SD Card Sebagai Memori Utama Xiaomi? Bisa, Begini Caranya!

Memori internal pada ponsel Xiaomi kalian sesak? Tenang, kalian bisa menggunakan SD Card!

1517747448000

Saat ini, Xiaomi sudah bisa disebut sebagai satu alternatif ponsel pintar yang ramah di kantong namun tetap hadir dengan spesifikasi yang garang. Namun, permasalahan pada Memori Utama Xiaomi terkadang membuat para calon pembelinya mundur.

Dengan harga yang murah, tentu akan ada satu atau dua hal yang harus dikorbankan. Untuk beberapa model, masalah pada memori utama Xiaomi umumnya dijadikan acuan beberapa pengguna dalam membeli ponsel pintar ini. Memori internal yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam file sangatlah penting, mengingat pada masa modern ini saja ukuran game semakin membengkak.

Satu solusi yang dapat digunakan untuk melegakan memori internal adalah dengan memanfaatkan slot untuk SD Card yang disediakan oleh Xiaomi. Dengan fitur apik ini, memori internal tidak perlu disesakkan dengan banyaknya video atau musik yang disimpan, cukup dipindahkan saja menuju SD Card tanpa harus memaksakan memori utama Xiaomi!


CONTINUE READING BELOW

Review DEVILMAN Crybaby: Buas, Brutal, dan Penuh Gaya

Sutradara anime kondang Masaaki Yuasa kali ini menyajikan sebuah tontonan yang buas, brutal, dan erotis lewat DEVILMAN Crybaby. Apakah anime ini sebagus manganya? Simak ulasannya di sini!


Sayangnya, walaupun telah diisi oleh SD card, ponsel pintar milik Xiaomi terkadang tidak melakukan perubahan ruang memori yang diinginkan oleh penggunanya. Hasilnya, ada saja pengguna yang mengeluhkan SD card mereka tidak terbaca oleh perangkat. Tentunya, hal ini terasa mengesalkan, bukan?

Umumnya, setiap SD card yang baru dapat dibaca oleh perangkat apapun, kecuali jika memang ada kesalahan dalam pemasangan atau SD Card tersebut dikategorikan sebagai rusak dari pabrik atau defect. Jangan terburu-buru menyalahkan sistem di dalam perangkat kamu tersebut, masih ada solusi untuk memperbaiki permasalahan ini!

memori xiaomi

Sumber: HardwareZone

Kamu cukup melakukan beberapa langkah agar SD card dapat dijadikan sebagai pilihan memori utama dari perangkat pintar. Hal itu juga akan menjadikan ruang di memori internal perangkatmu sebagai pilihan sekunder untuk melegakan storage tersebut.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, kamu cukup pergi ke opsi setting atau pengaturan. Setelahnya, additional setting atau pengaturan tambahan menyimpan pengaturan yang dicari. Di dalamnya, kamu akan melihat opsi storage atau penyimpanan.

Setelahnya, geser layar ke bawah hingga kamu menemukan storage setting atau pengaturan penyimpanan. Nah, saat kamu telah sampai di pilihan tersebut, nantinya kamu akan disuguhkan dengan beragam aktivitas dengan kebutuhan penyimpanannya.

Pilihan aktivitas smartphone di dalamnya adalah Backup, Camera, Gallery, Radio, Music dan Themes. Masing-masing dari aktivitas atau aplikasi tersebut dapat diatur ruang penyimpanannya jika diinginkan. Untuk menggunakan SD card, External Memory merupakan pilihan yang wajib ditekan. Sementara itu, jika kamu ingin menggunakan memori internal, maka pilihlah Internal Memory.

Satu hal yang wajib diingat adalah menggunakan SD card belum tentu membuat memori internal kamu lega. Karena, sistem default Android masih membutuhkan memori utama Xiaomi agar aktivitas smartphone berjalan dengan lancar.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.