Ini Daftar Lokasi Road Poneglyph, Kunci Menuju Raftel! Yang Terakhir di Mana Ya?

Road Poneglyph keempat sih dikatakan hilang. Kira-kira di mana ya lokasinya?

Di dunia One Piece, kamu bisa menjadi salah satu makhluk terkuat di dunia, dengan pasukan luar biasa besar dan perkasa, namun kamu tetap tidak bisa menemukan harta Gol D. Roger.

Lihat saja Charlotte Linlin. Wanita yang satu ini sudah jadi bajak laut dengan nilai buruan 50, yang kemudian jadi 500 juta, Belly saat ia masih kecil. Dia juga sudah berjaya saat Gol D. Roger masih bertualang. Namun ia malah keduluan Roger untuk mencapai Raftel dan menjadi raja bajak laut.

Alasannya adalah karena untuk mencapai Raftel kamu tidak bisa sekedar menggunakan perlengkapan seperti Log Pose. Kamu harus menggunakan petunjuk yang tertulis pada masing-masing dari empat Road Poneglyph untuk bisa menemukan pulau terakhir di Grand Line itu. Menemukannya saja sudah susah, lalu setelah diperoleh pun membacanya bisa mustahil. Hanya orang seperti Nico Robin atau Gol D. Roger saja yang dapat memahami isi masing-masing batu. Robin pun lalu masih membutuhkan bantuan dari Nami untuk memahami kalau itu adalah petunjuk lokasi.

Tapi di mana sih keempat Road Poneglyph saat ini? Mari kita ingat kembali!

1

Zou

Satu Poneglyph ada di Zou. Mengingat Zou biasanya sangat sulit untuk ditemukan, batu ini tampaknya menjadi salah satu alasan Big Mom tak kunjung bisa melengkapi koleksi Poneglyph-nya.


CONTINUE READING BELOW

Kenapa hingga Akhir Luffy Tidak Mengejek Katakuri? Ini Penyebabnya!

Luffy tidak ragu mengejek musuh seperti Pica. Jadi kenapa Luffy tidak mengejek Katakuri, yang ternyata memiliki penampilan... unik?


Raizo sempat diikat pada Poneglyph ini agar dia tidak menampakkan diri. Karenanya, sebagaimana Raizo gagal ditemukan oleh Jack dan pasukan Kaido, Poneglyph ini pun masih aman dari jangkauan Kaido.

Meski begitu, entah bagaimana tampaknya Jack mengetahui cara untuk menebak gerakan Zunisha. Jadi mungkin Poneglyph ini diam-diam masih berada dalam ancaman kelompok Kaido.

Setidaknya, Robin sudah menerjemahkan isi Poneglyph ini, dan Nami sudah membaca potongan navigasi yang tertulis di sana.

2

Whole Cake Island

Satu Road Poneglyph tersembunyi di ruang harta keluarga Big Mom. Sepertinya dulu penjagaan Road Poneglyph tidak sampai seketat sekarang. Namun setelah Gol D. Roger dapat menemukan dan mendengar apa yang tertulis di Road Poneglyph Big Mom, Big Mom pun memastikan agar kejadian seperti itu tak terulang lagi.

Big Mom mungkin tidak menyadarinya, tapi dia gagal melakukan itu. Brook berhasil memperoleh salinan dari Road Poneglyph. Namun karena Robin tidak termasuk ke kelompok penyelamatan Sanji, kru Topi Jerami pun harus menunggu dulu sebelum isi informasi tersebut dapat diterjemahkan.


Lokasi Road Poneglyph lainnya bisa kamu cek di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.