Awas! Ini 3 Kartu Kuat Hearthstone yang Akan Hilang di Tahun Raven!

Blizzard Entertainment akhirnya angkat bicara soal perpindahan tahun Hearthstone! Kali ini akan ada 3 kartu kuat Hearthstone yang akan hilang dari permainan mode Standard, apa saja?

 

Memasuki tahun 2018, Blizzard Entertainment mulai angkat bicara soal perpindahan tahun Mamoth ke tahun Raven. Salah satu hal yang paling mengejutkan adalah ada beberapa kartu kuat Hearthstone yang terpaksa harus masuk ke Hall of Fame. Seperti tahun lalu, beberapa kartu klasik yang memiliki potensi terlalu kuat akan disingkirkan dari mode Standard. Nah kali ini akan ada tiga kartu kuat Hearthstone yang terpaksa harus disingkirkan.

Sejalan dengan perkembangkan ekspansi Hearthstone, maka akan ada banyak kartu baru yang tentunya akan memiliki gaya permainan berbeda. Kartu baru ini bisa bersinergi sangat kuat dengan kartu-kartu klasik yang sudah tersedia sejak permainan Hearthstone orisinal dirilis. Nah, berikut ini merupakan ketiga kartu yang akan dihilangkan di ekspansi berikutnya:

Molten Giant

kartu kuat hearthstone

Molten Giant merupakan salah satu kartu Giant yang sebenarnya tidak begitu kuat saat ini. Sebelumnya, kartu ini sudah mengalami nerf berat, apalagi sejak kemunculan Reno Jackson di ekspansi Journey to Ungoro. Kartu ini sebelumnya sangat kuat di deck Giant Mage dan juga Control Warlock. Sayang karena terlalu kuat, ia mendapatkan nerf di bagian mana cost dari 20 menjadi 25.

Masalahnya nerf yang dilakukan ini justru “mematikan” kartu dengan kelangkaan Epic ini sendiri. Hingga saat ini, Molten Giant hampir sama sekali tidak terpakai di deck mana pun. Hal itu lah yang membuat Ben Brode, desainer kartu Hearthstone, memutuskan untuk membawa kartu ini ke Hall of Fame. Setidaknya Molten Giant bisa dikenang menjadi salah satu kartu terkuat yang pernah ada di sejarah Hearthstone.

Coldlight Oracle

kartu kuat hearthstone

Salah satu kartu terkuat lain yang juga harus tersingkir di tahun ini adalah Coldlight Oracle. Kartu minion bertipe Murloc ini juga sangat sering dipakai oleh banyak pemain untuk memperkuat deck mereka. Kartu minion ini merupakan salah satu kartu “draw card” yang paling seimbang, karena efeknya juga dirasakan oleh musuh. Namun, hal ini juga dapat dimanfaatkan pemain untuk melakukan “mill” terhadap musuh.

Pihak pengembang melarang kartu ini karena dapat menciptakan sebuah combo kuat dalam giliran bersamaan, kartu normal yang memiliki efek “draw” terbaik (sehingga class lain seperti kehilangan identitas), dan juga kartu yang seharusnya menguntungkan lawan karena mengambil kartu disalahgunakan menjadi kerugian (mill).

Ice Block

kartu kuat hearthstone

Nah, kartu kuat Hearthstone terakhir yang harus masuk Hall of Fame adalah Ice Block. Sebenarnya kartu ini memang sudah lama “dibenci” orang, karena membuat seorang Mage mampu bertahan hidup 1 giliran! Hal ini biasa saja jika mereka bisa bertahan satu giliran saja. Namun kini ada banyak kartu baru yang memungkinkan pemain mendapatkan Ice Block lebih dari satu dalam satu giliran (sistem Discover dan sebagainya)!

Sedangkan pihak desainer sendiri ingin melihat sebuah Mage yang memiliki gaya permainan baru. Mereka pun menjanjikan akan ada deck Mage baru yang bakal asyik untuk dimainkan, bahkan dapat bersaing dengan pemain lain walau tanpa Ice Block! Untuk sementara ini kita belum tahu, tetapi mereka sudah menyiapkan ekspansi baru.

Itu lah ketiga kartu kuat Hearthstone yang akan menuju ke Hall of Fame! Dari ketiga kartu ini, mana kartu yang paling kamu sesalkan untuk berpindah? Jika saya, maka jawabannya adalah Ice Block! Namun tenang, jika kamu memiliki kartu-kartu ini, maka kamu akan mendapatkan Dust gratis ketika kartu ini sudah resmi memasuki Hall of Fame.


Sementara itu, akan ada banyak informasi yang akan saya sampaikan, kamu bisa mengeceknya di halaman berikutnya.

TENTANG PENULIS
Naburo

Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.