5 Alasan Game AAA Butuh Lebih Banyak Jagoan Wanita

Harus ada emansipasi wanita di dunia game!

1517386218000
Game AAA butuh lebih banyak jagoan wanita

Source: Disqus

“Dunia game memang selalu dikuasai oleh lelaki.” Ungkapan tersebut memang benar adanya. Akan tetapi saat ini sudah banyak wanita yang ikut serta dalam video game, bahkan sudah banyak karakter wanita yang dijadikan jagoan utama juga dalam sebuah game. Tapi sepertinya game AAA  butuh lebih banyak Jagoan wanita.

Yang namanya dunia game memang selalu dikuasai oleh para pria. Maklum saja, mayoritas yang doyan game memang banyak dari kaum laki-laki. Tapi tidak jarang juga ada perempuan yang doyan bermain game.

Maskulinitas di dunia game juga berimbas pada pemilihan karakter atau gender yang ada di dunia game. Banyak dari jagoan-jagoan game berjenis kelamin laki-laki, sebut saja Nathan Drake, Dante, Max Payne, Agen 47, Geralt, dan Ezio. Beberapa nama tersebut adalah laki-laki yang jadi jagoan di gamenya masing-masing.

Tapi beruntung karena saat ini sudah banyak karakter wanita yang menjadi jagoan game, meskipun harus diakui memang masih sangat sedikit. Beberapa wanita ini tampil ciamik di game masing-masing. Bukan hanya mengandalkan kecantikan dan keseksian, para karakter wanita ini juga punya kemampuan yang layak lho sebagai jagoan game.

Duniaku.net kali ini tertarik untuk membahas soal alasan mengapa Game AAA butuh lebih banyak Jagoan wanita. Akan banyak sekali yang kita bahas untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mungkin dengan adanya artikel ini bisa menggugah para developer untuk membuat lebih banyak jagoan wanita di dalam sebuah game, hahaha.

Yuk, langsung saja kita bahas alasan mengapa game AAA butuh lebih banyak jagoan wanita. Cekidot.

1

Sensasi Berbeda

Source: Arstechnica

Sensasi yang beragam adalah alasan pertama mengapa game AAA butuh lebih banyak jagoan wanita. Tidak bisa dipungkiri bila wanita bisa membuat perasaan yang berbeda ketika dijadikan tokoh utama. Kita akan memiliki rasa simpatik tinggi dan selalu penasaran dengan apa yang terjadi.

Melihat Nathan Drake bergelantung setelah habis dikejar helicopter merupakan hal yang biasa. Akan tetapi melihat Lara Croft dengan kejadian serupa pasti akan lebih membuat kita merasa berbeda. Atmosfer permainan juga lebih beragam bila seorang wanita dijadikan protagonis utama.


CONTINUE READING BELOW


Selain itu memainkan karakter seperti Nadine dan Chloe di Uncharted the Lost Legacy juga mampu memberikan pengalaman baru. Bahkan kerennya, kedua karakter wanita ini bisa melakukan banyak hal seperti apa yang telah Nathan Drake lakukan.

Selain itu, menjadikan wanita sebagai jagoan utama juga membuktikan bahwa wanita bukan hanya jadi objek kekerasan saja, namun juga membuktikan bahwa wanita itu makhluk yang kuat dan juga cerdas tentunya.

Selain itu, menjadikan wanita sebagai jagoan utama juga membuat bermain game semakin asyik. Setidaknya itulah yang saya alami ketika memainkan game Batman Arkham City dengan jagoan utama, Cat Woman.

2

Inspiratif

Source: eTeknix

Wanita sering menjadi sosok inspiratif, bahkan di dunia game sekalipun. Karakter wanita yang dijadikan jagoan utama dalam sebuah game tentu saja memiliki porsi besar untuk beraksi. Terlebih lagi bila game tersebut merupakan game aksi misalnya seperti Tomb Raider.

Salah satu penulis di situs Game Skinny secara terang-terangan bahwa dirinya sangat terinspirasi dari keteguhan seorang Lara Croft dari serial Tomb Raider. Bermain game di usia delapan tahun membuatnya berkenalan dengan Lara (tentunya setelah dia main Tomb Raider ya).


CONTINUE READING BELOW


Lara memiliki ciri sebagai karakter yang tangguh, mandiri, cantik, dan lihai dalam bertarung ini membuat si penulis bercita-cita ingin seperti Lara bila sudah dewasa. Maklum saja, zaman dulu memang harus diakui bahwa Lara Croft merupakan satu dari sedikit karakter wanita di game yang namanya melambung.

Mungkin di luar sana banyak juga yang terinspirasi dengan seorang wanita yang berasal dari tokoh utama video game. Inilah salah satu mengapa game AAA butuh lebih banyak jagoan wanita guys.

Inspirasi jagoan wanita (dalam hal positif tentunya) juga sangat penting untuk para gamer muda khususnya para gamer wanita. Mereka bisa melakukan hal-hal baik dari karakter-karakter game yang ada.

Nah, selanjutnya ada faktor-faktor apalagi ya yang membuat game AAA harus memperbanyak wanita sebagai karakter utama? Langsung saja guys pindah ke halaman selanjutnya.

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!