Cara Masuk Surga adalah Dengan Menjadi Orang Jahat Seperti Iblis!

Setidaknya, itulah yang diceritakan di Dragon Ball… :p

1517985018000

Seri Dragon Ball mengajarkan kepada kita bahwasanya cara masuk Surga adalah dengan menjadi orang jahat!

Konsep baik dan jahat sudah diajarkan semenjak dulu kala. Normalnya, dalam ajaran setiap agama, cara masuk surga adalah dengan menjadi orang baik—berbuat baik terhadap sesama, rela berkorban, apalagi rela dijadikan meme seperti kak Seto. Sebaliknya, jika kita melakukan perbuatan jahat seperti menulis Kids Jaman Now yang tidak sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia maka kita akan masuk neraka.

Akan tetapi, konsep tersebut sepertinya berlaku sebaliknya di sebuah serial animanga karya Akira Toriyama, Dragon Ball. Karena sepertinya, cara masuk surga dalam serial tersebut adalah dengan menjadi orang jahat—lho, kok?

Tidak percaya? Coba kamu tonton kembali anime atau membaca manga Dragon Ball saat ceritanya sudah memasuki Majin Buu Saga. Di situ, diceritakan bahwa Goku sedang bertanya kepada King Yenma, sang hakim di akhirat, mengenai keberadaan Gohan yang Goku kira telah tewas. King Yenma pun mengatakan bahwa dia tidak mendapati Son Gohan di akhirat.


CONTINUE READING BELOW

4 Penjahat Dragon Ball yang Pernah Diselamatkan oleh Goku!

Ada banyak penjahat yang muncul dalam seri Dragon Ball. Tapi hanya 4 penjahat Dragon Ball ini saja yang pernah diselamatkan oleh Goku! Siapa sajakah mereka?


Akan tetapi, panel berikutnya memperlihatkan hal yang cukup menarik. Di situ, King Yenma mengatakan bahwa Dabura baru saja muncul di akhirat. Karena dia adalah raja dari Dunia Iblis, King Yenma pun berpikir kalau Dabura akan senang dikirim ke Neraka. King Yenma pun memutuskan untuk memasukkan Dabura ke Surga sebagai hukuman!

Konsep surga dan neraka sendiri jarang dieksplorasi di dunia Dragon Ball—apalagi manga. Akira Toriyama sendiri mengaku bahwa dia kurang memikirkan hal ini karena  dia tidak menyangka bahwa cerita Dragon Ball akan berkembang secara luas.

Neraka sendiri sudah sering muncul dalam episode filler dan film anime Dragon Ball—dan episode non-canon tersebut bisa tidak usah dihitung. Tetapi dalam manga, neraka hanya disebutkan sekali ini saja (kindly correct me if I am wrong ^^). Meskipun begitu, “neraka” menjadi salah satu tempat yang muncul baik di manga maupun anime Dragon Ball Super, lho!

Lanjut ke halaman 2!

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.