5 Perusahaan yang Seharusnya Diakusisi Microsoft untuk Masalah Eksklusivitas Xbox!

Ini dia 5 publisher atau developer game yang seharusnya diakusisi Microsoft yang bisa membantu masalah eksklusivitas Xbox One!

1517733054000

Untuk mendominasi pasar konsol game, Microsoft memang harus berusaha menggandeng beberapa pengembang atau penerbit yang berpotensi. Tak harus yang telah memiliki nama besar, terkadang studio baru pun bisa berpotensi untuk mewujudkan hal tersebut dan bahkan mereka juga bisa membantu Microsoft menyelesaikan masalah eksklusivitas Xbox secara instan.

1. EA, Valve, dan perusahaan game besar lainnya

diakusisi microsoft

Sumber: ExtremeTech

Mungkin beberapa dari kalian telah mendengar kabar bahwa Electronic Arts dan Valve adalah dua perusahaan yang telah dipertimbangkan untuk diakusisi Microsoft.

Pertanyaan yang muncul adalah buat apa Microsoft ingin mengakusisi perusahaan seperti EA? Tentu jawabannya adalah mereka akan langsung memiliki beberapa game populer yang bisa memberikan Xbox One beberapa “amunisi” yang sangat dibutuhkan untuk bersaing dengan Sony dan Nintendo di konsol eksklusif.

Namun, yang menjadi kendala besar untuk Microsoft adalah nilai yang pastinya selangit dan masalah potensial dengan lisensi, di mana Disney dan NFL bekerja sama dengan EA yang semuanya akan menjadi rintangan serius yang perlu dipikirkan.

Apabila pada akhirnya EA berhasil diakusisi Microsoft, game seperti Anthem, Dragon Age, Mass Effect, Star Wars, Madden, dan FIFA bisa menjadi game eksklusif Xbox One atau konsol masa depan mereka merupakan hal yang fantastis dan bakal keren banget!

Perusahaan seperti Ubisoft mungkin bakal lebih mudah diakusisi Microsoft, di mana itu akan memberi akses Microsoft ke waralaba seperti Watch Dogs, Far Cry, Assassin’s Creed, dan Just Dance. Mungkin tidak beragam seperti yang bisa ditawarkan oleh EA, tapi bagi sebagian orang, lineup itu mungkin lebih menarik.

Ada beberapa penerbit besar lainnya seperti Activision-Blizzard, 2K Games, Bethesda yang bisa saja diakusisi Microsoft. Tapi kembali lagi secara logis akan sangat sulit untuk menariknya karena alasan yang sama.

Nah, untuk itu dalam daftar perusahaan selanjutnya yang seharusnya diakusisi Microsoft ini kami akan sedikit menurunkan levelnya ke penerbit atau pengembang kelas menengah.

2. SEGA

diakusisi microsoft

Sumber: SEGAbits

Sedikit kembali ke masa lalu ketika Dreamcast menjadi salah satu produk gagal, dan sebelum Microsoft secara resmi memasuki pasar konsol game dengan Xbox, bisa saja perusahaan mempertimbangkan untuk mengakusisi SEGA.

Ini akan memungkinkan mereka untuk segera memiliki perusahaan yang bisa memproduksi hardware di bawah bendera mereka, tanpa harus benar-benar menghabiskan uang untuk memproduksinya sendiri. Tapi kenyataannya memang tidak pernah terjadi.

Dan di tahun 2018 ini, jika memang benar Microsoft tertarik untuk mengakusisi salah satu perusahaan game, tentu masih masuk akal jika mereka memilih SEGA. SEGA mungkin merupakan salah satu IP yang paling beragam dan paling dicintai dari penerbit manapun.

Game SEGA memiliki daya tarik tidak hanya di wilayah Jepang (wilayah yang menjadi kekhawatiran Microsoft), tapi juga di Amerika Serikat, Eropa, dan seluruh dunia juga.

Mereka akan memiliki maskot yang diakui secara internasional lewat Sonic, JRPG seperti Atlus, MMO Phantasy Star Online untuk negara-negara berbahasa inggris yang telah mengemis selama bertahun-tahun untuk mendapatkan versi Inggrisnya, dan semua IP retro klasik yang siap membuat para fan bernostalgia.

SEGA telah melakukan banyak hal sejak kegagalan komersial Dreamcast untuk membangun kembali reputasinya dan menjadi penerbit yang stabil dan terhormat. Jika Microsoft bisa menemukan cara untuk membuat properti SEGA eksklusif untuk Xbox One dan yang lebih baru, tentu itu merupakan sebuah pencapaian dan pukulan telak yang besar bagi para kompetitornya!

Sama seperti penerbit lain dalam daftar ini, bagaimanapun juga untuk mengakusisi SEGA yang telah menjalin kemitraan erat dengan Nintendo membutuhkan dana yang cukup besar.

Memang terdengar gila, tapi seperti yang kita ketahui Microsoft dalah satu dari sedikit perusahaan di luar sana dengan kekayaan yang cukup untuk mewujudkan hal seperti ini.


CONTINUE READING BELOW

Inilah 5 Prediksi Industri Game yang Bakal Terjadi di Tahun 2018!

Gebrakan apa saja yang akan dilakukan oleh para pelaku industri game di tahun 2018? Apakah industri akan tumbuh lebih cepat ketimbang tahun 2017?



Apakah eksklusivitas Xbox memang benar-benar dibutuhkan oleh Microsoft? Masih ada beberapa penerbit atau pengembang lagi nih yang seharusnya diakusisi Microsoft. Siapa saja? Yuk langsung buka halaman 2.

TENTANG PENULIS
era