Jujur! Kalian Pasti Pernah Ketipu dengan Hoax di PS1 ini Kan?

Bukan hanya di media sosial, hoax juga sepertinya telah lama bersemayam di dunia game. Keterbatasan untuk mendapatkan walkthorugh membuat hoax di PS1 menyebar layaknya parasit dan banyak juga gamer yang tertipu.

1518228650000

layStation 1 hingga saat ini dipercaya menjadi salah satu konsol yang memiliki banyak kenangan indah. Kala itu, kita harus susah payah untuk menamatkan sebuah game atau mendapatkan rahasia yang ada di PS1. Keterbatasan alat informasi dan komunikasi serta belum boomingnya internet membuat gamer kesulitan. Namun, hal itu pulalah yang menjadikan PS1 sebagai konsol yang legendaris. Selain sulit menamatkan sebuah game, keterbatasan informasi dan komunikasi juga membuat banyaknya hoax yang menyebar.

Hoax ini menyebar dari mulut ke mulut hingga akhirnya banyak gamer yang percaya karena tidak mampu melakukan verifikasi atas hoax tersebut karena terbatasnya informasi dan komunikasi. Sepanjang PS1 hadir, banyak sekali hoax di PS1 yang dianggap sebagai hoax paling legendaris.

Beberapa dari kalian pun saya yakin pernah termakan dengan hoax-hoax ini. Nah, kali ini kita ingin membahas soal hoax di PS1 yang paling terkenal bukan hanya di Indonesia, namun di dunia. Meskipun cukup mengesalkan, karena hoax ini jugalah PS1 bisa menjadi salah satu konsol yang semarak dan penuh suka duka. Tanpa basa-basi yang terlalu panjang, inilah hoax di PS1 yang paling terkenal!

1

Menyelamatkan Aerith

Source: Polygon

Hoax pertama yang akan kita bahas berasal dari sebuah game legendaris milik Square Soft (sekarang Square Enix), Final Fantasy VII. Game yang dirilis tahun 1997 ini langsung booming di pasaran karena formatnya yang baru, grafisnya yang ciamik (kala itu), dan tentu saja jalan ceritanya yang luar biasa memorable.

Jalan cerita menjadi salah satu unsur terkuat yang membuat game ini terus diingat hingga saat ini. Cerita ini didukung juga dengan tokoh-tokoh yang memiliki karakteristik unik tentunya. Nah, hoax yang ada di game ini adalah soal kematian Aerith.


CONTINUE READING BELOW

Inilah 5 Game dengan Maps Paling Luas! Apa Saja Ya?

Bukan hanya di media sosial, hoax juga sepertinya telah lama bersemayam di dunia game. Keterbatasan untuk mendapatkan walkthorugh membuat hoax di PS1 menyebar layaknya parasit dan banyak juga gamer yang tertipu.


Para penggemar pasti sudah tahu kan bahwa di game ini kita akan melihat sebuah adegan dibunuhnya Aerith oleh sang antagonis utama, Sephiroth. Aerith yang pergi ke hutan sendirian tanpa didampingi oleh Cloud Striffe harus meregang nyawa di tangan Sepiroth.

Tak mengherankan bahwa kejadian ini menjadi yang paling emosional di dunia game bahkan hingga sekarang. Saat melihat kejadian itu, kabarnya banyak para gamer yang frustrasi dan kecewa. Kekecewaan ini akhirnya mendorong munculnya sebuah hoax yaitu untuk menyelamatkan atau menghidupkan kembali Aerith.

Rumornya, untuk bisa menghidupkan Aerith, kita harus melakukan misi rahasia yang diberikan oleh NPC yang memang tidak pernah ada dalam game ini. Setelah itu, usai melakukan misi ini konon Aerith akan kembali hidup.

Namun, ternyata hal ini merupakan hoax. Dan tentu saja saat hoax ini menyebar banyak sekali perdebatan yang terjadi. Maklum, kala itu kita belum bisa memastikan apakah hal ini hoax atau tidak karena terbatasnya media informasi dan komunikasi.

2

Hijrah ke Kota

Source: Duniaku.net

Hoax di PS1 yang kedua ini mungkin menjadi salah satu hoax yang paling legendaris di PS1. Bagaimana tidak, Harvest Moon Back to Nature merupakan game yang sangat mahsyur di zamannya. Hampir rata-rata anak di Indonesia tentu memainkan game ini apalagi ketika bulan puasa datang.

Karena banyaknya yang memainkan game ini, hoax pun menyebar dan tak terhindarkan. Bahkan mungkin game ini menjadi salah satu game di PS1 yang punya banyak hoax. Salah satu yang paling terkenal adalah tentu saja pergi ke kota.


CONTINUE READING BELOW

5 Game Ini Seharusnya Keren tapi Malah Dinilai Mengecewakan Saat Rilis! Apa Saja?

Bukan hanya di media sosial, hoax juga sepertinya telah lama bersemayam di dunia game. Keterbatasan untuk mendapatkan walkthorugh membuat hoax di PS1 menyebar layaknya parasit dan banyak juga gamer yang tertipu.


Hoax ini memang sangat terdengar menggelikan saat ini tapi ketika dulu sedang aktif bermain game ini, saya benar-benar serius menganggap hoax ini benar. Konon, apabila kita sudah sukses dan memasuki tahun ketiga di Harvest Moon: Back to Nature, kita bisa ke kota! Gila gak tuh?

Saya sampai berhari-hari melakukan hal ini dengan menunggu kapal yang ada di dermaga dan tak kunjung bisa ke kota hingga akhirnya saya menyerah dan tak lagi bermain game ikonik yang satu ini.

Tak disangka, ternyata hal ini adalah hoax belaka dan hanya buang waktu saja. Saya juga mengetahui pergi ke kota adalah hoax ketika iseng membeli walkthrough Harvest Moon: Back to Nature. Di situ tidak ditulis cara untuk pergi kekota guys. Selain saya, apakah ada juga yang pernah ketipu dengan hoax ini?

Di halaman selanjutnya ada hoax di PS1 yang tak kalah menariknya lho! Langsung simak saja!

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!