Auto Modellista, Game Balap Cel-Shaded yang Kurang Populer!

Game ini mungkin bisa disebut sebagai inspirasi dari Skid Rush atau Drift City, mengingat Auto Modellista merupakan game balap pertama yang mengadopsi teknologi grafis cel-shaded.

game balap cel-shaded

Percayakah kalian apabila Capcom dulunya pernah merilis game balap mobil dengan daftar mobil berlisensi? Perkenalkan, Auto Modellista adalah game balap cel-shaded yang dirilis untuk beberapa platform termasuk Playstation 2.

Grafis menawan namun kurang populer, itulah yang dihadapi oleh Capcom saat merilis game balap cel-shaded yang dinamakan Auto Modellista. Tampil dengan grafis ala 2D dengan 3D, game ini harus gagal di mata para gamer, bahkan review memberikan nilai yang biasa saja! Benarkah sebegitu buruknya?

Dikembangkan oleh Capcom, Auto Modellista merupakan langkah awal Capcom untuk coba menggebrak genre game balap. Dengan banyak pilihan mobil berlisensi dari Daihatsu Mira hingga Dodge Viper, ada lebih dari 50 pilihan mobil yang bisa kalian jajal, modifikasi hingga kustomisasi tampilan sesuka hati!

auto modellista

Grafik yang ditawarkan juga sangat menarik. Bisa dikatakan tampilan grafis yang ditawarkan sangat mirip dengan Skid Rush/Drift City Online, namun tentu saja Auto Modellista lebih cocok disebut sebagai pelopor game balap cel-shaded mengingat AM dirilis pada tahun 2002 sementara Skid Rush sendiri baru dirilis pada 2007.

Sisi gameplayAuto Modellista menerima banyak tamparan bagi media besar. Banyak yang menyayangkan kontrolnya terlalu sulit dan sangat tidak realistis saat menabrak dinding atau mobil lain. Tentu, ini merupakan percobaan pertama bagi Capcom, namun sebenarnya karakteristik dari handling yang diberikan tidak terlalu sulit, kok.


CONTINUE READING BELOW

Di Manakah Eksistensi Ridge Racer yang Absen dari Konsol Saat Ini?

Absennya Ridge Racer saat ini membuat penggemarnya bertanya-tanya. Kenapa Ridge Racer hilang begitu saja? Apa yang membuat seri game balap ini harus absen dari konsol?


Sedikit penyesuaian dan pengaturan yang tepat, hampir seluruh mobil bahkan untuk mobil real-wheel drive sekalipun dapat dikendarai dengan cukup mudah. Saat mencoba untuk belok mobil memang akan mulai kehilangan kendali, dan kesalahan sedikit saja bisa membuat mobil pemain berputar balik. Pemain terasa seperti ‘dipaksa’ untuk ekstra teliti dalam mengambil tikungan.

Banyaknya kritik mengenai kendali yang sulit dipercaya membuat Capcom menjadi pesimis untuk mengembangkan game balap. Bahkan, setelah Auto Modellista saja, Capcom hanya mengembangkan total tiga game yang bertemakan balapan, yaitu Group S Challenge dan dua MotoGP.

Hingga saat ini, tidak ada kabar mengenai Auto Modellista 2 atau bahkan Capcom yang akan mengerjakan game balap terbaru. Mungkin saja Capcom sudah kapok mengingat Auto Modellista dikritik habis-habisan. Saat ini, Auto Modellista dapat kalian mainkan di Playstation 2, XBOX atau Nintendo GameCube.

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.