Kena Hack! Peretas Bawakan Semua Game DOOM Menuju Nintendo Switch!

Seorang peretas berhasil membawakan DOOM 3 menuju Nintendo Switch! Apakah ini pertanda perkembangan hacking Switch semakin pesat?

1519894208000

Perkembangan hacking pada Nintendo Switch memang tidaklah cepat, namun progress-nya kian hari kian terlihat. Kali ini, seorang peretas berupaya untuk membawakan semua game DOOM menuju Nintendo Switch dengan alasan untuk membuat Switch sebagai konsol yang dapat memainkan seluruh seri DOOM.

Saat ini, Nintendo Switch semakin sering dijadikan sebagai target peretasan. Dimulai dari kelompok hacker yang membawakan Custom Firmware, Team Xecuter yang membawakan exploit, hingga Nintendo Switch yang berhasil menjalankan OS Linux. Tentunya, kita tidak bisa memastikan kapan progress dari peretasan ini akan berlanjut. Namun, kita terkadang akan selalu menemukan hal-hal baru yang menarik dari Nintendo Switch ini.

Dengan dibawanya DOOM terbaru yang dirilis menuju Nintendo Switch, konsol yang dianggap “family friendly” berhasil menerima salah satu game yang dapat dikatakan kasar dan penuh aksi yang berdarah. Hal ini pun mulai mendorong seorang hacker untuk bergerak.


CONTINUE READING BELOW

Wah, Pengembang Citra Umumkan Emulator Nintendo Switch!

Nintendo Switch memang masih belum capai umur setahun, namun tampaknya perkembangan terhadap exploit bagi konsol tersebut terus berkembangan. Bahkan, tim pengembang Citra 3DS baru saja umumkan emulator nintendo switch!


Melalui sebuah tweet, seorang peretas dengan akun @iodoom3 memamerkan sebuah foto Nintendo Switch dalam mode tablet. Yang membuat foto tersebut unik adalah game yang dijalankan. Ya, peretas ini berhasil membawakan DOOM 3 menuju Nintendo Switch.

DOOM 3 yang dijalankan pada Nintendo Switch tentunya dapat dicapai berkat id Software yang merilis source code untuk game tersebut. @iodoom3 berkesempatan untuk mengembangkan kode tersebut dan membawakan DOOM 3 menuju platform lain, salah satunya adalah konsol portabel milik Nintendo.

Sayangnya, hingga saat ini tidak ada informasi lainnya mengenai cara instalasi untuk DOOM 3 maupun video gameplay yang menampilkan performa dari game tersebut di Nintendo Switch.

Tentunya, @iodoom3 bukanlah satu-satunya orang yang mencoba membawakan DOOM menuju Switch. Sebelumnya, seorang peretas bernama kgDoom membawakan port dari game DOOM yang dirilis pada tahun 1993. Tentu, port ini jauh dari kata sempurna, namun ini tetap menjadi suatu pencapaian bagi kgDoom sendiri.

Dengan perkembangan yang semakin pesat ini, mungkin saja dalam waktu dekat ini kita akan bisa menjalankan berbagai macam aplikasi homebrew di Nintendo Switch. Portabilitas yang dihadirkan membuat konsol ini cocok untuk dipasangkan homebrew, seperti halnya Nintendo DS dan Nintendo 3DS.

Diedit oleh Snow

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.