Kenapa Kebanyakan Orang Korea Bernama Kim, Lee, dan Park? Ini Dia Penjelasannya!

Apakah orang Korea itu enggak kreatif dalam membuat nama? Oh tunggu dulu, pasalnya ada alasan historis mengapa banyak orang Korea bernama Kim, Lee, dan Park.

1517886627000

Apakah orang Korea itu enggak kreatif dalam membuat nama? Oh tunggu dulu, pasalnya ada alasan historis mengapa banyak orang Korea bernama Kim, Lee, dan Park.

Kim Tae Ha, Kim So Hyun, dan Kim Wo Bin. Selain mereka adalah seorang aktor, persamaan lain dari ketiga orang tadi yaitu mereka punya marga Kim. Begitu pula dengan Park Shin Hye, Park Hae Jin, dan Park Hyung Sik yang memiliki marga Lee.

Kim, Lee, dan Park memang menjadi nama yang paling populer di Korea Selatan. Bahkan hampir setengah populasi negara Ginseng, didonimasi oleh tiga nama marga tersebut. Padahal, marga di Korea bukan itu saja lho. Masih ada Ahn, Byun, Han, Dang, atau Jang. Lantas, apa yang melatarbelakangi marga Kim, Lee, dan Park sangat dominan di Korea?

Untuk mengetahui jawabannya, Kita harus mundur jauh ke era sebelum tahun 1000 masehi, yakni saat dinasti Goryeo. Raja Korea Wang Geon membuat peraturan untuk memberikan nama marga pada para bangsawan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui mana anggota yang memiliki garis keturunan dengan raja.

Bagi mereka yang tidak memiliki hubungan apapun dengan kerajaan, masih bisa untuk mendapatkan nama marga. Caranya adalah dengan mengikuti ujian pegawai negeri sipil demi meningkatkan derajat keluarga. Bagi siapa saja yang berhasil lolos ujian tersebut, mereka berhak memakai nama keluarga di depan dan dicatat dalam buku silsilah.

Orang Korea bernama Kim, Lee, dan Park pun menjadi penanda jika orang tersebut adalah anggota kerajaan dan tidak boleh digunakan oleh rakya biasa. Namun seiring berjalannya waktu, tepatnya saat masa Dinasti Joseon pada abad 19, sistem kasta dihapuskan. Hingga akhirnya pada abad 20, seluruh penduduk memiliki nama keluarga.

Akibatnya, warga Korea dari kalangan bawah berlomba-lomba untuk memiliki marganya sendiri. Marga Kim, Lee, dan Park pun menjadi pilihan favorit, karena mereka bakal dianggap memiliki keturunan dengan raja atau bangsawan.


CONTINUE READING BELOW

Inilah 6 Artis Korea dengan Lesung Pipi yang Sanggup Melelehkan Hati Wanita!

Berbicara lesung pipi, kira-kira siapa saja ya artis Korea dengan lesung pipi paling manis? ini dia enam daftarnya! Apakah ada aktor favoritmu?


Tahukah Kamu berapa banyak orang yang memiliki nama Kim, Lee, dan Park di Korea sekarang? Lalu apakah seseorang yang memiliki marga yang sama diperbolehkan untuk menikah? Simak ulasannya di halaman kedua

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca