Penggemar Korea Wajib Tahu! Yuk Kenali Lebih Dalam Festival Seollal

Festical Seollal? Festival apa sih itu?

1518750658000

Kalau ngakunya Korean Lovers, tapi cuma tahu idol-idolnya rasanya cupu banget deh. Nah, supaya kalian nggak dianggep cupu terus, yuk pantengin artikel yang satu ini, karena kita akan mengulas secara lengkap tentang salah satu festival besar yang dirayakan oleh masyarakat Korea yaitu Seollal.

Apa sih Festival Seollal itu?

festival seollal

Sumber: Allkpop

Seollal adalah salah satu hari raya terbesar di Korea selain Chuseok. Seollal adalah tahun baru Korea di mana setiap tahunnya perayaan ini selalu jatuh di hari yang sama dengan Tahun Baru Imlek yakni di tanggal 1 bulan 1 kalender Lunar. Seollal juga mempunyai arti peringatan dan pemujaan terhadap leluhur warga Korea.

Di Korea Selatan, Seollal merupakan salah satu perayaan yang sangat penting dan berlangsung selama 3 hari. Sehingga bagi orang asing yang tinggal di Korea, saat perayaan Seollal berlangsung, mereka memanfaatkannya untuk berlibur. Sedangkan bagi warga Korea, festival Seollal merupakan waktu untuk pulang kampung dan berkumpul bersama sanak saudara (mirip dengan saat Lebaran di Indonesia yaa).

Tradisi H-1 Sebelum Seollal

Pada H-1 festival Seollal yang jatuh di tanggal 15 Februari di tahun ini, sebisa mungkin masyarakat Korea akan melunasi semua utang dan pembayaran serta berhenti menagih utang sampai hari tersebut karena merupakan hari yang terakhir di Kalender Lunar.

Pada malam sebelum tahun baru yang disebut dengan jeya atau jeseok, rumah tangga akan sibuk mempersiapkan tahun baru sampai tengah malam dan saling memberi hadiah akhir tahun berupa makanan dan minuman kepada kerabat. Tradisi ini dinamakan sechan atau hadiah makanan.

Sumber: https://molangkorea.wordpress.com

Selain itu warga Korea biasanya akan menggunakan pakaian tradisional (hanbok) dan melakukan berbagai persiapan perayaan mulai dari persiapan melakukan ritual penyembahan terhadap leluhur, menyiapkan aneka kudapan khas Seollal, bermain permainan tradisional sampai mendengarkan cerita zaman dahulu.

Tradisi Pada Hari H

Di pagi hari tahun baru, seluruh anggota keluarga berkumpul di ruang pemujaan lengkap memakai pakaian baru khas Korea untuk menyambut tahun baru. Tradisi ini dinamakan seolbim.

Setelah itu mereka akan melakukan sebuah tradisi yang dinamakan jeongjo charye atau pemberian salam kepada leluhur. Di sana juga tersaji berbagai makanan bagi para arwah leluhur. Setelah berdoa seluruh anggota keluarga berkumpul untuk menyantap kudapan khas Seollal.

Sumber: korea travel information

Kemudian, seluruh anak-anak atau anggota keluarga temuda melakukan penghormatan dengan cara membungkukan badan seperti sungkem (sebae) kepada kakek-nenek, orang tua, dan saudara yang lebih tua. Setelah memberi salam tahun baru kepada orang tua dan kakek-nenek, para anak-anak pemuda baru boleh bertemu dan berkumpul.

festival seollal

Sumber: https://dulichvietnamhanoi.com

Pada festival Seollal, para tamu dihibur dengan disajikan makanan. Untuk orang dewasa biasa disajikan minuman keras, dan anak-anak diberi orang tuanya angpao (sebaetdon) sebagai hadiah serta kue dan buah-buahan.

Festival Seollal

Sumber: SBS

Saat tahun baru, masyarakat Korea akan mengungkapkan harapan dan hal-hal yang baik-baik, seperti mengharapkan kesehatan dan cita-cita, tradisi ini disebut dengan deokdam. 

Khusus bagi keluarga yang dalam masa berkabung, selama satu atau dua tahun mereka tidak diperbolehkan melakukan kunjungan pada saat tahun baru Korea ini. Mereka hanya boleh menerima kunjungan saja.


CONTINUE READING BELOW

Yuk, Mengenal Lebih Dalam Tentang Festival Chuseok!

Kenali lebih dalam tentang Chuseok. Chuseok adalah thanksgiving-nya orang Korea. Dulu dirayakan sebagai ucapan syukur, sekarang menjadi acara kumpul bersama



Suatu perayaan tak akan lengkap tanpa kehadiran makanan khasnya. Kira-kira apa saja ya makanan khas dari festival Seollal? Yuk cari tahu di halaman selanjutnya!

Share this article

TENTANG PENULIS