Satu Hal Menarik yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Snakeman, Form Terbaru Luffy!

Ternyata ada hal menarik yang mungkin tidak disadari oleh fan—terutama fan di luar Jepang—mengenai form terbaru Luffy, Snakeman, lho!

1518521422000

Snakeman menjadi form terbaru Luffy yang sangat membuat para pembaca penasaran. Bagaimanakah bentuknya, kekuatannya, dan keampuhannya untuk mengalahkan Katakuri menjadi hal-hal yang banyak dipertanyakan oleh para fan.

Sementara kekuatan form terbaru Luffy sendiri masih berupa sebuah tanda tanya besar, ternyata ada beberapa hal unik dan menarik yang ada dibalik nama Snakeman itu, lho! Sebelumnya, kita tahu bahwa Oda suka sekali memasukkan hal-hal dari dunia nyata ke dalam One Piece—termasuk kebudayaan dan bahkan mitologi Jepang itu sendiri.

Nah, Snakeman ini sendiri juga sepertinya terinpirasi dari kebudayaan Jepang, lho! Salah satu pengguna Twitter asal Jepang yang juga biasa mem-posting hal-hal mengenai One Piece, @Sandman_AP, memiliki sedikit teori yang menjelaskan kenapa nama form terbaru Luffy adalah Snakeman.

https://twitter.com/sandman_AP/status/963059847737499649

Kembali pada bab 883, Katakuri menggunakan sebuah jurus bernama Kagami Mochi. Kagami Mochi sendiri sebuah dekorasi tradisional Jepang yang biasa dibuat saat perayaan tahun baru. Arti dari Kagami Mochi sendiri adalah “kue beras mochi cermin.”

Disebut “mochi cermin” karena bentuknya mirip dengan cermin perunggu yang dianggap sebagai sebuah pusaka oleh penduduk Jepang kuno. Penduduk Jepang percaya bahwa menumpuk dua benda pusaka tersebut akan menyebabkan keberuntungan mereka menjadi dua kali lipat. Disebutkan pula oleh beberapa peneliti legenda dan sejarah bahwa bentuk dari mochi cermin ini berdasarkan ular suci dalam mitologi Jepang.

Dari penjelasan ini, kita bisa menemukan sebuah hubungan yang cukup menarik antara Luffy sebagai Snakeman (manusia “ular”) bertarung melawan Katakuri yang merupakan manusia “mochi” dalam dunia “cermin”.

Tampaknya, bukan sebuah kebetulan jika Oda memasukkan beberapa mitologi dan kebudayaan Jepang, mengubah dan merangkainya menjadi satu ke dalam dunia One Piece—terutama pertarungan Luffy dan Katakuri. Cara berpikir mangaka yang satu ini benar-benar out of the box. Haha.

Lantas, bagaimana dengan kekuatan Snakeman itu sendiri? Lanjut ke halaman 2!

Share this article

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.