Superboy Prime, Satu Karakter Yang Mampu Mengalahkan Superman Seorang Diri!

Pasti sudah tahu dong kalau Superman itu sangat kuat. Superman mampu menahan semua anggota Justice League sendiri. Tetapi ada tidak sih mahluk yang lebih kuat dari Superman? Jawabannya: Superboy Prime!

Pasti sudah tahu dong kalau Superman itu sangat kuat. Superman mampu menahan semua anggota Justice League sendiri. Tetapi ada tidak sih mahluk yang lebih kuat dari Superman? Jawabannya: Superboy Prime!

Ada beberapa orang yang tidak bisa menerima karakter superhero dengan kekuatan yang sangat berlebihan. Sebagai contoh, Superman di film Justice League. Superman bisa mengalahkan Steppenwolf dengan begitu mudahnya dan dapat menahan semua anggota Justice League lainnya. Hal itu mungkin tidak masuk akal banget ya?

Namun, untuk beberapa pembaca komik dan penulis sendiri, kekuatan yang berlebihan kepunyaan Superman justru mempresentasikan Superman itu sendiri sesuai dari komiknya. Jadi, mungkin wajar saja jika seorang karakter fiksi superhero memiliki kekuatan yang sangat besar.

Terus, ada nggak sih mahluk yang lebih kuat dari Superman? Ada! Dan banyak! Salah satunya adalah Superboy Prime. Superboy Prime sendiri berasal dari Bumi yang berbeda dari Bumi-nya Superman yang biasa kita kenal.

Superboy Prime berasal dari Earth Prime. Earth Prime adalah salah satu bumi yang tercipta ketika multiverse tercipta. Earth Prime itu sendiri tidak memiliki banyak superhero seperti yang ada di Earth 1. Earth Prime hanya memiliki satu superhero, yaitu: Superboy Prime.

Karena sendiri di Earth Prime, Superman dari Earth 2 mengajak Superboy Prime untuk tinggal di Earth 2 dan menjadi bagian dari keluarga Superman di Earth 2 bersama Power Girl, Alexander Luthor dan Lois Lane. Namun semua itu berubah setelah terjadi Crisis on Infinite Earths.

Setelah Crisis on Infinite Earth, Earth yang tadinya terbagi-bagi di dalam multiverse malah menyatu menjadi satu. Ingatan beberapa superhero yang tadinya berasal dari Earth 2, Earth X dan Earth lainnya terhapus dan semua realita dari multiverse itu sendiri menjadi satu di Earth 1.

Dengan kata lain semua superhero multiverse DC berada di satu Earth, yaitu Earth 1!

Sayangnya, tidak semua superhero selamat dalam perubahan timeline tersebut. Beberapa karakter hilang keberadaannya dari timeline dikarenakan mereka tidak bisa hidup bersamaan dengan doppelganger-nya di Bumi yang sama.

Namun, Alexander Luthor, Superman, Superboy Prime dan Lois Lane membuat sebuah dimensi atau tempat di antara perpecahan multiverse itu. Jadi mereka semua tidak terhapus dari timeline.

Mereka semua menyaksikan selama bertahun-tahun apa yang terjadi di Earth 1. Menurut mereka semua, Earth 1 sudah tidak layak lagi untuk hidup di universe. Semua kejadian ini terjadi di Infinite Crisis.

Kejadian ini membuat Superboy Prime menjadi di luar kendali. Dirinya secara habis-habisan mengalahkan para superhero Earth 1 untuk menyukseskan rencananya bersama Alexander Luthor.

Superboy Prime mampu mengalahkan Martian Manhunter hanya seorang sendiri dan berhasil menghancurkan markas besar Justice League, The Watchtower.

Bahkan Superboy Prime saat bertarung dengan hampir seluruh superhero yang ada di Earth 1, dirinya masih bisa bertahan dan mampu membuat beberapa superhero mati.

Sampai-sampai para speedster seperti The Flash, Kid Flash, Johnny Quick, Max Mercury harus terpaksa membawa Superboy Prime ke dalam Speed Force untuk dikurung di dalam Speed Force selama-lamanya.

Namun, sayangnya rencana itu gagal. Superboy Prime mampu keluar dari Speed Force setelah beberapa jam dikurung. Yang menjadi perbedaan adalah sebenarnya dia sudah berada di dalam Speed Force selama bertahun-tahun, karena waktu di dalam Speed Force dan dunia nyata itu berbeda.

Saat di dalam Speed Force, Barry Allen mengurung Superboy dari Earth Prime di dalam sebuah dimensi dengan Red Sun di dalamnya. Red Sun/Matahari Merah memang dapat melemahkan kekuatannya, tetapi tidak ke titik terendah.

Yang dapat melemahkan manusia super ini hanyalah kryptonite yang berasal dari bumi asalnya, yaitu: Earth Prime. Sayangnya Earth Prime sudah menghilang setelah Crisis on Infinite Earths.

Superboy Prime

Untuk mengalahkan Superboy Prime, beberapa superhero Earth 1 bersama Superman Earth 2 harus bekerja sama membawanya ke galaksi yang memiliki Red Sun. Pertarungan ini juga dibantu oleh Green Lantern Corps. Bayangkan saja butuh segitu banyaknya superhero untuk mengalahkannya.

Dalam pertarungan terakhir melawan Superboy Prime, yang tersisanya hanya Superman Earth 1 dan Superman Earth 2. Kedua Superman ini harus bersusah payah mengalahkan Superboy Prime.

Untungnya, di saat-saat terakhir bantuan dari Green Lantern Corps datang dan berhasil mengurung Superboy Prime dengan construct para anggota Green Lantern Corps.

Superboy Prime akhirnya ditangkap dan dipenjara di dalam Red Sun dan berada dalam pengawasan Green Lantern Corps.


Kuat banget ‘kan Superboy Prime? Menurut kalian gimana? Kira-kira siapa ya yang dapat mengalahkan sang “Superman” dari Earth Prime ini seorang diri? Sampaikan pendapat kalian di kolom komentar ya!

Diedit oleh Snow

TENTANG PENULIS
abbiyuarsyah

Penggemar berat Hal Jordan Green Lantern. Lagi mencoba untuk jadi Comic YouTuber di https://www.youtube.com/AbbiyuarsyahID