RPG Klasik Chrono Trigger Rilis di Steam. Bagaimana Tanggapan Gamer?

Hadirnya versi PC dari Chrono Trigger membuat sejumlah penggemarnya bahagia, namun tampaknya kebahagiaan tersebut hanya sementara saja!

Belum lama ini, Square Enix merilis ulang RPG klasik mereka, Chrono Trigger menuju PC. Melalui situs Steam, mereka mematok harga yang tidak murah untuk game jaman SNES ini, namun bagaimana dengan tanggapan pemain?

Seharga $14.99 atau Rp140.000 untuk pengguna Steam di Indonesia, Chrono Trigger merupakan RPG yang dikembangkan oleh Square pada tahun 1995. Game ini menghadirkan mode pertarungan Active Time Battle, yang kita kenal pada game Final Fantasy, terutama seri Final Fantasy VII.

Dari deskripsi yang ditayangkan, Square Enix memberikan berbagai macam peningkatan, seperti kualitas grafis dan audio yang diperbagus, dua dungeon tambahan, serta perbaikan untuk kontrol pada karakter. Hal ini tentunya dilakukan mengingat game ini sudah berapa kali dirilis menuju platform lainnya.


CONTINUE READING BELOW

10 Game Seperti Monster Hunter World yang Bisa Kamu Jadikan Alternatif!

Monster Hunter World saat ini menjadi salah satu game yang lagi hype dan digandrungi oleh banyak fan atau gamer baru. Nah, jika kamu sedang mencari game seperti Monster Hunter World, kamu bisa cek 10 judul ini!


Mengikuti rilis versi PC, Square Enix juga menghadirkan update untuk versi iOS dan android, yang mana akan memberikan semua peningkatan yang ada pada PC menuju kedua ponsel pintar tersebut. Terdengar menarik, namun ternyata para pemain tidak begitu senang melihat versi PC.

Banyak yang mengeluhkan tampilan grafis yang buram, bahkan jika dibandingkan dengan versi SNES yang diemulasikan, versi PC tampak buram dan pudar. Ditambah lagi, banyak gamer yang menyadari bahwa versi PC ini ternyata merupakan port dari versi mobile, yang dapat dibuktikan dari font serta tampilan menu yang sangat standar.

Dan ini bukan pertamakalinya Square Enix menerima respon yang negatif. Pada remaster dari salah satu game lawas, Secret of Mana, tidak sedikit yang mengeluhkan terhadap presentasi yang ditampilkan pada versi 3D dari game ini, dimulai dari BGM hingga tampilan.

Salah satu contoh yang paling mudah adalah BGM yang terdengar terlalu modern. Bahkan, kebanyakan BGM yang dikerjakan terdengar terlalu techno. Tentu, pengguna bisa mengganti audio yang ada, namun masalah lainnya juga hadir.

Sama seperti Chrono Trigger, Square Enix menampilkan tampilan interface yang sangat buruk dan terkesan malas, bahkan tampilan interface tersebut terlihat seakan-akan Secret of Mana mengambil aset dari RPG Maker.

Jika kalian penggemar berat dari seri RPG klasik Chrono dan hanya ingin membeli game tersebut untuk mendukung Square Enix, kalian bisa membeli game tersebut melalui Steam. Atau, kalian bisa membeli Chrono Trigger melalui AppStore ataupun Play Store.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.