Di Manakah Eksistensi Ridge Racer yang Absen dari Konsol Saat Ini?

Ingatkah kalian dengan Ridge Racer terutama Type-4? Judul populer ini terasa menghilang dari jagad dunia game!

1516696237000

ridge racer

Absennya Ridge Racer saat ini membuat penggemarnya bertanya-tanya. Kenapa Ridge Racer hilang begitu saja? Apa yang membuat seri game balap ini harus absen dari konsol?

Dunia game balap saat ini sedang kehilangan salah satu pemain penting yang sudah hadir sejak tahun 1993. Ya, Ridge Racer yang kalian kenal selama ini pertama kali hadir melalui game arcade. 8 Tahun lamanya berada di arcade, game yang dikembangkan oleh Namco akhirnya sampai menuju konsol, yang pada akhirnya harus menghilang begitu saja.

Ridge Racer merupakan game balap yang sebelumnya dikembangkan oleh Namco untuk arcade. Jika dulu kalian pernah memiliki Playstation 1, maka kalian tentu pernah bermain dengan salah satu seri RR yaitu Type 4. Ya, eksistensi RR mulai dikenal oleh pemain konsol sejak era Playstation.

ridge racer type-4

Ingatkah kalian dengan game balap ini?

Saat ini, sudah ada 8 seri game RR yang dirilis untuk Playstation, beberapa diantaranya juga hadir di konsol lain seperti Gamecube dan XBOX. Mekanisme permainan yang ditawarkan juga cukup menarik karena Ridge Racer mengutamakan inisasi drift pada tikungan yang cukup tajam.

Menariknya, saat pemain melakukan drift, mobil-mobil tersebut terasa seperti berjalan diatas rel kereta, dan pemain hanya perlu menyeimbangkan seberapa lebar drift tersebut di tikungan. Tentu, kalian dapat melakukan drift dengan angle yang sangat lebar, namun kecepatan kalian akan berkurang sangat banyak.


CONTINUE READING BELOW

Wah, Pengembang Citra Umumkan Emulator Nintendo Switch!

Nintendo Switch memang masih belum capai umur setahun, namun tampaknya perkembangan terhadap exploit bagi konsol tersebut terus berkembangan. Bahkan, tim pengembang Citra 3DS baru saja umumkan emulator nintendo switch!


Kembali ke topik utama, pernahkah kalian menanyakan kemanakah Ridge Racer saat ini? Seri terakhir yang pernah dirilis di konsol saja hanya berakhir pada tahun 2012, sementara untuk segmen mobile sendiri Bandai Namco merilis Ridge Racer Draw & Drift. Dari pertanyaan tersebut, ada satu spekulasi yang dapat diambil dari beberapa sumber.

Unbounded, hadir sebagai seri terakhir untuk RR di konsol, menerima review yang dapat disimpulkan sebagai rata-rata. Ya, beberapa media besar menganggap seri ini cukup bagus karena mekanisme baru yang ditawarkan, namun banyak juga yang menyayangkan langkah yang diambil oleh Namco ini, termasuk penggemar beratnya.

ridge racer unbounded

Membuang ciri khas dari Ridge Racer, Unbounded hanya mengandalkan efek dan grafis sebagai daya tarik.

Mencoba sesuatu hal yang baru tentu bukanlah hal yang buruk, namun membuang ciri khas dari RR hanya untuk mencoba menggaet pemain baru merupakan pilihan yang buruk. Malah, Unbounded lebih terasa seperti BurnOut yang sama sekali bukan apa yang penggemarnya harapkan. Dan ini bukanlah satu-satunya masalah.

Ridge Racer di Vita yang dirilis pada 2011 dijadikan sebagai awal permasalahan pada seri RR. Bayangkan saja, dengan harga satu game penuh, pemain hanya diberikan konten yang lebih dapat disebut sebagai demo. Untuk membuka konten lainnya saja, kalian harus membuang uang hanya untuk membeli DLC. DLC yang ditawarkan juga tidak sedikit.

Saat ini, RR memang masih hadir di ponsel pintar, seperti Slipstream pada tahun 2013 dan Draw & Drift pada tahun 2016, namun sayangnya Draw & Drift sama sekali tidak terasa seperti RR yang kita kenal, malah lebih terasa seperti game murahan yang diberikan nama Ridge Racer untuk menarik pemain.

Tidak ada yang tahu kapan Bandai Namco akan kembali untuk mengejutkan para penggemarnya. Bamco bisa saja menghidupkan kembali seri ini, hanya jika mereka mau kembali membawakan Ridge Racer seperti yang kita kenal dulu.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.