Penampilan Gohan Mengecewakan di Universal Survival Saga? Ini 4 Alasannya!

Pada akhirnya, apakah penampilan Gohan mengecewakan selama Universal Survival saga? Menurut penulis sih iya. Inilah empat alasannya!

Pada akhirnya, apakah penampilan Gohan mengecewakan selama Universal Survival saga? Menurut penulis sih iya. Inilah empat alasannya!

Jalan Gohan di Dragon Ball Super termasuk sangat terjal. Tokoh yang sempat jadi protagonis utama saat Cell Saga ini menjadi begitu lemah, hingga dia sering kali tidak bisa membantu saat terjadi krisis penting.

Di beberapa kesempatan, bahkan Goten dan Trunks saja lebih berguna ketimbang dia.

Lalu Universal Survival saga datang. Menyambut turnamen tersebut, Gohan dibantu oleh Piccolo berhasil membangkitkan kembali potensi dalam dirinya. Goku bahkan begitu kagum pada anaknya, hingga ia menyerahkan posisi pemimpin Universe 7 ke Gohan.

Kejadian itu membuat Gohan langsung terasa akan menjadi karakter penting. Memang, para petarung lain yang direkrut Goku pun menunjukkan potensi besar. Termasuk 17, yang mampu beradu seimbang dengan Super Saiyan Blue Goku. (Meski dua-duanya sama-sama menahan kekuatan). Tapi hanya Gohan yang sampai diberi posisi pemimpin Universe 7.


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan Dragon Ball Super 124: Son Gohan Mengorbankan Diri?!

Penggemar Gohan sudah deg-degan dengan Dragon Ball Super 124 sejak judulnya diumumkan. Akankah Son Gohan benar-benar tereliminasi di episode ini?


Lalu Tournament of Power dimulai dan… ya… pada akhirnya, bisa dibilang penampilan Gohan mengecewakan.

Alasan lebih lengkap dari penulis bisa kamu baca di bawah ini. Tapi hati-hati spoiler!

SPOILER ALERT!!!

1

Dijadikan Pemimpin, Lalu Diabaikan

Salah satu kejutan setelah pertarungan seru Goku lawan Gohan adalah Goku menunjuk Gohan sebagai pemimpin Universe 7.

Penulis punya harapan besar dengan posisi Gohan ini. Terutama karena Tournament of Power dilakukan dengan format battle royale. Dalam kekacauan pertempuran, kepemimpinan yang baik bisa membawa pihak underdog meraih kemenangan.

Namun sejak awal turnamen, Gohan langsung diabaikan oleh sejumlah petarung Universe 7. Goku dan Vegeta, terutama, langsung meninggalkannya.

Gohan sendiri juga tidak berusaha untuk menegaskan posisinya sepanjang turnamen, dan cenderung membiarkan petarung lain bertingkah sesuka hati. Terutama setelah tim yang awalnya bersama Gohan mulai berpisah. Posisi pemimpin yang diserahkan Goku ke Gohan pun jadi terasa sia-sia.

Gohan masih tampil oke di turnamen, namun ia melakukan itu sebagai petarung yang sering kali harus beraksi solo, bukan pemimpin.

2

Tidak Diberi Kesempatan Bertarung Maksimal dengan Petarung Utama Semesta Lain

Hingga akhir, yang dieliminasi oleh Gohan adalah Botamo, Saonel, dan Pirina dari Universe 6, Obuni dari Universe 10, serta Aniraza dari Universe 3.

Dari semua nama itu, nama terbesar yang disingkirkan Gohan bisa dibilang adalah Aniraza. Makhluk itu pun dihadapi Gohan bersama petarung Universe 7 lain.

Obuni secara mengejutkan mungkin kuat, tapi pria yang satu itu bukan pemimpin dari Universe 10. Pemimpin semesta itu adalah Murichim, yang berhasil ditangani Frieza dengan mudah.


CONTINUE READING BELOW

Bukan Hiatus, Dragon Ball Super Tamat Maret! Sampai Ketemu Lagi, Goku?

Setelah sempat diduga hanya hiatus, update berita menyebutkan kalau Dragon Ball Super tamat maret! Tidak ada kelanjutan setelah Tournament of Power?


Botamo, Saonel, dan Pirina mungkin cukup merepotkan, tapi sekali lagi mereka bukan petarung utama Universe 6. Gohan tidak memiliki kesempatan untuk beradu skill dengan Caulifla, Kale, dan Hit, para petarung utama semesta tersebut.

Bahkan petarung Universe 11 yang pada akhirnya ia bantu eliminasi, Dyspo, bukanlah andalan utama Pride Troopers. Dia sempat beradu jotos dengan pemimpin Pride Troopers, Toppo, namun pertarungan itu tidak diperlihatkan dengan serius karena kalah sorotan dengan Vegeta-Goku lawan Jiren.

Kalau saja Gohan diberi kesempatan untuk melawan petarung utama semesta lain, seperti yang bolak-balik dilakukan Goku, atau seperti saat 17-18 melawan Kamikaze Fireballs, mungkin tidak ada keluhan penampilan Gohan mengecewakan.


Alasan lain penulis merasa penampilan Gohan di Universal Survival saga mengecewakan bisa kamu baca di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.