Dari Film Aksi hingga Drama Anti-Perang, Inilah 5 Film Terbaik Karya Steven Spielberg!

Sutradara yang bisa mengggarap banyak genre tapi kualitasnya selalu konsisten? Siapa lagi kalau bukan Steven Spielberg! Berikut 5 fim terbaik arahannya untuk merayakan penayangan The Post!

Merayakan tayangnya The Post yang merupakan karya terbaru dari sutradara ternama di dunia yaitu Steven Spielberg, mari kita “mengunjungi” kembali film-film terbaiknya di masa lampau!

Steven Spielberg, sutradara kelahiran 18 Desember 1946 ini adalah salah satu pendiri DreamWorks Studios dan sering dianggap sebagai salah satu pelopor gerakan “New Hollywood Era” yang dimulai dari awal 1970an hingga sekarang, yaitu era di mana para sutradara muda mulai berperan secara signifikan dalam kendali kreatif pembuatan film alih-alih para petinggi studio.

Dalam karirnya yang sudah mencapai 40 tahun, film-film aksi dan fiksi ilmiahnya seperti Jaws (1975), Close Encounters of the Third Kind (1977), seri Indiana Jones, dan E.T.: The Extraterrestrial (1982) diakui sebagai pelopor tren “film musim panas”.

Namun tak hanya itu, Spielberg juga merupakan seorang filmmaker yang senang merambah genre-genre lain yang lebih “berat” dan kritis, seperti drama anti-perang Schindler’s List (1993), drama kemanusiaan mengenai kaum minoritas di The Color Purple (1985), epik peperangan di Empire of the Sun (1987), Saving Private Ryan (1998), dan War Horse (2011), hingga film-film biografi seperti Lincoln (2012), Bride of Spies (2015), dan The Post keluaran tahun ini yang juga mengangkat tema permberdayaan wanita.


CONTINUE READING BELOW

Review The Post: Ode untuk Jurnalisme yang Berintegritas Tinggi

The Post memang bukan film terbaik Steven Spielberg, tapi seperti film-filmnya yang lain di masa lampau: Selalu ada sesuatu yang akan terus menempel di dalam benakmu seusai menontonnya.


Benar-benar tak kenal lelah, di tahun 2017 lalu kala ia masih mengawasi proses post-production film The Post yang sekarang sedang tayang di sejumlah jaringan bioskop lokal, ia juga menyutradarai film aksi petualangan fiksi ilmiah berskala besar yang diadaptasi dari novel karya Ernest Cline bertajuk Ready Player One yang siap rilis akhir Maret nanti. Ready Player One sendiri mendapatkan banyak perhatian karena banyaknya refrensi budaya pop modern yang dimasukkan di dalamnya seperti OverwatchStreet Fighter, semesta DC Comics, sampai Mobile Suit Gundam.

Sekarang, sambil menikmati The Post yang masih tayang di bioskop lokal dan menunggu Ready Player One yang sudah di depan mata, mari kita mengunjungi 5 film terbaik karya Steven Spielberg hingga saat ini!

5

Saving Private Ryan (1998)

Berlatar saat Invasi Normandia terjadi di bulan Juni tahun 1944, Saving Private Ryan garapan Steven Spielberg menceritakan kisah satu pasukan kecil yang dipimpin oleh Kapten John Miller (Tom Hanks) yang ditugaskan oleh komandan mereka untuk mencari dan membawa pulang seorang prajurit terjun payung bernama James Ryan (Matt Damon); setelah semua saudara kandung Ryan tewas dalam medan perang dan pemerintah mewajibkan untuk memulangkan satu-satunya anak yang selamat pada keluarganya.

Saving Private Ryan dikenal dengan mutu produksinya yang luar biasa tinggi serta pesan-pesan kemanusiaan dan anti-perangnya yang kental, tak seperti film-film perang sebelumnya yang mengutamakan aspek heroik dan patriotisme. Sekuen pendaratan di pantai Normandia yang menghabiskan waktu syuting lebih dari dua bulan untuk adegan sepanjang 20 menit (dari total durasi 170 menit) sampai sekarang masih dianggap sebagai adegan pertempuran paling brutal, berdarah, traumatik, dan luar biasa menegangkan sepanjang masa.


CONTINUE READING BELOW

Dari Fiksi Ilmiah Hingga Drama, Inilah 6 Film Terbaik Karya Ridley Scott!

Nama Ridley Scott memang sudah begitu besar hingga mencapai status ikonik. Meskipun beberapa tahun terakhir film-filmnya dianggap kurang bagus, tak bisa dipungkiri bahwa ia mulai bangkit kembali. Berikut 6 film terbaik karyanya di masa lalu!


Mengutip kata-kata mendiang kritikus Roger Ebert kala ia menyaksikan adegan pembuka yang fenomenal tersebut: “Aku terus berpikir bahwa apa yang kulihat di layar itu merupakan rekayasa, namun aku sama sekali tidak pernah menduga akan se-luar biasa itu.”.

Meskipun sempat mendapat banyak kecaman di antara kritikus karena dianggap terlalu sentimentil dan cenderung manipulatif, Saving Private Ryan masih memiliki tempat di hati banyak orang, hingga akhirnya pada tahun 2014 film ini didaftarkan oleh National Film Registry sebagai salah satu film dengan pengaruh kultural dan sejarah paling signifikan sepanjang masa.

4

Raiders of the Lost Ark (1981)

Siapa yang tak kenal dengan sosok Henry “Indiana” Jones Jr. yang diperankan dengan sangat apik dan karismatik oleh Harrison Ford? Karakter titular dalam serial film Indiana Jones ini merupakan buah pikiran dari Steven Spielberg dan sahabat dekatnya yaitu George Lucas (Star Wars), yang sudah sangat populer bahkan diakui sebagai salah satu tokoh paling ikonik dalam dunia fiksi, mengingat trope tokoh petualang yang macho, berjaket kulit, dan serba bisa berbagai media hampir semuanya berdasar dari sosok arkeologis berjiwa petualang ini.


CONTINUE READING BELOW

Joss Whedon Keluar dari Proyek Batgirl untuk DCEU

DC lagi-lagi harus kehilangan sutradaranya yaitu Joss Whedon, yang awalnya direncanakan sebagai sutradara sekaligus penulis untuk film Batgirl. Simak kabar lengkapnya di sini!


Menggabungkan formula aksi petualangan dengan unsur komedi yang kental, Raiders of the Lost Ark garapan Spielberg yang tayang pada musim panas 1981 ini sukses luar biasa, memuaskan baik kalangan kritikus maupun penonton, meraup pendapatan sebesar $381 juta dari budget $15 juta, menelurkan sebuah waralaba sukses dengan 3 film sekuel -dengan film kelima yang akan tayang tahun 2020-, sebuah serial televisi prekuel bertajuk Young Indiana Jones Chronicles (1992-1996), dan selusin video game serta merchandise.

18 tahun setelah filmnya tayang, tepatnya pada tahun 1999, Raiders of the Lost Ark resmi didaftarkan ke dalam National Film Registry sebagai salah satu film paling berpengaruh secara kultural dan historis sepanjang masa, bukti bahwa film ini tak lekang oleh jaman dan masih sangat digemari hingga sekarang.


Kira-kira apa lagi ya tiga film terbaik karya Steven Spielberg? Simak kelanjutannya di halaman dua!


TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.