani, dan Dini Marlina sebagai “kreator super” yang menggarap beberapa judul komik sekaligus.

Tidak semua kreator punya kemampuan seperti ini, lho. Sebagaimana yang telah kami paparkan di artikel sebelumnya, Alex Irzaqi yang punya kemampuan menggambar setara dengan Sweta Kartika pun tidak bisa multitasking sebagaimana rivalnya.

Hal itu tentu memancing pertanyaan bagi para kreator pemula: kok bisa mereka mengerjakan lebih dari satu karya? Bagaimana cara mereka membagi mood untuk mengerjakan beberapa karya sekaligus? Simak tips-tipsnya, yuk!

1

Tips Pertama: Atur Prioritas

Jika kamu mempunyai beberapa karya yang harus diselesaikan, kamu harus bisa mengatur prioritas pengerjaannya. Jangan semua karya dipikirkan dalam satu waktu yang sama. Kamu tentukan terlebih dahulu, mana yang lebih penting untuk diselesaikan duluan.

Maksudnya gimana tuh, gan?

Misalnya kamu punya karya A dan karya B. Dua-duanya harus kamu kerjakan karena sudah punya fanbase yang setia. Untuk mengatur prioritas dari kedua karya yang sama-sama penting tersebut, kamu bisa memikirkan beberapa opsi berikut:

  1. Mana karya yang paling mendekati deadline?
  2. Mana karya yang paling kompleks untuk dibuat?
  3. Mana karya yang fanbase-nya lebih galak?
  4. Tambahkan sendiri opsi pertimbanganmu …


CONTINUE READING BELOW

Berkarya Sambil Ngikutin Standar Orang Lain? Bikin Standarmu Sendiri!

Setiap orang yang berjiwa kreatif pasti punya tokoh idola yang mendorong mereka untuk semangat berkarya. Tetapi, baguskah kalau kita terlalu memaksakan diri menjadi "orang lain" demi berkarya?


Pertanyaan-pertanyaan semacam itu penting agar kamu bisa menilai karya mana yang punya bobot paling besar untuk diselesaikan terlebih dahulu. Jika kamu sudah bisa menentukan prioritas, maka menentukan penyelesaiannya akan lebih mudah.

2

Tips Kedua: Bagi Waktu

manajemen mood berkarya industri kreatif komikus sweta kartika

Sumber: Lynda

Bagi pemula, membagi waktu merupakan hal yang cukup sulit. Pasalnya, tidak semua orang punya kebiasaan multitasking. Bagi yang sudah terbiasa dikejar deadline kantor mungkin gampang, tetapi bagaimana dengan kreator muda yang belum terbiasa dengan sistem kejar tayang?

Tenang, susah bukan berarti mustahil. Untuk mengatasi masalah ini, kamu hanya perlu membiasakan diri dengan dasar-dasar manajemen waktu, salah satunya adalah membuat jadwal.

Katakanlah kamu punya tiga komikstrip, yakni komik A dengan genre romansa, komik B dengan genre aksi, dan komik C dengan genre horor. Bagaimana cara kamu menyelesaikan ketiga komik ini dalam satu minggu yang sama?

Membayangkan studi kasus di atas rasanya sudah pusing, bukan begitu? Tentu saja, hal itu karena kita membayangkan semuanya secara sekaligus, tetapi tidak mencoba merapikannya. Untuk mengatasinya, kamu perlu membuat penjadwalan.

manajemen mood berkarya industri kreatif komikus sweta kartika

Time Table untuk Belajar Mengatur Waktu. Sumber: Sumur Boto

Misalnya: komik A dikerjakan hari Senin, komik B dikerjakan hari Rabu, dan komik C dikerjakan hari Jum’at. Agar lebih tertata, kamu bahkan bisa menuliskan jadwal-jadwal tersebut di atas time table yang bisa dibeli di toko buku terdekat.

Selain efektif, pembagian waktu seperti itu juga bermanfaat agar kita lebih disiplin dan lebih konsisten dalam berkarya. Upaya ini akan mencegah terbengkalainya karya dan lautan WIP (Work In Progress).


Tips mengerjakan beberapa karya sekaligus belum selesai, masih ada tips penting di halaman selanjutnya!

TENTANG PENULIS
Subject 09 Lite

Subject 09 Lite adalah singkatan dari Subject 09 Literature. Kami menyediakan bahan bacaan bermanfaat untuk mendorong kreativitas para kreator lokal. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. www.subject09.web.id