Tahu Gak? Ternyata Ada Permintaan yang Tidak Bisa Dikabulkan Dragon Ball

Kalo minta jodoh buat para jomblo, dikabulin gak ya?

Tidak semua permintaan bisa dikabulkan Dragon Ball

Dragon Ball walaupun merupakan manga shonen yang menekankan pada pertarungan, namun pada dasarnya adalah petualangan mengumpulkan Dragon Ball. Jika kita mengingat kisah Dragon Ball pada awalnya merupakan petualangan Son Goku, Bulma, dan kawan-kawan untuk mengumpulkan Dragon Ball yang konon kita bisa melakukan permintaan untuk dikabulkan Dragon Ball. Bahwa nantinya terjadi pertarungan seharusnya adalah dampak dari petualangan pencarian Dragon Ball tersebut.

Walaupun Shenron menjanjikan untuk mewujudkan permintaan, namun tidak semua permintaan dikabulkan Dragon Ball. Hal ini karena kemampuan Shenron dibatasi oleh kemampuan penciptanya yaitu Kami-sama. Jika permintaan itu melebihi kemampuan Kami-sama, ia akan menolaknya dan menanyakan permintaan lainnya.

Di luar keterbatasannya, Dragon Ball sendiri memiliki jangkauan permintaan yang luas. Sebut saja seperti memberikan celana dalam seperti yang diminta Oolong, menghidupkan orang mati, hingga hidup abadi.

Berikut adalah permintaan yang tidak bisa dikabulkan Dragon Ball. Tentu saja yang dibahas di sini adalah Dragon Ball Bumi di mana dewa naganya adalah Shenron, dan Dragon Ball Namek dengan dewa naga Porunga. Mengingat Super Dragon Ball konon bisa mengabulkan permintaan apa pun.

Menghidupkan orang yang mati alami.

Dragon Ball memang bisa menghidupkan yang telah mati, namun tetap ada syaratnya. Kematian yang dihidupkan kembali adalah kematian yang dipaksakan, misalnya mati karena terbunuh, atau planet meledak. Namun Dragon Ball tidak bisa menghidupkan orang yang mati alami, misalnya karena usia atau karena penyakit mematikan.

Contoh permintaan menghidupkan orang mati yang dibatalkan adalah menghidupkan kembali Son Goku yang mati terkena serangan jantung akibat virus di timeline Future Trunks. Karena ia mati oleh penyakit, Son Goku tidak bisa dihidupkan kembali sehingga ia tidak pernah melawan serangan Android.

Dragon Ball juga tidak bisa menghidupkan kembali Grand Elder Guru dari Namek karena usia yang telah tua. Ia hidup kembali karena ulah Frieza yang membunuh anak-anaknya membuatnya stres dan mempercepat kematiannya. Ia jadi sempat hidup beberapa saat, sebelum usia lanjut mengakhiri hidupnya.

Menghidupkan orang yang tidak mau hidup kembali

Ketika Cell saga berakhir, kita ketahui bahwa Son Goku terbunuh karena ledakan bunuh diri dari Cell. Karena itu semestinya Son Goku bisa dihidupkan kembali oleh Dragon Ball. Namun ia (arwahnya) menolak dihidupkan kembali karena ingin leluasa berlatih di akhirat. Jika orangnya tidak mau dihidupkan kembali, maka Dragon Ball pun tidak bisa menghidupkannya.

Merubah Iklim

Salah satu asal usul kedatangan Piccolo ke Bumi adalah karena tadinya ia tinggal di Planet Namek. Namun suatu ketika Planet ini mengalami perubahan iklim hingga menewaskan kehidupan di Planet ini. Piccolo menjadi salah satu Namekian yang mengungsi saat perubahan iklim terjadi, sayang pesawat yang ia kendarai rusak sehingga ia datang dengan informasi yang minim.

Perubahan iklim ini sendiri tidak bisa diubah oleh Dragon Ball karena perubahan iklim adalah sesuatu di luar kemampuan penciptanya, dalam hal ini adalah Grand Elder Guru untuk Dragon Ball di Planet Namek. Sehingga nasib Namekian saat perubahan iklim terjadi tidak jauh seperti nasib pengungsi sebagaimana mestinya.

Menghidupkan kembali Android 16

Dalam hal ini terdapat ketidakkonsistenan dari Akira Toriyama, sehingga kemungkinan teori ini bisa tidak berlaku.

Pasca Cell Saga, Android 17 dan Android 18 hidup kembali, namun tidak dengan Android 16. Konon ini karena Android 16 merupakan robot murni, tidak seperti Android 17 dan Android 18 yang separuh manusia.

Hal ini dikarenakan teknologi android sepertinya di luar kecerdasan Dewa, maka Android 16 tidak bisa hidup kembali.

Namun hal ini tidak konsisten dengan hidup kembalinya Arale dan Android 8. Walaupun mereka sama-sama murni robot, namun mereka tetap bisa hidup kembali misalnya setelah Bumi dihancurkan oleh Buu. Jadi manakah yang benar?

Mencari Super Dragon Ball

Salah satu usaha Bulma dan kawan-kawan mencari Super Dragon Ball adalah dengan memanggil Shenron. Namun alam semesta ini terlalu luas untuk Shenron bahkan ia tidak mengetahui keberadaan Super Dragon Ball. Selain itu hal yang berada di luar semesta tempat ia berada, dalam hal ini di luar Universe 7, merupakan di luar kekuasaan Shenron.

Membunuh orang yang lebih kuat dari penciptanya

Saat Saiyan saga, sempat tersirat untuk meminta Dragon Ball untuk membunuh Vegeta dan Nappa. Namun hal ini tidak bisa dilakukan karena Vegeta dan Nappa lebih kuat dari pencipta Dragon Ball, yaitu Kami-sama

Hal ini membuat permintaan membunuh orang jadi sulit dikabulkan, mengingat Dewa selanjutnya adalah Dende yang tidak pernah menggunakan kekuatannya untuk bertarung.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin