Misteri Kematian Kuina: Benarkah Dia Kehilangan Nyawa Karena Jatuh dari Tangga?

Benarkah ahli pedang yang bisa mengalahkan Zoro dan orang dewasa di usia 10 tahun bisa mati hanya karena jatuh dari tangga?

1519885506000

Dari 90an akhir hingga 2018, salah satu kejadian paling menarik di One Piece adalah kematian Kuina.

Kuina diceritakan sebagai ahli pedang terhebat di perguruan pedang milik Koshiro. Gadis ini tak bisa dikalahkan oleh Zoro. Padahal saat itu Zoro sudah bisa menaklukkan orang dewasa sekalipun, namun dalam 2000 duel Kuina terus berjaya.

Masalahnya, Koshiro – ayah Kuina – memiliki pandangan yang sangat tradisional terhadap gender. Pandangan ini juga tampaknya mempengaruhi Kuina, yang yakin kalau suatu hari nanti Zoro akan melampauinya hanya karena Zoro laki-laki. Terutama setelah Kuina menyadari tubuhnya mulai berkembang.

Padahal… ya… lihat saja Big Mom, Boa Hancock, Kalifa dari CP9, dan banyak petarung perempuan lain di dunia One Piece. Gender jelas bukan penghalang seorang pejuang di semesta One Piece.


CONTINUE READING BELOW

Hmm, Akankah Sandai Kitetsu Zoro Hancur? Ini Spekulasinya!

Akankah Sandai Kitetsu Zoro hancur menyusul Yubashiri? Kalau benar, apa dong pedang yang bisa menggantikannya? Inilah pembahasannya!


Zoro lalu menyemangati Kuina dan membuat janji kalau salah satu dari mereka akan menjadi ahli pedang terkuat di dunia.

Lalu Kuina mati karena jatuh dari tangga.

Memang, ini terjadi di bagian awal One Piece. Saat itu sih pembaca masih takut Zoro akan mati hanya karena ditembaki oleh anak buah Morgan. (Cowok ini mampu bertahan hidup setelah menerima semua rasa sakit Luffy dalam keadaan terluka, ia tidak akan mati dengan mudah bila hanya ditembak). Jadi, kematian Kuina karena jatuh dari tangga terasa wajar.

Tapi sekarang sih sudah terasa kalau dunia One Piece dipenuhi orang kuat. Benarkah Kuina mati hanya karena jatuh dari tangga?

Misteri kematian Kuina ini semakin mencurigakan soalnya Zoro hanya mendengarnya setelah Kuina sudah mati. Tidak seperti misalnya kematian Bellemere dan Dr. Hiluluk yang dilihat oleh Nami dan Chopper.

Penulis memikirkan beberapa kemungkinan.

1

Bunuh Diri?

kematian kuina

Ini adalah salah satu kemungkinan yang menarik.

Sebelum Kuina jatuh dari tangga, ia sedang sedih karena menyadari pubertasnya. Memang sebelumnya Zoro telah membuat janji dengan dirinya, namun ada kemungkinan kalau kemenangan ke-2001 dan janji dengan Zoro itu belum mampu untuk melepaskan Kuina dari depresinya.

Jadi… bagaimana kalau Kuina bukan jatuh dari tangga. Dia memang menjatuhkan diri dari tangga. Kekuatan tekad adalah kunci dari ketangguhan banyak karakter One Piece, termasuk Zoro dan Luffy. Bila Kuina sengaja menjatuhkan diri, kekuatan tekadnya sudah nol, sehingga tindakan itu benar-benar berujung fatal.


Lanjutan pembahasan soal misteri kematian Kuina bisa kamu cek di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.