Joss Whedon Keluar dari Proyek Batgirl untuk DCEU

Proyek film Batgirl ini sepertinya jauh lebih cocok bila ditangani oleh sutradara perempuan, bukan?

1519390248000

Joss Whedon, sutradara veteran Marvel dan kreator Buffy: The Vampire Slayer ini memutuskan untuk keluar dari proyek Batgirl karena alasan kreatifitas.

Satu lagi proyek dari DC Extended Universe yang harus kehilangan orang pentingnya. Kali ini Joss Whedon yang pada awalnya telah bergabung ke dalam tim kreatif Warner/DC sebagai penulis sekaligus sutradara untuk proyek Batgirl memutuskan untuk keluar. Menurut Whedon, ia memutuskan untuk keluar karena masalah pada cerita yang tak bisa ia kembangkan.

Batgirl adalah proyek yang menyenangkan, dan Warner/DC adalah mitra yang kolaboratif dan selalu mendukungku, namun setelah berbulan-bulan aku sadar bahwa aku belum memiliki kisahnya.”, ujar Whedon dalam pernyataannya yang dikutip oleh Variety.


CONTINUE READING BELOW

Shuri Lebih Pintar dari Tony Stark?! Sebenarnya Ini Alasannya!

Shuri lebih pintar dari Tony Stark?! Benarkah diam-diam gadis 16 tahun ini melampaui kecerdasan Tony? Kok bisa? Inilah penyebabnya!


Whedon juga berterima kasih pada presiden DC Comics dan Warners Picture Group yaitu Geoff Johns dan Toby Emmerich, karena memberikannya kesempatan untuk bergabung ke dalam keluarga DC, meskipun hanya sebentar.

Pengembangan proyek film tunggal Batgirl ini mulai terkuak pada bulan Maret 2017 lalu, kala terdengar kabar bahwa Whedon telah bertemu dengan beberapa petinggi Warner/DC, untuk mendiskusikan ide kisah film yang ia miliki.

Menurut dari beberapa insider yang melapor pada Variety, kabarnya perpisahan antara Warner/DC dan Whedon ini merupakan hasil kesepakatan dua pihak, tak seperti Rick Fawuyiwa yang memutuskan untuk keluar dari proyek The Flash karena ketidakpuasannya terhadap kendali kreatif Warner/DC.

Kabarnya juga, Warner/DC tengah mencari sutradara perempuan untuk menggantikan posisi Whedon untuk Batgirl. Bisa jadi ini dipengaruhi oleh kesuksesan Wonder Woman (2017) -film superhero tentpole pertama dengan karakter perempuan- di tangan Patty Jenkins.

Sebelum ia bergabung dengan DC, Whedon dulunya berhasil menuai kesuksesan sebagai kreator serial televisi Buffy: The Vampire SlayerFireflyAngel, dan Dollhouse. Selain itu, ia juga dikenal sebagai sutradara dua film terbesar Marvel Cinematic Universe, yaitu The Avengers (2012) dan Avengers: Age of Ultron (2015), namun setelah Age of Ultron mendapatkan tanggapan yang sangat beragam baik dari fans maupun kritikus, Whedon memutuskan untuk keluar dari Marvel pada bulan Januari 2016.


CONTINUE READING BELOW

Test Screening Film Aquaman Mendapatkan Reaksi Positif, Beberapa Detil Kisahnya pun Terungkap!

Meskipun baru berupa test screening, kelihatannya Aquaman akan memiliki nasib yang lebih baik ketimbang Justice League. Simak kabar selengkapnya di sini!


Whedon sempat menyutradarai sejumlah adegan Justice League (2017) dalam proses reshoot-nya tahun lalu. Ia juga menulis ulang sejumlah dialog di dalam filmnya dan diberi credit sebagai penulis naskah bersama dengan Chris Terrio.

Reshoot ini awalnya diharapkan bisa membuat kisah filmnya berjalan lebih mulus dan lebih ringan dibandingkan dengan film-film DC sebelumnya, namun sayangnya hal ini tidak berhasil, mengingat rendahnya pendapatan Justice League di tangga box office (“hanya” $657 juta dari dana $300 juta) serta tanggapan yang sangat beragam dari kritikus.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.