Android 17 Lebih Kuat dari Android 18?! Ini Penjelasan Resminya!

Di Dragon Ball Super kok Android 17 lebih kuat dari Android 18? Penjelasannya sudah disajikan Akira Toriyama sejak dulu!

1518675038000

Selama Tournament of Power, Android 17 lebih kuat dari Android 18.

Ini terutama terlihat karena di bagian awal turnamen 18 sempat hampir tereliminasi kalau saja Krillin tidak membantu. Sementara itu, Android 17 kadang hanya terdesak karena ia sengaja menahan diri. Begitu serius, cowok yang satu ini sempat memberi perlawanan menarik menghadapi Dewa Kehancuran Toppo dan Jiren berkekuatan penuh.

Apa yang terjadi? Apakah Android 17 lebih kuat dari Android 18 karena selama ini 17 sibuk menjaga satwa liar dari pemburu-pemburu berteknologi canggih, sementara 18 lebih puas hidup sebagai ibu rumah tangga?

Mungkin itu satu faktornya. Tapi pada dasarnya Android 17 lebih kuat dari Android 18 ya karena Dr. Gero sudah mengatur seperti itu.

 

Seperti bisa kamu lihat dari terjemahan Todd Blankenship di atas, Gero fokus memberi perhatian terlalu banyak kepada kekuatan Android 17. Ini membuat dulu 17 mampu bertarung seimbang dengan Piccolo yang sudah bergabung bersama Kami, tapi ia tidak mau mematuhi perintah.

Sudah menyadari kesalahannya, Gero meredam kekuatan 18 agar ia bisa lebih mudah dikendalikan. Namun upaya itu tetap tidak ada gunanya, karena 17 dan 18 di masa sekarang ujung-ujungnya sama-sama memberontak dan bertindak seenaknya sendiri. (17 dan 18 di masa depan sih lain cerita).


CONTINUE READING BELOW

Spekulasi: Apakah Charlotte Katakuri Sudah Melihat Kekalahannya Sendiri?

Sambil menunggu bocoran One Piece 895, penulis ingin menyorot keanehan gerak-gerik Katakuri di akhir bab 894. Apakah dia sudah menyadari kalau dirinya akan kalah?


Lalu, ya, 17 sehari-harinya bekerja sebagai penjaga di pulau yang penuh dengan satwa liar dan menjadi incaran banyak pemburu berbahaya. Sementara itu 18 hanya diperlihatkan bertarung sesekali. Jadi jarak antar kekuatan mereka pun semakin besar.

Tak hanya itu, 17 di era Super pun menjelma menjadi sosok yang lebih bertanggung jawab dan fokus bila dibanding saat dirinya dilepas Gero di Cell Saga. Tak heran kekuatannya bisa sampai mengimbangi Super Saiyan Blue Goku.

18 pun tampaknya benar-benar menyadari ini. Karenanya saat 17 hampir tereliminasi akibat Aniraza, 18 tahu kalau 17 lebih layak bertahan di arena ketimbang dirinya.

Kepercayaan 18 pun dijawab dengan meyakinkan oleh 17. Cowok itu menjadi kunci kemenangan Universe 7 atas Universe 3, dan bahkan memberi waktu bagi Goku dan Vegeta di menit-menit akhir turnamen.

Jadi, bagaimana menurutmu soal keputusan pembagian kekuatan Android 17 dan 18 ini? Sampaikan di kolom komentar!

Ingin mendiskusikan topik ini dengan teman-temanmu? Jangan ragu untuk share dan tag!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.