Review Komik Bhurloka: Action-Horror Lokal yang Keren!

Fiksi bergenre horor memang selalu menarik untuk terus “digoreng”, khususnya di Indonesia. Munculnya komik action-horror berjudul Bhurloka menjadi salah satu tanda berjayanya genre horor di Nusantara. Lantas, seseru apa komiknya? Simak ulasan kami!

bhurloka ciayo comics horror kesurupan paranormal primbon

Fiksi bergenre horor memang selalu menarik untuk terus “digoreng”, khususnya di Indonesia. Munculnya komik action-horror berjudul Bhurloka menjadi salah satu tanda berjayanya genre horor di Nusantara. Lantas, seseru apa komiknya? Simak ulasan kami!

Bicara soal alam gaib memang tak akan ada habisnya. Apalagi, kehidupan kita ternyata mempunyai hubungan yang dekat dengan dimensi gaib. Mitos dan legenda akan tetap bergulir, tidak akan pernah lekang oleh waktu. Oleh karenanya, kisah-kisah seperti itu akan tetap “laku” di Indonesia.

Komik Bhurloka adalah salah satu contohnya. Komik yang mengambil genre horor, thrilleraction, dan misteri ini dibuat oleh Ai Shuma, seorang komikus yang sama misteriusnya dengan komik yang ia buat. Cerita berlatar di Provinsi Bali, sehingga kearifan lokalnya begitu terasa.

Yang menarik dari komik ini sebenarnya adalah bagaimana sang penulis mengemas komik menyeramkan menjadi tampak misterius dan membuat penasaran. Pacing-nya tidak terburu-buru, sehingga terasa seperti membaca Detektif Conan versi horor. Juga, terdapat aksi-aksi yang menyegarkan mata. Bhurloka berhasil menggabungkan semuanya.

Lantas, apa itu Bhurloka? Benarkah bahwa Bhurloka memberikan warna baru bagi genre action-horror lokal? Simak ulasan kami!

1

Bhurloka dan Berbagai Mitosnya

bhurloka ciayo comics horror kesurupan paranormal primbon

Sumber: CIAYO Comics

Komik Bhurloka bercerita tentang Indriya, seorang wanita yang mempunyai kemampuan spiritual sekaligus bertugas menyucikan arwah bergentayangan (Niraga) untuk kembali ke jalan seharusnya. Ia juga membasmi roh jahat (Nirjiva) sekaligus mengungkap kenyataan tragedi yang menewaskan ibunya 15 tahun silam .

Kasus demi kasus malah membawa Indriya ke perjalanan spiritual menegangkan. Ancaman terbesarnya berasal dari Nirjiva dan sekte manusia sesat.


CONTINUE READING BELOW

Review Komik Galaxin: Sukses Menggabungkan Budaya Gobak Sodor dan Cinta-cintaan!

Siapa yang menyangka bahwa cerita romansa ternyata bisa berkolaborasi dengan salah satu permainan klasik di Indonesia, Gobak Sodor? Nah, hal ini kebetulan direalisasikan di dalam sebuah komik komedi-romansa yang berjudul Galaxin.


Untuk mengungkap kasus-kasus berhubungan dengan Nirjiva, Indriya dibantu oleh Lingga dan Juna yang mempunyai kemampuan spiritual. Cerita sosok Indriya yang misterius namun elegan membuat kami semakin penasaran dengan kemampuan yang tak dimiliki oleh orang biasa.

Bhurloka juga merupakan salah satu cerminan budaya asli Indonesia, khususnya Provinsi Bali yang masih memercayai cerita-cerita mitos tentang roh dan arwah penghuni seluruh alam, baik udara, api, tanah, dan air.

Budaya Bali amat kental dalam komik Bhurloka, terutama pada doa-doa, salam, dan mantra yang diucapkan oleh Indriya dan tokoh lain seperti Juna. Hal ini mengingatkan kita pada penduduk Bali yang mayoritas berkeyakinan Hindu.

Bhurloka bukan sekadar komik horor, tetapi cerita yang juga sarat akan budaya lokal dan pesan kebaikan agar kita semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Dengan demikian, kita akan tetap dilindungi dari gangguan roh jahat.


Penilaian kami terhadap komik Bhurloka? Simak di halaman selanjutnya!

TENTANG PENULIS
Subject 09 Lite

Subject 09 Lite adalah singkatan dari Subject 09 Literature. Kami menyediakan bahan bacaan bermanfaat untuk mendorong kreativitas para kreator lokal. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. www.subject09.web.id