Ada yang Aneh di Kisah Timun Mas? Ini Dia Sisi Gelap Dongeng Indonesia!

Hah? Kisah Timun Mas punya sisi gelap? Masa sih? Cek aja di sini!

1519265407000

Kamu pasti tahu kan kisah Timun Mas yang sering diceritakan oleh orang tua atau guru kita sewaktu kecil?

Nah, di setiap kisah dongeng asli Indonesia, pasti ada pesan moral yang bisa dipetik. Namun, setelah kita dewasa dan memikirkannya kembali, ternyata ada banyak hal kurang baik yang diceritakan dalam kisah Timun Mas!

Apa saja sih hal-hal tersebut? Namun sebelum itu, kamu perlu ingat kalau pada dasarnya kisah Timun Mas ini diceritakan oleh pengarang aslinya untuk memberikan pesan moral yang baik. Tapi kalau dilihat dari sudut pandang yang berbeda 180 derajat, rupanya banyak hal yang menarik untuk dibahas.

Menerima pemberian dari orang yang tidak dikenal, bahkan berwajah seram dan bukan manusia!

kisah timun mas

Sumber: Folklore Indonesia

Dikisahkan kalau orang tua Timun Mas yang merupakan petani dan sudah menikah sejak lama, belum dikaruniai seorang anak pun. Padahal, mereka telah berdoa setiap hari kepada Tuhan Yang Maha Esa agar cepat diberikan momongan.

Kemudian muncullah seorang raksasa yang melewati tempat tinggal mereka dan tidak sengaja mendengar doa mereka. Ia pun memberi sepasang suami istri itu biji mentimun yang katanya, jika dipanen bisa menghasilkan seorang anak!

Nah, hal aneh pertama terjadi di sini. Sepasang suami istri tersebut menerima pemberian raksasa tersebut, padahal mereka tidak mengenalnya sama sekali! Terlebih lagi, itu adalah seorang raksasa yang kebanyakan versi menggambarkannya dengan wajah seram.

kisah timun mas

Sumber: tuankacang.deviantart.com

Kalau di zaman sekarang, malah anak-anak diajarkan untuk hati-hati dengan orang yang tidak dikenal. Apalagi jangan sampai menerima pemberian dari mereka.

Well, mungkin pada saat itu sepasang suami istri tersebut sedang frustrasi untuk bisa mendapatkan seorang anak. Secara logika, mereka pasti akan melakukan apa saja untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut bukan?

Berani berhutang, tapi tidak ingin membayarnya atau menepati janji

kisah timun mas

Sumber: Berita Manggilang

Kisah Timun Mas pun berlanjut ketika suami istri tersebut menerima pemberian dari raksasa. Ia juga memberikan syarat kepada suami istri tersebut, ketika anak mereka sudah berumur 17 tahun, harus dikembalikan kepada sang raksasa untuk dimakan.

Suami istri itu pun kemudian mengiyakan syarat yang diberikan oleh sang raksasa, karena mereka sangat mendambakan kehadiran seorang anak di kehidupan mereka. Meskipun syaratnya berat, bayangkan saja, melepas seorang anak, namun tetap mereka iyakan!

Singkat cerita, 17 tahun pun berlalu. Anak kecil yang mereka beri nama Timun Mas tersebut telah tumbuh dewasa menjadi wanita yang cantik dan mandiri. Akan tetapi, suami istri tersebut ketakutan, karena dalam waktu dekat, sang raksasa akan datang menagih janji mereka.

kisah timun mas

Sumber: msatuabali.blogspot.com

Raksasa pun datang ke rumah mereka dan menagih untuk memberikan Timun Mas kepadanya. Akan tetapi, sang suami malah memberikan kantung kain yang katanya bisa digunakan untuk melawan raksasa. Timun Mas pun disuruh untuk kabur oleh ayahnya ke hutan!

Waduh, suami istri tersebut mengingkari janjinya dan malah ingin menyerang balik sang raksasa? Hal aneh kedua ini menunjukkan kalau pasangan itu tidak ingin membayar hutang mereka kepada raksasa, padahal sedari awal perjanjian kan mereka sudah setuju dengan konsekuensinya di kemudian hari.

Memang sih, syarat yang diberikan sang raksasa itu terlalu berat dan tidak raksasawi manusiawi. Mana ada bukan, orang tua yang rela anaknya dimakan oleh raksasa? Tapi kembali lagi, di awal perjanjian, pasangan tersebut sudah menyanggupi syaratnya. Janji tetap janji, seharusnya tidak boleh diingkari.



CONTINUE READING BELOW

Pixar Bakalan Buat Film Animasi Adaptasi Dongeng Indonesia!?

Pixar bakalan membuat film animasi yang mengadaptasi dongeng Indonesia? Wah, menarik! Kira-kira dongeng Indonesia apa ya yang bakalan diadaptasi oleh Pixar?


Nah itulah dia hal aneh yang terdapat pada kisah Timun Mas. Atau lebih tepatnya, sisi gelap dari kisah Timun Mas, yang telah menjadi cerita dongeng populer di Indonesia.

Perlu kamu ketahui, penulis tidak bermaksud buruk terhadap kisah Timun Mas yang telah mengisi masa kecil penulis dengan petualangan seru. Kembali lagi, kisah Timun Mas memiliki nilai moral keberanian dan cinta kasih kepada keluarga yang baik untuk anak-anak.

Menurutmu, apakah ada sisi gelap lainnya dari kisah ini? Atau, kamu menemukan sisi gelap di dongeng Indonesia yang lain? Kalau iya, share dan sampaikan pada kolom komentar ya!

TENTANG PENULIS