Tahu Gak, Ini Dia Rahasia Kekuatan Black Panther!

Kekuatannya bahkan gak kalah dari Captain America!

Black Panther menjadi superhero Marvel selanjutnya yang mendapat film solo. Aksinya di Captain America Civil War memukau dengan kelincahannya, juga kekebalannya terhadap tembakan helikopter. Hal ini membuat fan tidak sabar untuk menanti film solo dari Black Panther.

Hari itu pun tiba, saat film Black Panther berhasil menjawab ekspetasi fan. Gemerlap kerajaan tersembunyi Wakanda akhirnya terungkap, bahkan teknologi canggih yang berpadu dengan kultural benua Afrika membuat film Black Panther menjadi berwarna. Tentunya aksi utamanya adalah sang raja berkostum macan kumbang, Black Panther yang menampilkan kekuatan juga kegesitannya dalam melawan musuhnya.

Namun sebenarnya apa sih kekuatan Black Panther? Mengapa ia bisa tahan peluru, bisa bergerak gesit, dan kemampuan tarungnya tak kalah dengan Captain America? Berikut ini adalah rahasia kekuatan Black Panther.

SPOILER ALERT, mengulas beberapa fakta yang terjadi pada film Black Panther

Vibranium

Inti kekuatan dari Black Panther adalah kostumnya yang menggunakan bahan Vibranium. Memang apa sih Vibranium itu?

Vibranium adalah material metal yang berasal dari sebuah meteor yang terjatuh di kawasan Afrika. Lokasi jatuhnya meteor ini nantinya menjadi Wakanda. Hal ini menjadikan Vibranium menjadi metal yang langka. Vibranium nyaris tidak bisa dihancurkan, karena metal ini bisa menyerap getaran. Metal ini juga termasuk ringan, dan dengan kecanggihan teknologi Wakanda, Vibranium bisa diolah jadi berbagai keperluan dari senjata hingga baju tempur.

Panther Habit

Panther Habit adalah kostum yang dikenakan Black Panther. Kostum ini memakai serat jahitan berbahan Vibranium. Hal ini membuat kostum ini terasa ringan, namun kuat menahan getaran seperti peluru sekalipun. Panther Habit hanya dikenakan bagi Raja Wakanda yang berkuasa saat itu, dan ditemurunkan kepada pewarisnya. Hal ini membuat Panther Habit menjadi simbol kekuasaan dan kekuatan dari Raja Wakanda.

kostum black panther

Pada film Black Panther, Shuri meningkatkan Panther Habit ini sehingga T’Challa mengenakan kostum yang lebih tipis dan ringan, namun lebih banyak menyerap getaran daripada yang dikenakan T’Chaka. Karena menggunakan Vibranium, hal ini membuat kostum Black Panther memiliki kemampuan sebagai berikut.

Gelombang energi

Getaran yang diterima kostum ini diserap menjadi energi. Hal ini membuat Black Panther bisa menyalurkan energi ini agar membuat tubuhnya lebih kuat, misalnya untuk mengangkat benda berat atau menghempaskan lawan. Penyaluran gelombang energi ini bisa dilakukan sekehendak hati Black Panther.

Melontarkan tubuh

Energi pada kostum ini juga bisa dimanfaatkan untuk melontarkan tubuh Black Panther. Hal ini membuat Black Panther bisa melompat jauh, mendekati lawannya secara cepat untuk membuatnya dalam jangkauan serangan berbahaya darinya.

Meredam suara

Karena Vibranium menyerap getaran, kostum ini juga bisa meredam suara. Hal ini membuat gerakan Black Panther menjadi senyap tak bersuara sehingga gerakannya lebih stealthy.

Manifestasi Kostum

Kecanggihan teknologi Wakanda membuat kostum ini bisa dikenakan dengan pikiran dari T’Challa. Kostum ini terletak di kalungnya, dan ketika dipanggil, akan merambat ke sekujur tubuh bahkan menimpali pakaian yang dikenakannya. Ini juga termasuk pada bagian helm yang berupa wajah macan kumbang, namun helm juga bisa dilepaskan secara manual

Regenerasi Nanite

Kostum Black Panther terdiri atas nanite yang bisa memulihkan sendiri jika rusak atau hancur.

HUD holografik

Helm Black Panther juga memiliki HUD canggih berupa interface holografik, hal ini membuatnya bisa mencari informasi dan berkomunikasi.

Cakar Vibranium

Black Panther menggunakan senjata berupa cakar di jarinya. Cakar ini berbahan Vibranium, dan bisa disembunyikan dan muncul sekehendaknya.

Heart-shaped Herb

Tidak hanya dari kostumnya, kekuatan Black Panther juga dilengkapi dengan ritual kenegaraan memakan Heart-shaped Herb. Sebagai inisiasi menjadi Raja Wakanda, sang pemimpin selanjutnya memakan Heart-shaped Herb ini untuk mendapatkan peningkatan kekuatan, daya tahan, dan stamina tubuhnya.

Hal ini membuat Black Panther menjadi sepadan super soldier seperti Captain America. Ia juga memiliki ketangkasan super, refleks super, juga pemulihan tubuh yang cepat.

Ahli bela diri

Sebagai pewaris tahta Wakanda, T’Challa telah berlatih berbagai macam ilmu bela diri semenjak kecil. Kemampuan bela diri ini berpadu pada gaya Wakanda yang unik. Beberapa bela diri yang terlihat mempengaruhi gaya bertarung T’Challa meliputi ilmu bela diri khas Afrika yang antara lain adalah Engolo, Moraingy, Musangwe, Dambe, dan Capoeira.

Ahli taktis

T’Challa memiliki kemampuan strategi yang mumpuni, hal ini bisa dilihat saat ia memburu Winter Soldier di Captain America Civil War, yang notabene Bucky adalah personil militer.

Multibahasa

T’Challa diketahui bisa berbagai bahasa, dengan bahasa Xhosa sebagai bahasa ibu di Wakanda, menguasai Bahasa Inggris dengan aksen Wakanda yang kental, juga mengerti Bahasa Korea.

Kemampuan pilot

Setidaknya T’Challa bisa mengendarai pesawat udara, bahkan bisa membuntuti Iron Man tanpa disadari oleh Tony Stark.

[dn_adsense]

Itulah beberapa rahasia kekuatan Black Panther. Kekuatan mana yang paling menarik bagi kamu?

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin