Kapan Gerhana Bulan Total? Ini Waktu Terbaik untuk Melihatnya!

Jika Kamu penasaran kapan gerhana bulan total akan terjadi, berikut ini waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena alam super langka ini.

kapan gerhana bulan total

Jika Kamu penasaran kapan gerhana bulan total akan terjadi, berikut ini waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena alam super langka ini.

Tepat tanggal 31 Januari 2018, akan terjadi sebuah fenomena langka yang tentunya jangan sampai Kamu lewatkan, yakni gerhana bulan total atau super blue blood moon. Fenomena ini sangat spesial karena mengombinasikan tiga fenomena alam secara bersamaan, yaitu blue moon (bulan biru), super moon (bulan super besar) dan total lunar eclipse (gerhana bulan total). Kejadian ini pun hanya bisa Kamu saksikan kembali dalam kurun waktu 152 tahun.

Untungnya, tak seperti gerhana matahari pada tahun lalu yang hanya bisa dilihat di beberapa lokasi saja, gerhana bulan total ini bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia dan berlangsung selama 77 menit.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan jika waktu proses gerhana akan mulai secara bersamaan dengan terbitnya bulan di beberapa lokasi seperti Sumatera, bagian timur Jawa Tengah, bagian barat Jawa Timur hingga sedikit bagian di Pulau Kalimantan.

Lantas kapan gerhana bulan total bisa disaksikan secara sempurna? Untuk Kamu yang berada di wilayah Indonesia bagian barat, berikut ini fase-fase terjadinya gerhana bulan total.

  • Awal gerhana parsial terjadi pada 18:48 WIB
  • Awal gerhana total terjadi pada 19:52 WIB
  • Puncak gerhana terjadi pada 20:30 WIB
  • Akhir totalitas terjadi pada 21:08 WIB
  • Akhir gerhana terjadi pada parsial 22:11 WIB.

Untuk melihat lebih jelas, bagi Kamu yang berdomisili di Jakarta dan Bandung, ada dua tempat yang mengadakan kegiatan peneropongan umum yakni Planetarium Jakarta, Plaza Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat dan Kantor Pusat Sains Antariksa LAPAN, Jalan Dr. Djundjunan No.133 Bandung.


CONTINUE READING BELOW

5 Mitos Mengerikan Gerhana Bulan Total dari Penjuru Dunia!

Gerhana bulan total atau super blue blood bakal terjadi di Indonesia dan beberapa negara di dunia. Meskipun itu merupakan fenomena alam langka, tapi masih banyak orang yang mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Contohnya seperti mitos gerhana bulan total berikut ini.


BMKG juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai untuk tetap berhati-hati. Pasalnya, fenomena gerhana bulan total akan berdampak terhadap dinamika pasang air laut. Hal ini dikarenakan tarikan gravitasi antara bumi dan bulan.

Nah sekarang Kamu sudah tahukan kapan gerhana bulan total dan waktu yang tepat untuk menyaksikannya.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca