Review The Post: Ode untuk Jurnalisme yang Berintegritas Tinggi

The Post karya Steven Spielberg adalah drama tentang dunia jurnalisme yang memikat dan penuh pesan moral untuk mereka yang meniti karir di bidang ini!

Steven Spielberg kembali ke dalam ranah film-film period drama, dibantu dengan duet maut antara Mery Streep dan Tom Hanks di depan kamera dalam film The Post yang bisa jadi terlalu konvensional, namun tetap mengesankan.

Membahas sejarah Amerika Serikat di era 1960an hingga 1970an memang tak ada habisnya. Mulai dari peperangan di Vietnam, terkuaknya rahasia-rahasia busuk Gedung Putih perihal keterlibatan mereka di konflik militer negara paling timur Semenanjung Indochina di Asia Tenggara tersebut dalam dokumen-dokumen yang disebut sebagai “Pentagon Papers”, hingga skandal Watergate yang secara efektif mengakhiri kekuasaan Richard Nixon sebagai presiden dari negeri Paman Sam tersebut.

Topik-topik ini selalu menjadi favorit para pembuat film period drama bertahun-tahun setelah konflik-konflik tersebut berakhir.


CONTINUE READING BELOW

Tanggal Rilis Jurassic World 3 akhirnya Terungkap! Inikah Akhir dari Sebuah Trilogi?

Meskipun Jurassic World: Fallen Kingdom masih belum tayang, Universal sudah merencanakan akhir dari trilogi ini! Simak kabar selengkapnya di sini!


Di tahun 1976, sempat dibuatkan film yang membahas mengenai penyelidikan skandal Watergate berjudul All the President’s Men yang digarap oleh Alan J. Pakula, dibintangi oleh Robert Redford dan Dustin Hoffman. Di tahun 2003 juga sempat dibuatkan film televisi bertajuk The Pentagon Papers, yang menceritakan kisah Daniel Ellsberg dalam upayanya mempublikasikan “Pentagon Papers”, dan terakhir tahun 2007 lalu lewat film garapan Ron Howard Frost/Nixon yang brilian, mengenai wawancara kontroversial antara Nick Forst dan Presiden Nixon.

Kali ini giliran sutradara ternama Steven Spielberg untuk mengangkat kisah tentang “Pentagon Papers” ini ke layar lebar lewat naskah yang ditulis oleh Liz Hannah dan John Singer -yang 2 tahun lalu memenangkan piala Oscar untuk kategori Naskah Terbaik lewat film Spotlight-, dibantu dengan tim suksesnya yaitu komposer John Williams dan sinematografer Janusz Kaminski, serta duet maut antara dua aktor senior kaliber Oscar: Meryl Streep dan Tom Hanks.

Tumpukan Kertas yang Menentukan Nasib Amerika

Kisah dimulai di tahun 1966, kala konflik bersenjata antara tentara Amerika Serikat dan Vietnam tengah berkecamuk. Seorang analis militer dari Amerika Serikat bernama Daniel Ellsberg (Matthew Rhys) ikut menemani para prajurit-prajurit Amerika dalam sebuah misi penyerbuan di belantara Vietnam yang kemudian berakhir gagal, membuka mata Ellsberg akan peliknya situasi dan nasib para tentara yang terperangkap di dalam medan perang

Sepulangnya Ellsberg ke Amerika, ia mendapati bahwa kata-kata para pejabat dan petinggi-petinggi Gedung Putih berbanding terbalik dengan kenyataan yang ia lihat di medan perang.

Sementara pemimpin-pemimpin di negara tersebut menutupi kenyataan pahit tentara Amerika di Vietnam dengan menebarkan kata-kata yang optimis akan kemenangan Amerika, Ellsberg yang tak tahan dengan kebohongan-kebohongan tersebut memutuskan untuk mencuri dokumen rahasia milik negara yang menyimpan segala rahasia busuk mengenai konflik tersebut yaitu “Pentagon Papers”, berharap untuk bisa membocorkannya ke publik suatu saat nanti.


CONTINUE READING BELOW

Test Screening Film Aquaman Mendapatkan Reaksi Positif, Beberapa Detil Kisahnya pun Terungkap!

Meskipun baru berupa test screening, kelihatannya Aquaman akan memiliki nasib yang lebih baik ketimbang Justice League. Simak kabar selengkapnya di sini!


Tahun 1971, Katherine “Kay” Graham (Meryl Streep); pewaris koran The Washington Post yang dulunya dimiliki oleh mendiang ayah dan suaminya sedang mengalami sebuah dilema luar biasa ketika ia harus menghadapi pilihan untuk memberikan saham koran tersebut ke publik atau tidak.

Di saat yang sama, redaktur dan orang terpercaya Graham di The Washington Post; Ben Bradlee (Tom Hanks) tengah menguak lebih dalam mengenai “Pentagon Papers” yang dipublikasikan oleh rival mereka yaitu The New York Times; yang mana mereka berhasil mendapatkan dokumen-dokumen tersebut melalui Ellsberg.

Kini Graham dan Bradlee harus mengambil keputusan yang penting: Menutupi rahasia-rahasia busuk pemerintah dalam keterlibatan mereka di konflik Vietnan, atau mempublikasikan dokumen-dokumen tersebut dengan ancaman dipersekusi oleh pemerintah karena membeberkan dokumen rahasia milik negara.


Simak lanjutan ulasannya di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.