Sebetulnya Apa Sih Kriteria Menjadi Shichibukai? Ini Jawabannya!

Berdasarkan cerita One Piece sejauh ini, inilah kriteria seorang bajak laut dianggap layak jadi Shichibukai!

1519696837000

Sebelumnya, Duniaku.net sudah membahas soal Luffy tidak pernah mendapat undangan menjadi Shichibukai.


CONTINUE READING BELOW

Kenapa Luffy Tidak Diajak Gabung Shichibukai? Mungkin Ini Nih Alasannya!

Pemerintah Dunia tidak ragu untuk mengajak bajak laut yang sedang naik daun untuk gabung Shichibukai. Tapi kenapa Luffy tidak diajak gabung Shichibukai?


Tapi apa sih sebenarnya kriteria agar seorang bajak laut diundang jadi Shichibukai? Dari cara kerja Pemerintah Dunia sejauh ini, kira-kira inilah yang diharapkan oleh Gorosei saat memutuskan seorang bajak laut cocok untuk mengabdi ke mereka!

1

Reputasi

Pada dasarnya, inilah alasan utama Pemerintah Dunia akan melirik seorang bajak laut menjadi Shichibukai. Sang bajak laut harus memiliki prestasi yang terkenal ke seluruh dunia. Ini berguna sekali ke Pemerintah Dunia.

Reputasi si calon Shichibukai itu akan mengintimidasi para bajak laut yang hendak macam-macam melawan Pemerintah Dunia. Mau gimana juga, Shichibukai memang adalah kaki tangan Pemerintah Dunia yang bisa dipaksa untuk bergerak bila dibutuhkan. Kalau ada yang dinilai sebagai ancaman, sosok seperti Kuma bisa mendadak muncul untuk menangani.

Selain itu, pamor Pemerintah Dunia juga bisa naik. Bagaimana tidak? Bajak laut yang terkenal tangguh atau sedang naik daun saja mau bertekuk lutut mengabdi kepada mereka. Semakin kuatlah citra kalau mereka adalah penguasa dunia.

Tapi reputasi ini juga wajib dijaga oleh sang Shichibukai sendiri. Pemerintah Dunia akan membantu memelintir media untuk menutup-nutupi masalah dari sang Shichibukai. (Kecuali persoalannya telanjur terbuka, seperti Crocodile dan Doflamingo).

Masalahnya, kalau sang Shichibukai dinilai terus membuat malu, Pemerintah Dunia juga bisa tiba-tiba memerintahkan eksekusi diam-diam. Buktinya adalah yang terjadi kepada Gekko Moriah.

 

Reputasi ini juga jauh lebih penting ketimbang kekuatan. Lihat saja Buggy. Tidak masalah kamu sebenarnya lemah. Kalau seorang bajak laut berhasil membangun citra kuat, maka Pemerintah Dunia pasti akan mencoba menghubungi mereka.

2

Potensi Bahaya

Masih berhubungan dengan reputasi, Pemerintah Dunia juga tampaknya memperhitungkan potensi bahaya dari seorang bajak laut saat menawarkan posisi Shichibukai.

Lihat saja Portgas D. Ace dan Boa Hancock. Hancock baru melaut sekali, namun kekuatan dari armada Kuja langsung membuat dia dinilai sebagai potensi ancaman. Ace sendiri ditawari posisi sebagai Shichibukai saat dia masih memimpin bajak laut Spade, namun dengan kekuatan Mera Mera no Mi dan bakat bertarung, dia sudah menjelma menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan.

Dengan menawari posisi sebagai Shichibukai kepada bajak laut yang sedang meroket ini, Pemerintah Dunia sepertinya ingin memastikan mereka tidak berkembang menjadi ancaman yang lebih besar lagi. Ketimbang si bajak laut bergabung dengan Yonko, atau malah menjadi Yonko baru, mending menawari mereka fasilitas dan gelar khusus agar mereka puas dan tidak melanjutkan merusak.

Sisi baiknya? Saat diperlukan, para bajak laut yang tadinya berpotensi berbahaya ini justru bisa digerakkan untuk melawan Yonko.


Tapi ada syarat menjadi Shichibukai yang harus dimiliki kandidat. Cek di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.