Kenapa Pesawat Terbang Berwarna Putih? Ini Dia Alasannya!

Apa kamu bisa menebak alasannya?

pesawat terbang berwarna putih

Jika Kamu perhatikan, mayoritas pesawat terbang memiliki warna yang identik, yakni putih. Ternyata ada sebuah alasan di balik ini lho. Jadi, kenapa pesawat terbang berwarna putih?

Banyak alasan yang melatarbelakangi kenapa kebanyakan pesawat terbang komersil memiliki warna putih. Alasan pertama mungkin tergolong unik. Pasalnya, warna putih memiliki sifat yang berbeda ketimbang warna lain. Dalam sebuah penelitian, warna putih bisa memantulkan sinar matahari. Alhasil, suhu pesawat tidak terlalu panas meskipun berada di atas langit.

”Alasan utama mengapa pesawat dicat putih atau warna terang selain untuk memantulkan sinar matahari adalah untuk meminimalisasikan panas dan potensi kerusakan dari radiasi solar,” jelas R. John Hansman, Professor Aeronautika dan Astronautika.

Selain itu, warna putih juga memudahkan para teknisi dalam mendeteksi kerusakan di bagian badan pesawat. Contohnya seperti adanya penyokan sampai tumpahan minyak. Alhasil, kerusahan tersebut bisa langsung ditangani dan meminimalisir risiko ketika pesawat tersebut melakukan perjalanan udara.

Pesawat terbang berwarna putih juga bisa menghindari tabrakan dengan burung lho. Jika Kamu tak mengetahui, burung merupakan salah satu penyebab dari banyaknya kerusakan pesawat yang bahkan dapat membuat kecelakaan fatal.

Kejadian ini biasa disebut dengan bird strike dan mayoritas terjadi di ketinggian rendah, pada saat pesawat lepas landas atau mendarat. Meskipun jika dibandingkan ukuran burung sangat kecil ketimbang pesawat, namun andai ditabrak dengan kecepatan tinggi, pesawat terbang bisa penyok. Bisa juga ceceran darahnya menutupi windshield dan menghalangi pandangan ke depan.

Untuk itu, pesawat terbang berwarna putih atau cerah dapat dideteksi oleh burung yang sedang terbang. Hal ini seperti yang diungkap dalam penelitian Amerika Serikat dalam jurnal Human-Wildlife Interactions pada 2011.

Alasan terakhir, dengan pesawat dibiarkan polos berwarna putih, artinya perusahaan tak perlu tambahan dana untuk mendesain pesawat dengan berbagai macam warna. Misalnya butuh utuh 454 liter cat untuk mewarnai pesawat tipe 747. Dana yang dikeluarkan pun bisa mencapai 1 miliar rupiah.


CONTINUE READING BELOW

Mengenal Lebih Jauh Marion Jola Lewat 5 Fakta Berikut Ini. Termasuk Video Fenomenalnya!

nama Marion Jola mendakak menjadi perbincangan banyak orang. Sebenarnya siapa wanita pemilik suara seksi ini? Berikut 5 fakta Marion Jola yang mungkin tak banyak diketahui orang.


Lantas, apakah semua pesawat terbang diwajibkan untuk berwarna putih? Civil Aviation Authority mengatakan tidak ada aturan khusus kalau semua pesawat udara harus berwarna putih. Terlebih tampilan pesawat bakal cendrung memudar ketika terkena oksidasi dari waktu ke waktu.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca