5 Tokubetsu Jonin Era Naruto yang Tak Terlihat Lagi di Era Boruto! Mereka ke Mana Ya?

Tokubetsu jonin adalah para jonin spesialis yang memiliki kemampuan spesifik untuk membantu desa. Nah, sekarang para tokubetsu jonin era Naruto ini pada ke mana ya?

Tokubetsu jonin adalah istilah untuk para shinobi spesialis. Alih-alih unggul di segala bidang ninjutsu, para jonin ini memiliki satu kemampuan spesifik yang sangat mereka kuasai. Kemampuan ini kemudian dapat dimanfaatkan untuk berbagai situasi khusus, seperti membaca pikiran dari ninja musuh yang telah tertangkap.

Ada beberapa tokubetsu jonin era Naruto yang dapat kamu lihat di era Boruto. Sebut saja Anko Mitarashi, yang kini mengajar di Akademi Konoha. (Dan menggelembung menjadi gemuk). Ada juga Ibiki Morino si ahli interogasi, yang muncul di akhir alur Geng Mujina di manga Boruto.

Meski begitu, ada beberapa tokubetsu jonin terkenal yang hingga kini tidak diketahui keberadaannya. Inilah daftar nama mereka!

1

Genma Shiranui

Tokubetsu jonin tampan yang satu ini sangat menonjol saat alur ujian chunin. Selain menjadi pengawas dari pertandingan-pertandingan akhir ujian, Genma juga sempat berinteraksi dengan para genin.


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan Manga Boruto 21: Ao Bisa Mengalahkan Boruto?!

Di manga Boruto 21, Ao si veteran dari Kirigakure berhasil mengalahkan Boruto?! Apa benar Boruto tumbang di bab ini? Simak pembahasannya!


Tak hanya itu, setelah Orochimaru memulai kekacauan, Genma menunjukkan skill-nya dengan membantu pertarungan juga. Genma juga lalu mampu memaksa Sound Four untuk mengaktifkan level kedua dari kutukan mereka. Cowok ini mungkin luka-luka karenanya, namun ia bisa sampai memaksa kuartet tangguh itu untuk bertarung lebih serius saja merupakan bukti dari skill-nya.

Genma masih hidup hingga Perang Dunia Shinobi Keempat berakhir. Dia bahkan sempat menjadi penjaga gerbang saat Kakashi diangkat menjadi Hokage Keenam. Tapi setelah itu cowok yang satu ini menghilang, belum kelihatan lagi.

2

Ebisu

Ebisu jelas adalah salah satu tokubetsu jonin paling berkesan dari era serial Naruto dulu. Desain karakternya sederhana, namun mudah diingat. Sifatnya yang kadang cabul juga bisa mengundang tawa.

Sebagai jonin, Ebisu bertanggung jawab atas tim genin yang terdiri dari Konohamaru, Moegi, dan Udon. Di era Boruto, trio genin itu juga sudah naik menjadi jonin dan memiliki tim sendiri-sendiri.

Ebisu sempat hadir ke pernikahan Naruto Uzumaki dan Hinata Hyuga. Sempat membenci Naruto saat Naruto kecil dulu, jonin yang satu ini tampaknya tetap merasa kagum pada pemuda yang kemudian menjadi Hokage Ketujuh itu.

Namun, seperti Genma, Ebisu belum terlihat di era Boruto hingga sekarang. Mungkin dia sedang menikmati masa santai di suatu tempat, diam-diam puas karena Konohamaru, Moegi, dan Udon semuanya tumbuh menjadi jonin yang bisa diandalkan. Konohamaru versi anime bahkan kini memiliki kekuatan yang luar biasa, seperti ditunjukkan di alur Akte Jembatan serial Boruto.


Tiga tokubetsu jonin populer lain yang belum ketahuan kabarnya di serial Boruto bisa kamu cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.