Superhero Indonesia yang Dulu Pernah Ada di Layar Kaca, Masih Ingat Nggak?

Dulu, ketika kita masih kecil, di Indonesia banyak sekali super hero yang eksis. Siapa sajakah mereka?

Dulu, ketika saya masih kecil, di Indonesia banyak sekali superhero Indonesia yang eksis. Bahkan beberapa superhero Indonesia ini dulunya sangat terkenal dan menjadi idola anak-anak. Mungkin artikel ini akan menjadi artikel nostalgia bagi generasi yang seusia saya. Namun artikel ini juga bisa menjadi pengetahuan bagi para pencinta pop culture jaman now, terutama yang bertanya-tanya soal supe hero Indonesia.


CONTINUE READING BELOW

Navy Storm: Warship Battle Royal Resmi Dirilis! Nikmati Sensasi Pertempuran Laut!

Dulu, ketika kita masih kecil, di Indonesia banyak sekali super hero yang eksis. Siapa sajakah mereka?


Tahun 90 hingga awal 2000-an seakan menjadi tahun di mana film anak-anak mendominasi berbagai media massa, baik televisi maupun buku. Di masa ini pula ada banyak film dan komik yang mengisahkan tentang superhero dalam negeri. Di akhir 90-an hingga awal 2000-an, anak-anak disuguhkan berbagai macam aksi superhero ciamik milik Indonesia.

Yuklangsung saja kita bahas beberapa superhero Indonesia yang dulunya eksis di layar kaca. Cekidot!

1

Gundala Putra Petir

gundala putra petir superhero indonesia

Gundala Putra Petir merupakan salah satu superhero Indonesia yang dulu pernah muncul di televisi tepatnya pada tahun 1982. Sebelum muncul di layar kaca, Gundala merupakan salah satu karakter komik yang sangat eksis dan menjadi idola di Indonesia. Sebelum membahas soal Gundala yang ada di layar kaca, kita bahas dulu asal-usul Gundala ini biar para pembaca milenial bisa tahu sosok ikonik yang satu ini.

Gundala merupakan karakter fiksi yang dikarang oleh Harya Suraminata (biasa dipanggil Hasmi) pada tahun 1969. Gundala menceritakan seorang pahlawan super yang memiliki kekuatan petir. Kebanyakan, dalam komiknya lokasi Gundala ini berlatar di Yogyakarta meskipun di filmnya berlatar belakang di Jakarta.

Meskipun memiliki tampilan seperti tokoh pahlawan super luar negeri seperti Flash, kenyataannya Gundala ini terinspirasi dari tokoh legenda jawa, Ki Ageng Sela yang katanya bisa menangkap petir.


CONTINUE READING BELOW

5 Alasan Game AAA Butuh Lebih Banyak Jagoan Wanita

Dulu, ketika kita masih kecil, di Indonesia banyak sekali super hero yang eksis. Siapa sajakah mereka?


Gundala Putra Petir menceritakan seorang peneliti bernama Sancaka yang berhasil menemukan serum anti petir. Sebagai ilmuwan, Sancaka memiliki kegiatan yang padat hingga hal ini membuatnya putus dari sang pacar. Sancaka yang kecewa kemudian berlari di tengah hujan dan tanpa disengaja tersambar petir.

Saat koma, Sancaka kemudian ditarik ke planet lain dan diangkat anak oleh raja petir, Kaisar Kronz, yang juga memberikan kekuatan petir dari telapak tangannya.

Selain itu, Raja Taifun dari kerajaan Bayu memberinya kekuatan lari secepat angin. Kejadian ini pada akhirnya membuat Sancaka menjadi sosok superhero yang kuat untuk membasmi kejahatan dan dikenal oleh anak-anak pada saat itu. Popularitasnya yang meningkat kemudian membawa karya milik Hasmi ini merambah layar kaca. PT. Cancer Mas Film kemudian membeli lisensi Gundala di tahun 1981 untuk dibuatkan filmnya.

Yang membuat film ini kemudian menjadi idola pada saat itu adalah film ini tidak pernah lepas dari pakem komiknya. Meski latar tempatnya diubah menjadi Jakarta yang semula Yogyakarta, film ini tetap mengambil seluruh cerita dan adegan dari komik.

Saat ini, Gundala merupakan tokoh superhero legendaris dan kabarnya ada isu yang menyebutkan bahwa akan ada film Gundala the movie. Sutradara kawakan, Joko Anwar diisukan akan menukangi Gundala the movie inilho!

2

Saras 008

Superhero Indonesia saras 008

Source: Pinterest

Saras 008 merupakan superhero Indonesia selanjutnya yang dulu sempat mondar-mandir di layar kaca. Superhero yang satu ini begitu keren sehingga memiliki banyak penggemar kala itu. Saras sendiri tergolong unik karena menjadikan wanita sebagai tokoh utama atau tokoh superhero. Di Indonesia, menjadikan wanita sebagai tokoh superhero tentu bukanlah hal yang umum pada saat itu. Tapi ternyata, hal ini mampu membuat orang-orang penasaran dan akhirnya menggemari Saras.

Film ini pertama kali tayang pada tahun 1998 di Indosiar dan di dalam film ini banyak artis-artis yang sekarang populer. Tokoh Saras sendiri diperankan oleh Cindy Dewiana dan film ini diproduksi oleh Rapi film. Dari tahun ke tahun, popularitas Saras semakin menanjak. Sebagai anak kecil kala itu, saya menganggap cerita Saras cukup baik, apalagi di dalam film ini ada salah satu tokoh antagonis ikonik yang bernama Mister Blek.

Sama seperti Gundala, ternyata Saras juga ada komiknya lho. Komik ini, seingat saya, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Meskipun di akhir 90-an menjadi salah satu tahun-tahun kesuksesan Saras, kenyataannya film ini hanya bertahan hingga tahun 2002 dan menghilang hingga saat ini. Mungkin bagi sineas Indonesia, Saras ini bisa dijadikan momentum juga lho untuk membangkitkan film superhero Indonesia yang telah lama hilang.

Nah, ada tokoh superhero Indonesia apalagi ya yang muncul di layar kaca? Yuk langsung kita pergi ke halaman selanjutnya!

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!