Hacker Ubah Switch Jadi Tablet Linux! Apakah Masa Bajakan Switch Semakin Dekat?

Punya Nintendo Switch yang jarang dimainkan? Kenapa tidak dijadikan tablet linux saja?

1519381803000

Perkembangan para hacker untuk meretas Nintendo Switch memang luar biasa! Dengan perkembangan yang begitu pesat, tentunya langkah selanjutnya adalah untuk menjalankan game bajakan bukan? Salah, kali ini peretas terkenal fail0verflow berhasil mengubah konsol tersebut menjadi Tablet Linux.

Pergerakan para peretas dalam membuka celah bagi konsol terbaru Nintendo Switch tidak bisa dianggap remeh. Dimulai dari penemuan browser rahasia yang umumnya tidak dapat dibuka oleh pemilik konsol, hingga custom firmware yang tengah dikembangkan oleh tim peretas handal.

Sebelumnya, pernah diberitakan mengenai exploit yang kabarnya akan dirilis oleh tim peretas bernama Team Xecuter. Sistem exploit yang dikembangkan oleh Xecuter ini disebut akan bisa membuka celah untuk para pengembang custom firmware, tidak terbatas pada versi firmware pada Nintendo Switch.


CONTINUE READING BELOW

Secret of Mana Remake Bisa Saja Masuk Nintendo Switch!

Setelah merilis Secret of Mana remake serta Seiken Densetsu Collection, Masaru Oyamada selaku produser dari remake tersebut mulai bicarakan mengenai versi Nintendo Switch.


Dengan adanya perkembangan seperti ini, tentu kita hanya perlu menunggu beberapa waktu lagi sebelum Nintendo Switch dapat digunakan untuk berbagai macam hal menarik, seperti menjalankan game maupun aplikasi homebrew, hingga menjalankan suatu sistem yang sama sekali tidak terpikirkan oleh pengguna biasa.

Seperti peretas handal satu ini, fail0verflow memamerkan Nintendo Switch miliknya yang berhasil ia ubah menjadi tablet Linux. Jika beberapa minggu sebelumnya fail0verflow hanya memamerkan beberapa gambar dari proses booting Linux, kali ini sang peretas memamerkan video Switch yang menjalankan sistem operasi tersebut dengan lancar.

Hal ini tentunya tidak diperuntukkan untuk para pengguna biasa yang lebih memilih homebrew, namun ini merupakan satu pencapaian yang sangat menarik untuk Nintendo Switch. Pasalnya, konsol portable ini memiliki fungsi tambahan dengan hadirnya OS Linux yang disematkan.

Terlebih lagi, jika kita melihat dua tahun sebelumnya, seorang pengguna Nintendo 3DS dari GBATemp pernah mencoba untuk menjalankan Windows 95 pada New 3DS miliknya. Hasilnya? OS retro ini bisa dijalankan pada konsol mungil besutan Nintendo ini, namun performanya tidak sebagus yang diharapkan.

Fail0verflow menyebutkan, proses ini dapat dijalankan pada Nintendo Switch dengan versi firmware terbaru, dan proses ini tidak memerlukan modchip yang umumnya digunakan untuk hardmodding. Kita hanya perlu menunggu beberapa saat hingga tutorial untuk menyematkan Linux hadir.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.