Setelah Miiverse, Nintendo Akan Tutup Miitomo

Setelah Miiverse, aplikasi MiiTomo akan mengalami nasib yang sama.

1516968657000

tutup miitomo

Ingatkah kalian dengan MiiTomo yang dulunya sempat ramai dibicarakan? Game yang dikembangkan oleh Nintendo ini kabarnya akan menerima nasib yang sama seperti MiiVerse. Benar, Nintendo akan tutup MiiTomo tahun ini.

Nintendo saat ini sudah melalui perjalanan panjang dalam mengembangkan game untuk ponsel pintar. Ingatkah kalian dengan game smartphone pertama dari Nintendo? Menggunakan karakter Mii, pemain dapat berinteraksi dengan Mii milik pengguna MiiTomo lainnya. Sayang, rendahnya jumlah pemain membuat Nintendo berencana untuk tutup MiiTomo.

Jika kalian tidak ingat dengan ‘game’ ini, MiiTomo merupakan game interaksi sosial di mana pemain dapat menciptakan karakter Mii, membuat berbagai macam foto hingga berinteraksi dengan karakter Mii pemain lainnya. Konsep ini terdengar cukup menarik, bahkan sebelum rilis saja banyak sekali penggemar Nintendo yang menunggu game ini.

Dirilis pada Maret 2016 lalu, game ini ternyata gagal menarik hati para penggemarnya. Bahkan, hype yang sebelumnya sangat ramai harus turun dengan drastis, meninggalkan hanya sejumlah userbase yang sangat minim. Hal ini tentu terasa sangat menyakitkan bagi Nintendo.

Dengan sedikitnya jumlah pengguna, tentu bagi Nintendo akan lebih logis jika mereka memutuskan untuk menutup MiiTomo. Dan benar saja, melalui situs resmi MiiTomo Nintendo mengkonfirmasikan bahwa mereka akan mematikan layanan untuk MiiTomo pada 9 Mei. Ini berarti MiiTomo sudah tidak dapat diakses lagi dimulai pada tanggal tersebut.


CONTINUE READING BELOW

[BREAKING] Kejutan! Nintendo Umumkan “Nintendo Labo!”

Lagi-lagi nintendo membuat kejutan! Nintendo umumkan Nintendo Labo, aksesoris dan kontroler yang bisa kiat buat sendiri!


Tercatat pada bulan ini, Nintendo telah mematikan opsi microtransaction untuk membeli MiiTomo coins, uang yang digunakan dalam game tersebut. Dan pada tanggal 9 Mei, seluruh hal yang berurusan dengan MiiTomo akan dihapuskan, seperti icon dan pakaian pada akun Nintendo kalian atau Super Mario Run.

Selain itu, saat ini pemain masih dapat menyimpan data dari karakter Mii yang telah diciptakan di dalam MiiTomo dengan menyambungkan game tersebut dengan akun Nintendo. Karakter seperti sidekick dapat kalian ambil dengan menyimpan karakter tersebut menggunakan fitur QR Code.

Kode tersebut dapat kalian pindai menggunakan Nintendo 3DS atau Nintendo Wii U untuk selanjutnya disimpan ke dalam konsol tersebut. Hal ini juga berlaku pada Mii yang telah kalian ciptakan.

MiiTomo mungkin sudah berdiri selama kurang lebih 2 tahun, namun memang sudah saatnya bagi Nintendo untuk tutup MiiTomo mengikuti Miiverse.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.