Android 16 Memiliki Kisah yang Bisa Bikin Kamu Baper!

Kita sudah tahu bagaimana latar belakang Android 17 dan 18. Tapi bagaimana dengan masa lalu Android 16? Kisahnya mungkin bakalan membuatmu baper!

1516764613000

Kita sudah tahu bagaimana latar belakang Android 17 dan 18. Tapi bagaimana dengan masa lalu Android 16? Kisahnya mungkin bakalan membuatmu baper!

Ada banyak alasan kenapa manga Dragon Ball bisa dibilang sebagai salah satu manga terbaik sepanjang sejarah. Pertarungan super cepat dan keren, plot cerita yang sederhana tetapi seru dan menarik, serta sebuah bumbu rahasia.

Akan tetapi, berbicara mengenai plot cerita yang sederhana, tahukah kamu meski ceritanya sederhana tanpa banyak flashback dan drama, Dragon Ball memiliki karakter-karakter dengan backstory yang cukup mengharukan—terutama Android 16?

Dalam sebuah rubrik Dragon Ball Q&A dari seri manga berwarna Dragon Ball Full Color Androids/Cell Saga Volume 1 yang dirilis pada tahun 2014 lalu, terdapat beberapa informasi yang cukup menarik. Informasi tersebut menceritakan tentang backstory atau masa lalu dari setiap Android yang tidak sempat diceritakan di dalam manga.

Nah, untuk masa lalu Android 17 dan 18 sendiri kita sudah cukup tahu. Lalu, bagaimana dengan Android 16? Tokoh berbadan besar ini sangatlah misterius dan bahkan disebut sebagai ciptaan Dr. Gero yang gagal. Selain itu, dia juga memiliki sifat yang sangat berbeda dengan Android 17 dan 18 kala itu.

Akira Toriyama pun menceritakan kisah dibalik pembuatan Android 16 yang mungkin bakalan membuatmu baper. Begini cerita dari Akira Toriyama:

Anak laki-laki Dr. Gero yang telah lama meninggal digunakan untuk model dasar penampilan Android 16. Dia adalah seorang prajurit berpangkat tinggi di Red Ribbon Army tetapi ditembak mati oleh musuh.

“Android 16 sudah dianggap sebagai anaknya sendiri oleh Dr. Gero, dan meskipun memberikan persenjataan dan kekuatan yang besar pada Android 16, tetapi Dr. Gero tidak ingin melihatnya kalah dan dihancurkan di medan perang. Selain itu, dia juga memberikan sifat penyayang pada Android ini. Ciptaan yang satu ini dianggap oleh Dr. Gero sebagai ciptaan yang gagal.

Toriyama pun menambahkan komentar di luar balon dialog:

Apakah alasan kenapa Dr. Gero tidak ingin mengaktifkan Android 16 adalah karena tidak ingin melihat anaknya mati untuk kedua kalinya?

Ilustrasi dari sang Android sendiri diambil dari salah satu panel setelah Android 17 dan 18 melawan Vegeta, Piccolo, dkk. Saat itu, dia mengatakan bahwa pertarungan Android 17 dan 18 terlalu berisik sampai membuat para burung ketakutan. Hal ini benar-benar menggambarkan bahwa dia memiliki sifat yang halus dan mencintai alam.

Meskipun Dr. Gero adalah karakter yang jahat, dan kita tidak tahu bagaimana sifat dari anak laki-lakinya yang telah meninggal tersebut (meskipun ada indikasi bahwa sifatnya sama dengan Android 16), tentunya kita merasakan sedikit simpati kepada villain yang satu ini—terutama pada sang Android.

Belum lagi, Android 16 berjasa besar dalam menasehati Gohan saat melawan Cell. Dia mengatakan bahwa tidak ada salahnya untuk marah dan bertarung demi melindungi sesuatu yang penting. Sesaat sebelum dia dihancurkan oleh Cell, dia juga sempat berpesan kepada Gohan untuk melindungi alam yang dia cintai.

Hiks…

Share this article

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.