Dari Mana sih Asal-Usul Istilah Kopi Darat? Ternyata Begini Sejarahnya!

Kenapa namanya kopi darat? apakah itu memiliki arti minum kopi di darat? Ternyata ada sejarah yang cukup unik lho. Dijamin Kamu gak bakal nyangka!

1518412254000

Bagi Kamu yang sempat gabung sebuah komunitas, pastinya sudah tak asing dengan istilah kopdar atau kopi darat. Seperti sudah diketahui, kopdar adalah sebuah istilah yang biasa digunakan sebagai acara kumpul-kumpul dengan teman komunitas di dunia nyata. Acara kopi darat sendiri bisa bermacam-macam. Ada yang sifatnya formal, atau juga informal.

Tujuannya kopdar adalah untuk saling mempererat hubungan antara anggota komunitas di dunia nyata. Sehingga silaturahmi antara sesama anggota terus terjaga. Bahkan berawal dari kopdar, ada beberapa orang yang akhirnya saling jatuh cinta lho.

Tapi sebenarnya, dari mana asal-usul kopi darat? Kenapa istilah bertemu di dunia nyata ini disebut sebagai kopi darat?

Bagi generasi 90-an, mungkin hanya mengenal kopdar sebagai istilah saling bertemunya sesorang di dunia nyata. Tapi nyatanya, ada alasan mengapa istilah bertemu di dunia nyata ini disebut kopi darat lho!

Untuk mengetahui sejarahnya, Kita harus mundur ke belakang pada era tahun 80-an. Saat itu, ada sebuah kegiatan yang sangat digandrungi oleh pemuda-pemudi yakni  memainkan radio sinyal pendek yang disebut nge-break. Disebut nge-break karena untuk memanggil satu sama lain tidak memakai halo, tapi pakai istilah break. Jadi, yang manggil bakal bilang “break..break” kemudian yang jawab bilang “Masuk”.

Lalu, karena setiap dialog harus bergantian, orang yang terakhir berbicara harus bilang “ganti” atau “over”. Barulah lawan bicaranya ngomong. Kata lain juga bisa memakai “Copy” untuk menyatakan “Oke” atau “Mengerti”.

Nah, selain memiliki arti “Oke”, istilah “Copy” juga dimaknai dengan “ketemu”, atau “akur/ cocok”. Dari sini lah mulai diketahui dari mana asal-usul kopi darat. Pasalnya, kata darat sendiri merujuk kepada orang-orang yang ingin bertemu langsung di “darat” bukan lagi di udara atau di gelombang radio.


CONTINUE READING BELOW

Kalau Squidward Bukan Cumi-Cumi, Kenapa Disebut Squid? Ini Dia Alasannya!

Banyak hal aneh yang ada di dunia SpongeBob Squarepants. Salah satunya tentang karakter Squidward. Ternyata Squidward bukan cumi-cumi, tapi kenapa karakter yang satu ini memiliki nama Squid yang berarti cumi-cumi?


Jadi istilah kopi darat pun dipakai untuk orang-orang yang ingin bertemu secara face to face atau secara langsung di dunia nyata.

Di era 90-an, istilah kopdar atau kopi darat semakin populer. Bahkan hingga saat ini, ketika sebuah komunitas ingin mengadakan acara kumpul-kumpul, pasti kata yang dipakai adalah kopi darat.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca